Chill By the Beach: Lombok

9:58:00 PM

.
"Jalan-jalan mulu, Dhe!" Lho iya. Saya kan wong sugih.
*disiram sirup*

Ehm, kali ini gw mau berbagi cerita tentang karyawisata ke Lombok sama ET, geng gw dari SMP. Buat yang mau ke Lombok tapi bingung mau ke mana aja, nggak pengen water sport, nggak backpacking tapi nggak ala koper yang mahal, sila ikuti laporan karyawisata gw berikut.



6 April 2018
Kita (gw dan 3 teman lain; Hani, Mala, Listy) berangkat dari Soetta ke Praya di flight jam 5 Subuh. Kenapa pagi banget? Yha sayang dong kalo ngga pagi sampe sana. Di sana kita celingukan hubungin driver dari rental mobil. Requestnya APV, yang dateng Avanza haha. Tapi gapapa karena besok bisa ganti. Chill aja.

Sambil nunggu Viya yang dateng dari Malaysia, kita makan dulu deket dari bandara. Atas rekomendasi Mas Ismail (driver), kita makan di Dapur Sasak. Di sana makan ayam taliwang yang nggak pedes satu ekor dengan plecing kangkung dan telor dadar. Untuk berempat, ayam itu kurang banyak sih. Tapi karena di Soetta kita udah sarapan roti, ya jadi lumayan ngisi perut di jam nanggung. Setelah ketemu Viya, kita cus menuju destinasi pertama!

Desa Sukarare



Desa ini mewajibkan seluruh perempuannya untuk bisa menenun. Bukan, bukan menenun kata. Jadi perempuan di sana tuh harus bisa nenun, kalo ngga, ngga bisa kawin. Hmm... Oiya, yang gw pelajari di sana, jadi tenunan itu ada beragam motif. Tapi yang bikin motif cuma satu orang aja, sesepuhnya. Ibaratnya bikin masternya oleh sang sepuh, lalu dibuat copy-nya oleh yang lain. Bikinnya, lumayan ribet (banget). Kayak satu kain bisa 2 bulan. Wajar aja harga jualnya mulai dari ratusan ribu sampe jutaan rupiah.

Pura Batu Bolong
Letaknya di Senggigi. Pura ini gw ngga bisa masuk karena kalo perempuan lagi dapet, ga boleh ke sana. Ya ogut nurut aja yha. Jadilah yang masuk cuma Hani doang.

Dari sana, kita langsung nyebrang ke Gili Trawangan buat check in hotel. Di tempat penyebrangan, kita sewa speed boat untuk pulang pergi. Awalnya ditawarin 1,1 jeti. Wadaw. Setelah ditawar sama Viya, jadilah 700K aja. Oke.

naik boat itu

Nyebrang dan sampe pelabuhannya. Langsung menuju ke Martas, tempat nginep. Pas masuk sana, ada beberapa bungalow dengan kolam renang kecil di tengah. Suasananya friendly deh. Setelah dapet welcome drink (aneka jus gitu), kita masuk kamar alias bungalow.

Bungalownya dua tingkat. Jadi pas masuk, ada kamar mandi dan kamar tidur. Di atas, kamar juga yang langsung kasur gede gitu. Jadilah kita jadiin lantai bawah buat lounge, dan kamar atas buat tidur beneran.

Siang itu kita cari makan jalan kaki muterin Gili Trawangan. Nemu dan makan di Naty's. Sesungguhnya jika ku ingin review nih ya, makanannya datengnya lama banget. Ada kali setengah jam. Sementara kita lapernya udah mau menyublim ke lantai aja rasanya. Pas dateng, buset porsinya gede banget. Gw pesen ayam betutu, yang dateng kayak ukuran setengah ekor. Tapi yaudahlahyaa...



Dari sana, kita niatnya mau ke Sunset Point. Di peta, jauh. Jalan kaki, pegel. Jadi gimana dong?

SEWA SEPEDA AJA!

Dan gw mules. Jadi, hampir semua orang terdekat gw tahu bahwa gw nggak bisa naik sepeda. Ini jujur gw katakan bahwa gw nggak bisa naik sepeda. Kenapa? Karena di umur SD-SMP (lupa), gw pernah jatoh dari sepeda dengan alasan yang memalukan. Sepeda gw stangnya bengkok. Gw kelakuannya minus. Jadilah gw trauma dengan naik sepeda. Hingga usia gw 28 tahun. Pfft.

Di Gili, ada kali setengah jam buat mencari solusi gimana biar gw bisa ke Sunset Point tanpa jalan kaki. Sewa cidomo bisa, tapi kita dapet harga mahal jadi males. Akhirnya Viya memutuskan untuk MEMBONCENG GW! Gila emang. Super the best emang temen gw ini
*peluk pake coklat Beryl's*

Akhirnya kemanapun yang pake sepeda, gw ada di boncengan sepedanya Viya hahaha. Sepanjang jalan, gw ngga nemuin orang lain yang boncengan kecuali BAPAK DENGAN ANAKNYA YANG MASIH TODDLER. Terima kasih. Salam.



