Kaleidocake 2015

1:45:00 AM

Hmmm...
*pasang tampang bijak*

Detik-detik menuju 2016 emang bikin gw cukup seneng sekaligus mules. Seneng karena tahun 2015 ini banyak banget ngasih pengalaman dan pelajaran hidup dimana gw bisa memetik hikmah dan faedah lagipula manfaat yang besar dari segala peristiwa yang terjadi di masa lampau. Capek sih ngomong sepanjang itu tanpa koma ya...

Intinya, gw sangat bersyukur bisa menjalani 2015 dengan segala ups and downs, ketawa dan sedih, bahagia guling-gulingan dan nyender di pojok lemari karena depresi, buang-buang duit kebahagiaan dan ngumpulin koin gopek sambil ngelus dada, karaoke lagu ceria dan karaoke lagu "ceria", dan lain-lain lah. Pokoknya belajar banyak banget. Udahlah nggak usah dibahas~

Sekarang sih gw mau mengungkap cerita dibalik kue-kue favorit gw di tahun 2015 ini. Kue yang nggak nyangka kalo gw bakal sanggup bikin, kue yang nggak nyangka kalo gw mampu bikin, dan kue yang ngga nyangka kalo bisa bikin bahagia orang lain. Tsekidot!

1. Fine Dining Table For Mr & Mrs Furuno



Kue ini termasuk salah satu kue yang susah dibuat dan bener-bener niat. Jadi awalnya gw mau ngasih kado pernikahan ke dr. Neil dan Teh Sarah dalam bentuk kue. Trus mikir apaan ya favorit mereka berdua. Akhirnya karena gw suka banget bikin replika makanan, fine dining lah jadi tema buat kue ini. As you see, ada 3 course dan wine.

Appetizernya itu Pumpkin Soup with Scallop and Scampi Salad. Lalu main course-nya ada Fillet Mignon with Red Wine Bearnaise Sauce. Disusul dengan dessert yaitu Honey Tuile Cranberry topped with Vanilla Gelato and Raspberry Sauce. Kayak enak ya? Padahal gula semua hahaha.

Pas gw kasih, mukanya dr. Neil surprise banget kayak gw abis dapet THR. Teh Sarah pun sampe posting di IGnya terima kasih ke gw. Gimana dengan dokter gw? Doi post juga di IGnya. Sampai sekarang masih nanyain apa kabar cake business ini dan dia mendukung usaha gw ini. Ihiy! Terima kasih :)

2. Suitcase Cake For Tia



Suatu hari Angga - pacarnya Tia - ngeline gw minta bikinin cake bentuk koper. Alasannya karena Tia suka traveling. Gw iyain dongs secara gw merasa tertantang dan belom pernah bikin juga. Lumayan buat portfolio. 

Bikin kue ini cukup ribet sebenernya, karena gw harus membuat struktur supaya ada efek koper kepenuhannya. Jadi gw bikin dua kue, yang satu 2 layer, dan satu lagi 1 layer. Di bagian belakangnya gw tambahin kue lagi sebagai penopang. Penopang hidup. 

Bagian favorit gw itu bikin kunci koper dan talinya. Liat deh. Kayak lucu aja gitu, kan? Tadinya mau gw selipin beha-beha-an di sela baju-baju, tapi kayaknya terlalu pervert kata Angga. Akhirnya gw kasih tali bikini aja lah. Kue ini ternyata jadi favorit temen-temennya nyokap gw... Bingung kan?


3. E... Awin Uga Amuh For Ii & Om Henry's Wedding



YAYS! Momen paling ditunggu keluarga dan segenap kecamatan di Depok adalah melihat Ii niqa. Akhirnya kewongan juga ngana. Jadi kue ini surprise buat dia. Sengaja gw beli tier cupcakes putih untuk aksen rustic shabby chic yang nanti dipadankan sama bunga dari Tante Esti. 

Kata-kata di kue paling atas itu ide nyokap gw. Jadi dulu gw pernah bikin kue dengan tulisan, "KAPAN KAWIN?". Nah, pas kawin beneran, gw bikinlah kue dengan arti kalimat, "eh kawin juga kamu". In case ada yang ngga paham ye. Lalu cupcakes itu pake buttercream dengan topper menu gubukan. Jadi ada sate padang, kebab, dan zuppa soup.

