#BelitongTrip part 1

11:24:00 PM

Mari saatnya gw berniat untuk mengepos #BelitongTrip gw sekitar sebulan yang lalu itu. Gw ke sana karena diundang menuju perhelatan akbar a.ka pesta nikahan temen gw, Etha & Ilham. Penasaran? Enggak? Yaudah.
*ngambek di toilet*

Sabtu, 8 November 2014

Pagi hari sekitar pukul 6 pagi, gw, Ninna, dan Inong sudah berkumpul di Hotel Bumi Wiyata buat naik Damri (IDR 40K) ke bandara. Pertama kali gw naik Damri dan ternyata DINGIN BANGET! Itu Damri apa sikap gebetan? Yak sampai bandara itu pukul 7 pagi. Cepet banget. Penerbangan kita pakai Sriwijaya Air pada pukul 10.10. HAHA. Nongkronglah macam turis-turis tak tentu arah. Nggak lama, ada Iwan, adeknya Ilham yang kuliahnya di Depok, dateng menghampiri para gadis bahenol ini. Dia satu pesawat sama kita. Semua lengkap. Cuma tinggal nunggu Rangga ngejar Cinta aja nih.

Karena Rangga tidak kunjung datang, maka kita bertiga menuju pintu AA (kalo cewek jadi TETEH) dan memasuki pesawat. Seperti gadis muda kebanyakan, kita ngobrol di perjalanan. Tiba-tiba, Ninna baru sadar kalau si pramugaranya adalah kakak kelas kita di SMA. LAH! Yaudin deh ngobrol-ngobrol tak tentu arah dan tujuan. Setelah kita bosen ngobrol, akhirnya gw memutuskan buat baca buku forensik (tentu biar kelihatan keren dan unggul), Ninna nonton The Big Bang Theory (jrit gw lupa download kan!), dan Inong yang...ya gw juga nggak tau dia ngapain. Baru baca 3 lembar, kita ternyata sudah sampai dengan selamat di Bandar Udara H. A. S. Hanandjoeddin.

Bandar udara yang mini dengan satu pesawat doang. Sungguh gw kagum karena biasa ngeliat pesawat rame di CGK. Setelah ambil tas di ban berjalan, kita dijemput oleh om-nya Ilham. Jarak dari bandara ke rumahnya Ilham di Desa Tanjung Binga itu sekitar 30 km. Jauh juga. Tapi yu no wat? Ditempuh dengan waktu 30-40 menit aja dong pemirsa!!! Nggilani! Jalanan di sana emang sepinya banget-bangetan. Lo mau guling-guling roll depan roll belakang tiger sprong juga bisa. Beneran. Begini nih:

Mirip Yakarta lagi musim mudik

ikon Belitung. Batu. Serius ini.

Sinting emang. Rumah-rumah di sini terbilang masih tradisional. Jarak antar rumah itu cukup jauh. Ya, nggak sampe bisa bikin LDR sih. Tiap beberapa meter, pasti ada masjid. Jadi jangan khawatir kalo mau beribadah. Asik. Nah, epiknya, POM BENSIN JARANG BANGET CHOY! Sekalinya gw lihat, itu pada ngantri sampe keluar gerbang pom. Sama sih kayak di Yakarta kalo mau kenaikan. Tapi ini ngantrinya lucu. Si pengendara pada keluar mobilnya trus ngobrol & ngopi bareng. Lha. Ada lagi yang bikin gw kaget.

Gw: di sini nggak ada angkot?
Iwan: nggak ada
Gw: trus kemana mana pake apaaaa?
Iwan: mobil. Semua rumah ada mobil atau motor kok. Taksi ada sih..
Gw: wah bagus-bagus
Iwan: tapi cuma dua

Cuma. Dua. Ya. Masih kagum sama jalanan dewa, kita ke Pantai Tanjung Pendam. Emang cinta doang yang bisa dipendam? Yak oke. Itu pantai sepi banget, katanya sih kalo malem minggu rame. Kita juga cuma ngiterin pake mobil doang. Nah, setelah norak-norak dan berkagum ria, sampailah para gadis bahenol (PGB) di Desa Tanjung Binga, tepatnya di Kp. Bugis. Yap, di sini adalah kampungnya orang-orang Bugis di Belitong tinggal. Sama lah kayak China Town di Singapura atau Kampung Arab di...Puncak (?). Ya begitu. Di sana kita disambut (yang mana harusnya sih disambit) oleh keluarga Ilham beserta Etha, Ilham, Tante Etty (mamanya Etha), dan Ausi (adeknya Etha). Sampe sana, LANGSUNG MAKAN AJA DONG! 