Abis liat sunset, chill by the beach, Gili and chill, dan segala judul kegiatan yang bermakna "nyantai bengong", kita makan malam di Pasar Malam. Kayak pasar ikan gitu. Kita makan ikan kakatua. Enak dan lembut banget kayak kasih sayang mama. Lalala lalu pulang. Ehm iya, kita bukan anak party sih jadi jam 9 malem aja udah ngantuk.


7 April 2018




Abis subuh, langsung gowes ke sunrise point. Tentu masih dengan gw yang dibonceng. Asli keren banget sunrisenya jo! Nah, di sunrise point, Listy dan Viya ngajarin gw buat naik sepeda. Macam toddler saja aku ini. Tapi emang gw secemen itu gimana dong? Akhirnya gw pun memberanikan diri menggowes sepeda ternyaman, sepedanya Viya. Apa yang terjadi?

Gw lancar dan nyantai ngegowes! Lha aku bisa! WHAW! Ternyata yang terjadi selama ini dalam hidupku hanyalah fatamorgana. Gw cuma nggak berani, bukan nggak bisa! WOW. Trus sewa sepeda? Tentu enggak karena siangnya kita check out hahaha.

muka gw gelap karena backlight ya tolong, bukan gosong (meski itu iya juga)

Balik ke hotel, gw, Hani, dan Viya pun berenang. Kebanyakan chill by the pool doang sih. Bikin konten *uhuk*. Setelah itu kita breakfast sangat komplit dan semua dimakan. Satu orang itu dapet teh/kopi, jus buah, buah segar potong, roti dan omelet. Satu orang segitu.



Abis check out, langsung menuju Senggigi dan beli oleh-oleh. Iya kita anaknya prepare banget. Setelah itu, check in ke penginapan lain. Penginapan ini gemes banget. Namanya Sweet Peach House. Buat yang suka shabby chic, cocok banget. Ada dapur juga bisa buat masak. Kita pesen kamar isi 6, yang di dalamnya pake bunk bed ala capsule hotel. Kamar mandinya juga bersih dan disediain handuk. Sebagai camilan, ada popmie dan air mineral. Sungguh ciamik.




Abis santai, kita keluar buat sunset di Senggigi. Sunset bukan di pantainya bok. Tapi pinggir jalan kayak di Puncak! Makan jagung bakar & Teh Botol sambil bengong liatin matahari terbenam.

two tones

Abis itu, bingung mau ngapain. Yaudah kita pilih hal yang antimainstream yaitu...

PIJAT DAN FACIAL DI SALON!

Absurd. Gw pun lupa di salon mana kita malem-malem pijat refleksi & facial. Abis dari situ, makan malam di New Furama (kalo ngga salah). Pinggir pantai kayak Jimbaran gitu. Makanannya enak, cuma gw tetep lebih suka parrot fish di Gili Trawangan sih.


8 April 2018
Sekitar jam 8 pagi kita dijemput mau ke Pink Beach. Pagi karena tempatnya jauh. Oke. You know, sampe pelabuhan (pasar ikan) jam setengah 11 siang aja dong. Jauh banget. Pas di sana, kita baru tau kalo harus nyebrang selama 40 menit dan sewa boat sejuta. Hm. Sangat tidak worth secara, kita di sana just chill ngga nginep dan Mala ga bisa naik boat dalam waktu cukup lama. Kelar. Kita pun berangkat ke Desa Sade.

Desa Sade



Desa yang masih menyimpan tradisi rumah adat ini punya banyak cerita. Gw cuma inget kawin culik doang. Jadi perempuan di sana kudu diculik dulu sama laki, baru bisa direstuin sama orangtua si perempuan. Misal gw tinggal di sana. Chris Hemsworth orang sana juga dan naksir gw. Chris pun ngapel ke rumah gw. Ngga boleh pegang tangan gw karena nanti kena denda adat. Chris jadi anak alim deh. Lalu besokkannya, dia nyulik gw ke sebuah tempat. Anggap aja rumahnya Justin Timberlake. Di sana gw ngga diapa-apain. Cuma diungsikan aja. Orangtua gw panik dong. Lalu dikasihtau tetangga bahwa gw diculik ama Chris. Lalu orangtua gw pasrah, "Yah udah diculik Chris. Yaudalah daripada malu, kita kawinin aja mereka deh." Lalu kawinlah kami and live happily ever after. Sekian.

Pantai Mandalika

Pantai ini pasirnya cungguh tidak bersahabat. Kasar banget dan menyakitkan, kayak preman pelabuhan. Tapi cakep sih! Katanya di sana ada suatu festival gitu. Karena pas ke sana udah abis acaranya, jadi kita nggak tau detilnya.