Kolaborasi gw dengan Tante Esti ini ciamik bener sih. Bunganya gemez!

4. Minions From Chika



Jadi gini, gw punya temen namanya Rian. Dia punya patjar namanya Chika. Dulu Rian pernah pesen kue ke gw untuk Chika. Uniknya, Rian di Aceh, pesen kue di Depok, lalu dikirim ke Chika yang rumahnya di Tanjung Priuk. Kurang gila apa lagi?

Nah, ternyata Chika suka dan puas sama kuenya. Dia rekomendasiin lah gw ke adeknya. Adeknya pesen cupcakes buat patjarnya dengan tema Minions. Demi mendapat feel Minions, gw sampe nonton film Minions. Trus kuenya nggak gw kerjain. Gw makan dan bobok.
*lah*

Setelah jadi dengan beberapa karakter yang beda, gw pun memiliki drama dengan kurir kue. Jadi kurir kue itu kudu dipesan jauh hari dan sering banget penuh. Gw udah pesen nih ke salah satu kurir, dia oke. Dua hari atau besoknya sebelum pengiriman, kurir ngabarin kalo dia sakit. Die lah gw. Nyari kurir kesana kemari, telfon, sms, whatsapp, line, semua gw coba. Udah hampir nyerah tuh. Bokap gw sampe nawarin gimana kalo pake anak buahnya aja. Gw ga enak dong ya. Eh sebuah mirekel turun. Gw cari hashtag #kurirkue di IG dan ketemu salah satu akun yang me-review seorang kurir kue. Kurir kue ini namanya Pak Yadi, dia dulu pernah kerja di perusahaan kurir kue, trus resign dan bikin usaha sendiri. Pelayanannya bagus, bener-bener pake styrofoam box yang di dalemnya ada icy cool beberapa bijik. Jadi dia yang nyetir, dan si boks dipangku sama temennya. Semoga mereka udah asuransi ya. Kasian pantatnya.

Sekarang Pak Yadi jadi langganan gw karena ternyata rumahnya deket sama komplek ini hahaha. Btw kalo ada yang butuh kurir kue, ini nomernya Pak Yadi ya... 0812-9532-9852.

5. Anime Cookies For Listy




Lucu banget sih asli. Jadi gw melakukan pengembangan untuk cookies (selain pake baking powder). Gw pengen cookies ini ada nilai seninya. Tadinya gw bikin fondant 2D ditempel di atas kukis. Karena gw nggak bisa jago kalo pake royal icing hahaha.

Suatu hari, Listy nanya bisa nggak pake gambar di atas kukis? Pertanyaan bagus selain "mau dibiayain nikah?" Akhirnya gw coba pake edible print deh. Listy gambar dan gw cetak di kertas edible. Lalu si kukis gw tempel fondant dan kertas ediblenya. Cute ga sih? Iya dong bilang gitu

6. Ombre (?) Rosette Cake For Tante Seh



Jadi sebenernya Tante Seh ini kembar, dan dia pesen kue mau ngasih ke kembarannya. Sementara dia ga dikasih kue :(

Doi minta rainbow cake dengan desain rosette dan warna putih, pink, dan ungu ombre. Jujur, gw males banget bikin rainbow cake karena rempongs kan banyak layer. Plus deg-degan takut gagal bikin rosette. Akhirnya rainbow cake berhasil gw kerjakan tanpa rintangan yang berarti. Tinggal si rosette.

Untuk rosette, gw pake vanilla buttercream karena teksturnya halus tapi juga firm. Note: kalo mau bikin desain ini, sedia buttercream yang banyak. Yak akhirnya gw percobaan dari warna putih. Berkali-kali swirl, tapi gerakan tangan gw masih kaku kayak kerah baju baru. Akhirnya setelah beberapa kali coba, tangan gw udah lentur kayak garpu popmi. Dan itu lah hasilnya! Keliatan gampang tapi susah ciyn.

7. Baby's Room For Ayyasy



Salah satu temen favorit gw di kuliah, Syafiq, baru punya anak cowok. Namanya Ayyasy. Gw dan teman-teman #kasianpart2 berencana jenguk si bayi ini sambil haha hihi ngumpul bareng layaknya sosialita.

