Randomly: Hakim dan AI

10:21:00 PM

Ahem.

Saat menulis postingan ini, gw lagi berada di Braja Mustika Hotel di Bogor. Gw abis jadi notulen untuk acara pelatihan hakim tentang kode etik dan perilaku gitu. Berat ya kesannya? Padahal emang.
Awalnya, gw udah minder pas diajakin jadi notulen. Wow pelatihan hakim? Hakim beneran. Bukan hakim garis atau (main) hakim sendiri. Tapi karena gw anaknya mure, jadilah mau aja dengan iming-iming nginep di hotel, makan banyak, dan tentu saja digaji hahahak.

Sampe sini, gw kenalan sama temennya Bela dan Zella yang disinyalir bernama Lina. Doi notulen juga yang nantinya akan sekamar sama gw. Okelah anaknya sama-sama taplak, jadilah kami duo Lina Geboy dan Dehay Bohay yang terkenal di kalangan panitia. Mengapa begitu? Karena kita berdua sama-sama biang rusuh.

Yaudadeh kerjaan datang dari senin malem pas pembukaan. Fine aja cuma masih nyamain ritme kerja yang pas. Besoknya pas sesi pertama sih udah langsung tau bagian masing-masing. Cuco eym.
Dari yang gw ikuti sesi demi sesi, menurut gw, jadi hakim itu bener-bener...emmm...bukan gw banget. Gimana ya? Gw bukan tipe patuh aturan banget hahaha, gw bukan tipe pemikir, rutin, kaku yang tegas, gitu-gitu. Jadi hakim berat banget sih parah. Mereka harus bisa menegakkan keadilan itu bukan cuma omongan doang. Mereka harus tegas tanpa pandang bulu, di sisi lain juga pake hati nurani. Duh nyeimbanginnya itu loh mak...

Gw pun sempet ngobrol-ngobrol sama panitia. Mereka juga bilang bahwasanya jadi hakim tuh emang harus bener. Karena dibalik kekuasaannya, ada banyak nyawa orang lain, ada putusan untuk cerai, ada nasib penjara orang lain. Ah gila deh gw sih ga bisa kayak gitu.

Pantes mereka disebut, wakil Tuhan. Karena tanggung jawab dari segala putusan, langsung ke Tuhan. Sekali lagi, gw bener-bener bukan hakim banget deh orangnya hahaha.

Ada nih hakim papan atas, Bu Albertina Ho, yang nanganin kasus Gayus dulu. BEUHHH DIA IDOLA BANGET MAKCOY! Itu hakim terlugas yang pernah gw kenal. Dia tegas tapi ga kaku. Dia serius tapi juga humoris. Dia apa adanya banget. Bahkan hakim2 peserta pada nanya ke panitia, "mbak kok sebentar banget sesi ini?". Pas sih kalo dijadiin hakim idola. Seumur-umur baru kali ini gw mengidolakan hakim, biasanya Bradley Cooper.

Ada juga hakim peserta yang jujur banget orangnya. Dia bener-bener2 menepati aturan. Dia berani melawan atasannya kalo atasannya berlaku tidak baik. Pokoknya lurus. Hmm, semoga lurus terus deh nggak belok-belok.

Anyway, ternyata gw nggak cuma dapet idola baru. Tapi juga pelajaran baru. Gw lagi mendalami AI atau Appreciative Inquiry. Jadi ini dibawain oleh Bu Niniek L Karim. Bawainnya enak dan masuk ke pikiran gw, ditambah gw notulen yang harus nyatet terus. Jadi AI ini kayak metode buat berpikir positif ketika menghadapi masalah. Yaa simpelnya gitu sih. Gw belom belajar lagi
*brb googling*

AI ini akhirnya gw terapkan ke kehidupan rakyat jelata. Hasilnya, gw semakin positif thinking! 



Ngga juga sih.

But at least I tried. 

You Might Also Like

0 komens

Subscribe