Book & Movie Review: Sabtu Bersama Bapak

5:18:00 PM

Team Cakra mana suaranyaaa!!!
*goyangin sepatu di mushola*

Yap, kali ini gw akan mereview buku dan film Sabtu Bersama Bapak. Dimulai dari buku dulu ya..

SBB Book

Gw masih inget banget kejadian pertama kali baca buku favorit gw ini. Jadi di kantor gw yang dulu, gw lagi bosen dan main ke meja temen. Di sana ada tumpukan buku baru yang nantinya bakalan gw review dan dimasukin ke web penerbit. Iseng gw ngecek calon kerjaan gw dan ketemu buku bersampul biru itu. Pas gw baca judulnya, masih biasa aja. Pas gw lihat penulisnya, oke gw kudu baca! Ekspektasi gw seperti JomBlo atau Gege Mencari Cinta yang ada di buku ini. Siap-siap ketawa sampe tenggorokan ledes gitu.

Gw baca di meja gw dan menikmati tiap halamannya. Alurnya enak banget. Gw heran, kok bisa sih dari bab sedih terus tiba-tiba bab ketawa dan berlanjut ke bab marah? Asli turun naik emosi gitu. Kadang gw sedih banget kalo baca bab Bu Itje, kadang gw kesel banget sama Satya kok bawaannya pengen nabok aja, kadang gw nahan ketawa sampe lemes pas baca bab Cakra. 

Pembangunan karakternya oke banget sampe gw bener-bener larut ke dalam cerita. Karakter favorit gw, Cakra. Karena satu hal sih, dia rada-rada. Makanya gw suka hahaha. Gw kurang suka sama karakter Satya. Kenapa? Dia galak. Kesel gw. Pokoknya Cakra dan cerita departemen hatinya gw suka deh. 

Buku ini isinya juga banyak baaaanget pesan moralnya. Tentang mencari pasangan, jangan cari pelengkap untuk mengisi kekurangan masing-masing, tapi cari yang sama-sama kuat. Ehm. Itu salah satunya. Salah duanya yang gw suka adalah adegan ini,

"Mas pernah bilang, bagi Mas, saya itu perhiasan dunia akhirat."
"Iya."
"Kenapa bisa bilang begitu?"
"Kamu pintar. That goes without question. Kamu cantik. Itu jelas."
"Itu semua dunia."
"Dan karena pada waktunya, saya selalu lihat sepatu kamu di musala perempuan."
"..."

DUH ILAH KANG CAKRA! KAPAN MAU KE RUMAH TETEH NGOMONG AMA PAPAH?
*suguhin rengginang pake kaleng Khong Guan*

Well, saking sukanya sama novel SBB, gw sampe rekomendasi ke beberapa teman. Jadi suka ada yang nanya ke gw, "Buku apa Dhe yang bagus ya?" karena gw kerja di penerbit. Gw selalu jawab Sabtu Bersama Bapak. Sampe pernah gw beliin buat temen gw. Sampe pernah gw kasih bukunya ke si.....
*ngelap remahan rengginang ke baju*
*nyari minum ke dapur*
*air galon abis, jadi mesti ke warung*
*warungnya tutup jadi mesti ke pabrik*
*dan begitulah ribuan alasan agar kalimat tadi terlupakan*

YAK! Intinya gw suka sekali dengan buku itu. Sampai akhirnya gw dapet job request dari mba Resita untuk mewawancarai Kang Adhit dan Teh Ninit mengenai dua buku baru mereka (waktu itu Teh Ninit baru nerbitin Mari Lari). Waw, surprise! Langsung dong gw bikin daftar pertanyaan yang berkenaan dengan topik ayah (yang penerbit minta) untuk pasangan jago ini dan menghubungi via email. Teh Ninit merespons dengan baik dan menjawab seluruh pertanyaan gw. Tinggal Kang Adhit nih yang belum jawab email pertanyaan gw. Okay ditunggu.

3 hari kemudian belum ada jawaban. So, I emailed him. Seminggu kemudian tak berkabar. Kang Adhit sibuk ternyata. Dua minggu pun tak berbalas. Sebulan kemudian deadline kerjaan gw datang. Pertanyaan datang dari mba Re & manager gw berupa, "Gimana? Udah?". Gw mengontak lagi Kang Adhit. Tak kunjung berbalas hingga... 4 bulan kemudian gw mengambil keputusan untuk mengganti angle artikel (karena topik ayah udah telat banget) dan mba Re pun setuju. Alhamdulillah akhirnya. Inilah yang akhirnya gw publish hehe


Ah yang penting gw tetep cinta Kang Adhit dan karyanya! Kabar terakhir yang gw tau, buku Sabtu Bersama Bapak udah sampai cetakan 21, loh! Gils keren!
*insert sticker Line here*
*Cony kiss kiss a lot*

Let's move on to da movie~

SBB Movie

Gw nonton film ini di bioskop (saat gw menulis ini) tersepi, baru, murah, dan dekat dari rumah. Ayo tebak apa? Ga usah tebak ya, nanti pada nonton di situ. Gw kan pelit, ga mau bagi info yang bagus kepada para penonton dimari...
*asah lidah yang setajam silet*

Gw nonton dengan ekspektasi yang berbeda. Gw menikmati tiap scene dan nggak mau ngebandingin dari buku (yang mana udah gw baca 3x). So, ini komentar gw...

Cerita masih sama persis kayak di buku (yaiyalah masa beda?) tapi dengan tambahan cerita yaitu anak-anaknya Satya diculik, si Neng Rissa kerja di Paris, dan ada "tante Ika" sebagai yang nemenin anak-anak. Oia anaknya cuma dua, kalo di novel tiga. Nggak masalah sih, soalnya bukan anak gw
*ditabok laptopnya Rissa*

Pokoknya ada perbedaan-perbedaan dari buku ke filmnya. Tapi tetep kece dari segi cerita. Untuk gaya editing, gw kayak ngeliat, "Wah, Falcon Pictures banget style-nya nih!". Kenapa gitu? Karena gw pas nonton Mama Cake, salah satu filmnya Falcon, gaya editingnya masih gw inget sampe sekarang. Dan pas nonton SBB, wah Falcon nih. Signature style. Ihihi gw kayak jago deh komenin ini ckck

Dari semuanya, gw tidak ada masalah. Karena gw inget kata mba Dewi Lestari & Raditya Dika, akan ada perbedaan ketika buku difilmkan. Penonton pasti akan komentar dan itu nggak masalah karena buku dan film punya pasarnya sendiri, punya imajinasi karakternya sendiri setelah baca buku, dan keduanya itu adalah media yang berbeda. Jadi ya udah pasti beda. I stick to that.

Setelah memahami itu, gw balik nonton dan masalah baru muncul. Apa itu?

Cast-nya. Yak, gw tau cast-nya siapa aja dan gw suka. Tapi...

KENAPA SATYA GANTENG BANGET SIH? ASTAGHFIRULLAH! CKCKCKCKCK

Gw suka karakter Cakra yang diperankan Deva di situ, pas banget kocaknya dan masuk gitu. Masuk ke imajinasi gw tentang seorang Cakra. Terus gw nggak nyangka si Bapak Garnida ini cakep bener gara-gara seorang Abimana. Gw nggak menebak juga anak buahnya Cakra kalo diperanin Jennifer Arnelita & Ernest itu rusak banget hahaha. Oh, ada cameo Kang Adhit sebagai Ivan, btw. Itu semua cukup men. Sesuai apa yang ada di imajinasi gw pas baca bukunya. Tap, tap, tapipak...

KENAPA KARAKTER SATYA YANG GW NGGAK SUKA ITU MENDADAK JADI GANTENG?

Arifin Putra men! Tiap ada Satya, gw cuma fokus ke brewok tipis garuk-able dan dada bidangnya dia yang bisa dipake buat maen benteng itu. Maygat. Pusing hamba. Tapi sayang, dia kurang marah-marah. Padahal kalo dia marah makin ganteng bok hihi~
*sambil pake lipstick Purbasari*

Sudahlah sekian review dan pendapat gw dari segi pembaca SBB, kaum penerbit, dan penonton pria-pria dengan kegantengan maksimal. Semoga tergugah ingin baca dan nonton ya. 

PS:
Gw cukup sedih kenapa nggak ada dialog "Dan karena pada waktunya, saya selalu lihat sepatu kamu di musala perempuan." itu di film. Padahal itu da bomb, yo! Yah, mungkin penggambaran visual lebih baik kali ya :)

Trailer-nya sila~



You Might Also Like

0 komens

Subscribe