Gw kepikiran mau ngasih sesuatu yang spekial (karena C dibaca K) untuk doi. Ketemu deh ide bikin kamar bayi. Gw bikin kasur, drawer, peralatan baby, boneka sampe bak cucian. Bayinya juga bikin deng. Tema warna ya biru muda, karena doi lakik.

Kuenya sendiri itu kalo ga salah vanilla cake pake orange-vanilla buttercream. Alhamdulillah keluarganya pada suka dan sayang buat motong lagi. Nyehehe

8. Star Wars Cake For Felicia



Kali ini gw kerja bareng sama The Puzzle untuk mewujudkan ulang tahun dengan tema Star Wars.  The Puzzle mendekor pesta ulang tahun Felicia ini di Laser Game, Kemang. Dekornya keren banget coy, berasa nonton Star Wars! Eh, gw salah satu bagian The Puzzle juga deng! *sengaja merendah di awal*

Nah kuenya sendiri ini Felicia yang minta designnya seperti ini. Ada figurin karakter-karakter yang dia udah request juga. Plus tulisan itu dia sendiri yang minta. Gw patuh aja lah sama anak 8 tahun. Hahaha.

Bikin kue yang paling atas itu, apa sih markas ya? Apa lah itu pokoknya, susah banget. Bentuknya susah banget dan fondant gw lagi gampang kering. Jadilah gw 2x ganti fondant yang udah terpasang loh. Ah yang penting pestanya keren dan meriah! Makasih ThePuzzleid.com!
#ads


9. Bikini Body Cake For...



THIS IS THE CRAZIEST CAKE I'VE EVER MADE! 

Jadi ada yang ngeLine gw nih, cewek. Dia bilang tau gw dari postingan kue fine dining di IGnya dr. Neil. Wah kece juga nih dr. Neil jadi buzzer gratis ye. Nah si wanita ini minta kue dengan bentuk bikini body ukuran 30cm, seksi, undies warna item ada renda-renda, tulisan Happy Birthday Sayang (pake kecupan ya), dan.....dia request bagian nipplenya keliatan dikit. Oh my..........

Yak. Gw pun bingung mulai dari mana. Gw akhirnya cari badan yang bagus dengan nonton Victoria's Secret Fashion Show. Lalu berujung pada kesirikan. Badannya lah hih! Setelah carving sana sini, tambah detail supaya lebih nyata, gw tutuplah pake fondant. 

Di rumah, gw terlihat seperti wanita pervert karena ngelus-ngelus beginian. Gw ga kebayang pas si customer ini bawa ke kantor cowoknya dan throw a party di sana....


10. Shopkins Cupcakes From Rahmaut



Temen gw di kantor lama, Rahmaut, me-whatsapp gw mau pesen cupcake satu biji. Dia gila apa kenapa ya? Lalu gw jelaskan kalo minimal ordernya 6 cups. Eh, ujung-ujungnya malah pesen 12 biji...

Jadi Rahma atau yang biasa gw panggil, Maut, ini pengen ngasih cupcake ke temennya yang resign. Temennya itu megang iklan Shopkins. Jadilah gw diminta bikin figurine 12 biji mainan Shopkins. Si Maut kirimin foto-foto plus guidance Shopkins buat gw pelajari. 

Ini bener-bener butuh detail supaya sama kayak aslinya. Sampe posisi bolong-bolong di karakter keju aja gw ikutin aslinya. Bulu mata genit pun kudu gw samain biar lucuk. Setelah mata mendadak rabun dekat gara-gara ngerjain kue ini, gw pun bernafas seperti semula. Serius deh, gemes kan? Oh, kue ini katanya sukses bikin kantor dia heboh hahaha.


Those are my cake memories. Ups and downs, laughs and tears. Thanks 2015! Kamu owsem!
*jatohin mic*

You Might Also Like

4 komens

  1. Wah dhe, that is professional looking stuff! Amazing cake decor!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaah thanks a lot ibu manager Google Malaysia :DDD
      Semoga di 2016 makin banyak kue seru lainnya :)

      Delete

Subscribe