Satu nampan yang terbuat dari seng, terdiri dari gangan atau gulai kepala ikan, sup (gw lupa sup apa), ayam goreng, dan tempa-tempa. Nah, ini harus gw jelaskan. Tempa-tempa adalah semacam nugget/perkedel dari ikan laisi dengan cacahan cabe kecil. Rasanya gurih, nggak pedes sama sekali, teksturnya kayak pempek tapi nggak kenyal, uniknya, warnanya hitam. Itu karena daging ikan laisi berwarna hitam. Si tempa-tempa ini biasa disajikan saat acara besar seperti nikahan. Begitu kata Ilham. Epic momentnya adalah, gw nambah itu tempa-tempa sebanyak...oke gw lupa. Kayaknya 4. HAHA. Maklum PMS~

Kalo dia manusia, udah gw gebet nih

penyajian makan kita sehari-hari

Sudah kenyang, mari kita menuju rumahnya Linda. Linda adalah adeknya Ilham yang akan kita tempati rumahnya bersama Tante Etty dan Ausi. Si Linda ini udah nikah duluan dan punya anak namanya Alif. Tanpa ba ta sa. Oh iya, di Kp Bugis ini, di ujung jalan sampe ujung jalan satunya lagi adalah sodaranya Ilham semua. Bisa kebayang kekerabatan dan kekeluargaannya kan? Seru. Kalau ada acara, semuanya pasti ngebantuin. Contohnya kayak ini. Semua gotong royong masak besar, bikin tenda, dekor pelaminan, dan nyambut tamu kurang penting seperti PGB ini. 

Dari rumah Linda, PGB bersama Tante Etty, Ausi, Etha, Ilham, dan Om Ao (om-nya Etha), bertolak ke beberapa pantai deket situ. Pantai pertama adalah Pantai Lor In. Mungkin awalnya di"urus" sama bule bernama Lorraine kali yah. Anggep aja gitu. Pantai ini berpasir putih. Oh, hampir semua pantai di Belitung ini berpasir putih halus gitu sih. Katanya saat ini pasir-pasir lagi pada dikeruk buat dijual ke Singapura. Uwaaw. 

Pantai Lor In
Lanjut kita ke Pantai Tebing Tinggi. Nah ini adalah pantainya anak-anak Laskar Pelangi. Banyak banget batunya dan segede baba. Gede banget. Pas kita ke sana, lagi banyak orang kantor yang lagi tour, jadi rame banget. Mau foto aja susah. Apalagi mau mandi? Lah.

Pantai Tebing Tinggi

Cantik banget emang pantai-pantai ini. Nah pantai ketiga di sore itu adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini banyak kapal nelayan-nya. Banyak banget. Nah pantai ini digunakan buat ke berbagai pulau-pulau kecil di ujung sana.

Pantai Tanjung Kelayang
Setelah foto-foto macam kunjungan TK PGRI, kita pulang karena ada pengajian untuk nikahan besok. Sampe rumah, beberes semuanya. Mandi. Sekitar habis Maghrib, kita ke rumahnya Ilham buat makan dan ikut pengajian.

Pengajian itu bernama Barsanji. Jadi tiap ada nikahan, orang-orang berkumpul, lalu mereka shalawat sambil berdiri. Biasanya bapak-bapak. Nah, ada makanan yang dihidang di nampan gede yaitu ketan, ada pisang juga. Gw agak lupa. Yang menarik minat justru ada telor rebus yang diikat pake tali rafia warna warni dan diikat di bambu panjang. Kalo dilihat macem umbul-umbul deh. 

Ketan dan pisang

telor 
Ternyata itu adat masyarakat Bugis. Maap baru googling tadi hehe. Si telor tadi dibuat pohon dan selesai acara, rebutan deh tuh anak kecil (dan orang dewasa) buat ambil si telor. Gw karena anaknya cinta damai peace yo, jadi nunggu aja itu telor dikasih ke gw. Yah nunggu merupakan hal normal bagi gw...
*seruput teh tawar*

Menu malam itu agak beda sama menu siang. Kali ini ada gulai kambing. Beuh! Tetep gw setia sama tempa-tempa. Kali ini gw ambil sekitar 5-6 potong. Oke PMS. Harap maklum. Ada yang unik. Pas kita mau balik ke rumah Linda, kumpulan bapak-bapak lagi main gaple. Oke mungkin biasa aja harusnya. Tapi ini tuh nggak cuma satu kelompok doang yang main gaple, tapi beberapa kelompok! Setelah gw tanya Etha, ternyata mereka sedang... BABAK FINAL KOMPETISI GAPLE! Yak! Sip! Gw tidur. Bhay.


Minggu, 9 November 2014

Bangun-bangun kaget, karena...perut gw kembung kena angin semaleman. PGB feat Tante Etty dan Ausi tidur berderet di ruang tamu. Yah macam barisan lontong di warung deh. Kenapa kita tidur di luar? Karena biar khidmat aja. Habis Subuh dan beberes kecil, PGB menuju ke Bukit Berahu. Bukit Berahu adalah pantai yang ada resortnya. Masuk sana pake bayar, tapi karena kita menyandang status Temennya Ilham, jadilah...kita jalan cepet pas masuk gerbang. Melarikan diri dari tiket lebih tepatnya. Jalannya emang menanjak, ngelewatin pepohonan. Gw sampe mikir, ini kita mau ke pantai apa ke hutan kemudian teriakku, sih? Ternyata...

MAMEEEEEN CAKEP BANGET BUJUG BUSYEH!

warna lautnya sis!
bukan kuli
ya gitu

PASIRNYA SEHALUS INI!

Cottage di Bukit Berahu
Pantainya sepi banget, ditambah udara pagi yang masih seger gila, jadinya apa? Jadinya gw mau berenang dan resign. Oke maap. Jangan percaya. Tadi boong. Yak pokoknya cakep banget. Ini sih Chris Pratt juga kalah. Kecuali dia topless di sini.


Sori. Yak pokoknya cakep banget. Loh diulang? Sori gw nggak bisa udahan ngebayangin ada Chris Pratt topless di pantai ini. 

PGB di sana udah kayak lutung, loncat dari batu gede, ke batu gede lainnya. Demi apa? Demi foto ciamik untuk pamer ke sosmed dong. Kita kan anaknya pamerable. Duduk, bengong, tiduran, semua di atas batu. Baru kali ini tiduran di atas batu bukan dianggap sebagai mamang-mamang kuli angkut. Gw bukan orang penyuka pantai. Gw lebih suka gunung dan pepes ikan mas jika dibandingkan disuruh ke pantai. Etapi kalo begini pantainya, subhanallah. 

Seakan lupa kalo ke sini itu adalah nikahan Etha yang notabene akan di mulai jam 10 sementara jam 9 kita masih tiduran layaknya kuli, kita pun jalan cepat balik ke rumah Linda. Di sana udah ada Etha didandanin dengan pakaian adat Bugis. Pakaian yang selama ini gw, Ninna, dan Sarah cari hahaha. Abis Etha dan Ilham siap sedia menggempur pelaminan, saatnya PGB ganti baju dengan terbirit-birit. 
ya begitu.
Iring-iringan penganten disambut sama orang-orang di pintu rumah. Mereka menebar beras ke Etha dan Ilham. Abis itu, penganten duduk, dan muka mereka berdua dicolekin bedak oleh beberapa tamu. Unik. Kata Etha, "kenapa gak sekalian bedakin gw aja?". Iya juga. 

ternyata pake foundation
Penganten masuk kamar. Di atas kasur, ada penganten, bapaknya Ilham, dan seseorang (maap kali ini beneran gw ngga tau). Mungkin tetua atau penghulu kali ya. CMIIW. Lalu jempol mereka digenggam sebagai tanda sungkeman. Habis itu disuruh langsung berdiri (baca: di atas kasur). Unik. Kemudian Etha keluar kamar menuju ruang tengah. Di sana banyak ibu-ibu dan keluarga. Ada nampan (buat makan itu) digetok-getok pake sendok untuk manggil keluarga Ilham. Jadi gini, adatnya, Etha itu "dibeli" oleh keluarga Ilham dengan cara memakaikan perhiasan dan juga ngasih uang senilai 100K dalam amplop. Kakak adik Ilham yang cewek, beserta tantenya pakein perhiasan emas ke Etha. Ada kalung, gelang, cincin. Sisanya ngasih amplop yang ditaruh di atas nampan.

Sungguh ini adat yang pertama kali gw lihat, jadinya seru. Lalu Etha dan Ilham ganti baju dengan warna hijau untuk di pelaminan. Sekitar jam 2 siang, acara di lapangan sebelah rumah Ilham digelar. Makanan gubukan kayak tekwan, coto Makassar, siomay, sampe mie ayam hadir di sana. Gw seperti biasa, barbar. Maklum PMS. Di sana, ada juga panggung yang menjadi pusat ghibah PGB. Karena apa? Karena ada...

seksi
YES! BIG BIRD! Penyanyi dangdut ini jujur, cukup bikin kiamat visual. Bukan cukup, tapi sangat. Paling epik pas seorang penyanyi berbaju pink ini manggil si Big Bird...
"Yak mari kita sambut, MISS PENAMPAKAN! Hihihi..."

Wth. Berkali-kali mencoba foto, untungnya berhasil. Di tengah-tengah acara, rupanya dia mau bikin akrab sama penonton. Doi turun panggung dan ngajak joget, choy! OMG MY EYES! Gw mau ajak foto bareng, takutnya gw disekap trus dijadiin ikan asin. Akhirnya gw mengurungkan niat mulia itu. Ga lama setelah mengajak ibu-ibu berjoget sesat, dia bagi-bagi hadiah buat yang ikutan. Hadiahnya apa?

BASKOM.

Kelar. Kemudian dia menciptakan goyangan yang bernama... GOYANG BASKOM! Yak kelar. Gw antara mau nangis sama mau nambah coto lagi beda tipis lah. Oh iya, gw belom kasih tau ya, si Big Bird a.ka Miss Penampakan itu ternyata banci. Katanya kalo diundang penyanyi cewek tulen berpakaian seronok, mengundang bapak-bapak centil lagipula cunihin untuk saweran. Jadilah banci aja. Geli iye kalo mau sawer.

yo!
Sekitar jam setengah 6 sore, PGB berjalan cepat menuju Bukit Berahu. Kita ngincer sunset. Tanpa bayar tiket masuk lagi, kita berdoa dan jalan tergesa-gesa. FYI, gw masih pake kebaya dan rok kain. Tolong. 

Epicness terjadi ketika lo foto sunset dengan pakaian kawinan dan sendal jepit. Sayang, sunset buletnya nggak sempet diabadikan. Nggak lama, kita balik ke rumah Linda. Niatnya mau bersemayam. Namun ternyata, mati lampu! Gensetnya kehabisan solar. Alhasil party di lapangan juga ditunda. Selain nunggu solar, ada break juga buat shalat Magrib dan penganten ganti baju (lagi). Kongkow-kongkowlah PGB bersama Ilham's brother. Jadi ternyata kalo ada hajatan, desa lain akan bersedia "listriknya diambil" demi hajatan di desa lain berlangsung damai. Keren ya. Nggak ada tuh egois atau anti sosial. Karena mereka percaya, kalo bantuin orang lain, pasti suatu hari orang itu bakal bantuin juga. Iya juga sih.

ya
Eniwei, obrolan itu disertai dengan makanan yang dijajakan di pinggir lapangan. Adalah Halopan. Sebenernya sih, martabak manis. Isinya ada gula, coklat, kacang, dan ketan item. Uniknya, halopan ini teksturnya lembut banget. Mirip sapaan gebetan pas lagi PDKT. Kacangnya juga dihalusin dalam bentuk bubuk, jadi nggak chunky kayak di Yakarta. Jadi setelah adonan ditaro di pan, ditutup sampai ada rongga udara. Terus dikasih kacang dan coklat, ditutup, diangkat. Jadi lembutnya di situ. Enak lah pokoknya, cuma IDR 10K juga boook!

halopan. halo!
Malem itu gw ngeliat ada sekumpulan cewek muda pake baju putih, rok mini putih, dan ada selempang ijo mampus. Gw tanya itu mereka siapa, katanya mereka adalah "panitia" untuk menjaga gubukan, melayani tamu, dsb. Mereka yang dipilih itu harus masih perawan. Belom nikah lah intinya ya. Ya begitulah.

Sekitar jam 9 malam, PGB tumbang. Makin tumbang setelah ngeliat si Big Bird ganti baju. Baju apa kali ini? Dia pake baju yang kelap kelipnya macem LAMPU DISKO! Beneran serius. Kayak ini:



Pengen cepet-cepet sholat gw. 

To be continued~

(Photo credit by: Dheyanne, Ninna, Inong, and Google for Chris Pratt & disco dress)

You Might Also Like

0 komens

Subscribe