Recipe: Taco-taco-an

10:19:00 PM

Ariba ariba!

Resep ala ala kali ini datang dari Mehiko alias Meksiko. Jadi tadi kepikiran buat bikin guacamole. Belum pernah bikin dan cuma berbekal gambar-gambar rakyat Pinterest, akhirnya gw berburu alpukat. Gw masuk AlfaMidi, enggak ada. Abang tukang buah juga nggak nemu. Namun gw tak gentar. Sementara gw berjalan menuju cahaya keemasan, tiba-tiba ada yang lebih bersinar dari itu.

Gw nengok ke kiri. Indomaret. Tapi bukan itu yang bersinar. Yang bersinar adalah...

...

...

TUKANG JUS BUAH!

I love you.

Gw pesen aja jus sunkist satu. Lalu...

D: Bang, satu lagi alpuket yah. Tapi nggak pake air, susu, gula, sama es
A: Hah? Gimana? Dijadiin sop buah?
D: Eh engga bang. Aduh gimana ya? Dikerok aja gitu
A: Ooh. Oke.

Nggak lama...

D: Bang, saya bisa beli alpuketnya aja ga? Satu doang. Soalnya daritadi nggak nemu tukang buah
A: Oh bisa. Sebentar saya belah dulu
D: Eh kok dibelah bang?
A: Iya biar diliat dalemnya rusak apa enggak. Kan nanti sayang dong kalo rusak dibawa pulang...

OH ABANG KAMU BERHATI MULIA!
*kasih voucher nginep di Hotel Mulia*

Oke ah kebanyakan curhat, nanti naksir abangnya. Mari kita mulai resepnya dengan bermodalkan bahan seadanya di rumah~

Taco-taco-an



Bahan:
Isi:
Daging kebab (serius, gw punyanya ini di rumah. Udah di-slice gitu)
Udang, kupas
Minyak sedikit untuk menumis. Tumis semua bahan daging-dagingan

Salad (aduk semua bahan):
Selada, cuci bersih (bisa pake selada apa aja. Tapi berhubung selada gratisan gw masih banyak, gw pake semuanya)
Tomat cherry, belah dua
Extra virgin olive oil
Magic powder

Guacamole (aduk semua bahan):
Alpukat, kerok dan hancurkan
Bawang putih, cincang dan tumis sebentaaar aja
Bawang merah, iris haluuus banget
Cabai hijau besar, iris halus (berhubung nggak punya jalapeno yah)
Almond slice, toast dan cincang kasar
Olive oil
Magic powder
Garam
Perasan lemon

Tortilla, panaskan di pan yang ada grill-nya supaya ada "grill mark"-nya

Cara membuat:
1. Tata tortilla di atas piring dan oleskan guacamole
2. Taruh salad, daging, dan udang
3. Lipat dan potong menjadi dua bagian
4. Udah

Rasanya: ENAK!

Tips:
1. Panasin tortillanya jangan sampai kering banget. Karena nanti dia garing (kayak lawakan mantan) jadi susah dilipat
2. Resep guacamole aslinya sih nggak kayak gitu. Lebih kompleks. Tapi berhubung kearifan lokal (baca: dapur gw) jadilah guacamole ala ala
3. Daging kebab bisa diganti? Ya bisa dong. Seadanya di rumah aja. Kebetulan sodara gw punya usaha kebab. Gw pun beli tortilla dan daging yang udah di-slice. Jadilah hidupku tentram bahagia
4. Intinya sih bahan-bahannya bisa diganti sesuai keinginan dan kondisi. Kalo punya daun mint, bisa dipake ke guacamole. Atau cilantro. Asal jangan daun pisang.

Iya nggak lucu. Tau kok.

Yasudah selamat mencobaaa~

You Might Also Like

0 komens

Subscribe