Tanjung Aan

Wah. Ini pasirnya superrr halus. Kayak ketombe. Beneran sehalus itu. Di situ kita bener-bener chill by the beach banget. Nyantai. Hani dan Listy main air kayak bocah koin, gw dan Viya bikin konten di pinggir pantai (nulis-nulis alay), Mala duduk ngadem jagain tas sambil main game. Semua bahagia dengan kegiatannya masing-masing. Asli nyantai banget.

Bukit Merese

Sebelahan sama Tanjung Aan. Naik bukitnya sebentar dan...serius bagus banget. Cantik banget. Gagah. Ah. Kita pun duduk di situ sambil nonton sunset. Yup, di Lombok tiap harinya nunggu sunset di tempat yang berbeda-beda. Di sana kita bengong lagi sambil mikir, "mesti banget besok pulang?" Huhu.

Setelah dari Bukit Merese, kita langsung pulang ke hotel sambil sebelumnya beli roti dan Popmie buat besok sarapan (ternyata di hotel disediain lagi dong Popmie-nya). Oh, malam itu kita makan...delivery KFC! Lama-lama duit abis juga buat makan sana sini sisss...

Besoknya pulang deh ke Yakarta. Kembali ke kenyataan yang fana. Kembali ke mencari uang. Kembali ke mencari jod...yha...emm...

Intinya nih, liburan dengan tema chill no water sport just chill ini memakan biaya sekitar 3 jutaan (kalo perginya berlima dan semua sekamar).

Nah, 3 jutaan ini udah termasuk:
- pesawat PP (waktu itu dapet diskon sekitar 1,1 juta)
- makan di restoran yang direkomendasikan sama drivernya + makan driver + makan KFC
- biaya sewa mobil di Lombok Trans 400rb sehari (udah sama BBM)
- penginapan di Martas dan Sweet Peach House
- sewa sepeda
- speed boat PP Gili - Senggigi
- pijat dan facial di salon
- dan biaya tidak terduga (parkir, tip, dll)

Tidak termasuk:
- belanja oleh-oleh
- udah

Intinya nih, mau kemana pun perginya, pastikan partner perjalanannya menyenangkan. Menyenangkan dalam arti tingkat toleransi tinggi, menghargai satu sama lain, saling tolong menolong, suportif, dan pelajaran PPKn lainnya. Ngaruh lho. Karena kalo ngga, bisa bete-betean dan trip jadi rusak hancur mina.

ET

Contoh, gw seneng banget ada temen yang mau-mauan bonceng gw naik sepeda sampe pegel dan harus pijat refleksi. Qhu terharu. Besoknya Listy nemenin gw buat bisa sepeda. It works. Gw beneran jadi bisa pulang ke hotel pake sepeda. Trus tentang makan. Karena Mala dan Listy ngga bisa makan pedes, jadi kita nyari makan yang bener-bener non cabe. Tiap restoran, pasti ditanya dulu, "Ada nggak menu yang nggak pedes/nggak pake cabe sama sekali?" Kalo ada, cus masuk. Kalo ternyata ada menu yang dipesen dan pedes, gw dan lain yang makan. Pas berenang, gw ada momen cemen dimana nggak berani ke tempat dalem. Padahal biasanya cuek mau 2,5 m juga. Saat itu gw cemski. Hani yang support gw buat berani dan malah ngga mau berenti berenang hahaha.
juga

Jadi, pergi rame-rame ini tanpa sengaja bikin tingkat toleransi jadi lebih tinggi. Ini yang emang dibutuhkan sih. Soalnya ada orang yang terlalu sering traveling sendirian, ketika dia pergi bareng, malah jadi nggak bisa membaur dan nggak toleran. Kenapa? Salah satunya karena terlalu sering memikirkan dirinya sendiri aja, dibanding kepentingan bersama. Ini ada, lho. Jadi, belum tentu orang yang biasa solo traveling, selalu akan bisa travel rame-rame.

Kuncinya sih satu, saling menghargai. Kalo nggak, bubar deh bakal bete-betean. Gw mah bisa aja egois pilih resto yang ada pedesnya secara Lombok terkenal sama makanan pedes, jadi susah buat nyari yang non pedes. Gw pun bisa aja egois naik cidomo sendirian like a princess, bodo amat naik speed boat 40 menit tanpa mikirin temen gw yang mabuk laut, ato ngga ikutan facial karena males. Tapi kalo kayak gitu mah mending gw ga liburan sama sekali, kan? :))

Udahlah pokoknya gitu sekelumit cerita perjalanan, itinerary, budget, dan tips travel rame-rame. Semoga berfaedah dan bermanfaat bagi khalayak yang terjebak baca ini. Wassalam.

tanpa alat, kita bisa membangun istana pasir, kawan!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe