Review Cerita Book & Movie: Rudy Habibie

12:32:00 AM

Halo rekan sejawat! Selamat Lebaran 1437H! Maaf lahir batin dan maaf blog ini sepi durjana.

Maka dari sepi itu, saya akan mereview, ehm, tepatnya cerita aja tentang buku dan film. Apa judulnya?

Plis, kan di atas ada judulnya, mak...

Yap, mari kita cerita-cerita tentang buku dan film Rudy Habibie yang baru launching 30 Juni 2016 kemarin. Buku dulu yuk...

Ini penampakan bukunya sis...




Jadi, suatu hari nyokap gw dikasih buku ini dari si eyang. Baca dong gw. Isinya tentang perjuangan eyang (oke kita bilangnya eyang aja ya. Asa ga sopan kalo gw panggilnya "Habibie" aja haha) dari kecil sampe besar. Awalnya gw ga niat-niat amat bacanya, eh lama-lama nagih. Kenapa?

- Penuturannya enak banget. Mengalir. Yah sebagai mantan pereviu di sebuah perusahaan penerbit menurut gw buku ini bagus. Selagi baca, gw sampe yang, "Ini buku kok seru, ya?"

Eh ya pantes aja enak. Pengarangnya itu Gina S Noer. Siapa dia? Dia adalah penulis skenario film-film bagus seperti Ayat-Ayat Cinta, Habibie Ainun, Hari untuk Amanda, dan Perempuan Berkalung Sorban. YAIYALAH PASTI BAGUS ITU MAH KAKANDA! Oh satu lagi, doi adalah istrinya Salman Aristo. Familiar, right? Kudos to them! Love!

- Baca buku ini nggak bikin bosen sih, apalagi kalo suka sejarah, biografi, atau buku motivasi. Buku motivasi? Selama ini buku motivasi biasanya isinya tentang tips and trick disertai contoh kasus. Kalau buku ini isinya cerita yang bisa memotivasi pembacanya.

Gw setelah baca buku ini, langsung mikir, "Orang hebat itu emang mesti dikasih tantangan yang hebat juga sama Allah, ya."



Udah dua dulu aja. Isinya tentang apa?

Ini biografi yang diambil dari cerita-cerita eyang dari dia kecil, sampe dewasa. Cerita kecilnya juga menarik dan mindblowing. Bayangin aja, dari kecil udah ga mau ketinggalan baca buku & hobi banget main meccano (pesawat). Kecil-kecil gitu udah mikirin gimana caranya manusia bisa terbang naik pesawat. Lah gw sekecil itu mah mikirin gimana caranya kacu pramuka nggak ketinggalan mulu di rumah.

Di usia kecil itu, ada cerita yang sumpah kocak bet sih asli. Gw ga mau ceritain di sini lah. Keywordnya: balon. HAHAHAHA. Oh iya, eyang juga deket banget sama Papinya. Ada satu kata Papinya yang gw suka, "...karena itu kamu harus jadi mata air. Kalau kamu baik, semua yang di sekelilingmu juga akan baik. Kalau kamu kotor, semua yang di sekitarmu akan mati."

Itu kata akan terngiang terus di filmnya. Spoiler dikit.

Selain kocak dan motivasional, ada cerita yang sedih juga ketika Papinya meninggal. Asli di sini gw salut banget sama eyang. Bisa tabah "menggantikan peran" sang Papi. Sedih sih beneran.

Cerita berlanjut tentang sekolah di Jerman yang penuh drama lika liku hidup. Gimana beliau nggak punya duit padahal laper, hampir gagal ujian, bermasalah dengan pemerintah Indonesia, sampe butuh kasih sayang Tuhan. Untuk yang terakhir ini gw kaget banget pas baca. Jadi eyang pengen sholat, tapi nggak ada masjid di sana. Adanya gereja doang sementara beliau lagi butuh banget Allah. Akhirnya masuklah ke gereja dengan izin ke Allah untuk melaksanakan...shalat.

Pokoknya banyak deh cerita-cerita yang bikin dheg dan wow di buku ini. Jangan takut bukunya berat, ringan kok bacanya. Mbak Gina ini jago banget storytelling-nya. Pas esde juara kelas pasti :))

Oke kita sudahi bukunya. Mari lanjut ke film.

Sebelum Ramadhan, gw seperti biasa ikutan nyokap buat pengajian di rumah eyang. Tiap selasa 2 minggu sekali memang ada pengajian dari zaman Bu Ainun masih ada. Nyokap gw yang ngurusin bertiga dengan ponakan eyang & Ibu Ainun. Lha nyokap gw sokap tiba-tiba diajak urus pengajian gitu padahal sodara juga bukan? Nyokap gw dulu kerja sama anaknya eyang yang nomer dua (sampe sekarang sih), jadi ya begitulah.

Ehm, that's why gw sering banget berurusan banyak hal bersama keluarga itu hehe.

Oia lupa. Jadi setelah ngaji, nyokap gw pamitan sama eyang di ruang kerja. Eh, tiba-tiba gw dan adek gw dipanggil buat.......nonton trailer Rudy Habibie! Hahaha asik. Di ruang kerjanya, eyang sibuk nyari trailer di iPad. Ga nemu. Akhirnya disuruh nonton di TV ruang tengah. Trailernya seperti ini:



Abis itu, kita ngebahas bareng. Dan obrolan kocak terjadi.
Gw dll: Itu beneran berantem, Yang?
Eyang: Hahaha ya betul! Saya berantem lho! Hahaha
Gw dll: Pake pistol gitu? Waaah
Eyang: Ah nggak kok. Buat kebutuhan film aja itu, aslinya tapi kita marah-marah berantem kok hehehe
Gw dll: Oh iya, Ayu itu siapa, Yang? Kalo cewek Poland itu ada di buku kan ya?
Eyang: HAHAHA yaaa itu teman saya anaknya *oke gw lupa beneran*. Orang-orang selama ini anggap si Rudy itu nerd, geek, nggak suka perempuan, hanya Ainun saja. Padahal banyak lho cewek yang deket sama saya hahahaha. Jadi saya mau menunjukan bahwa Rudy itu tidak homo! HAHAHA
Gw dll: *meledak ngakak*

Nah pas tanggal 25 Juni 2016, eyang ulang tahun ke 80. Sebelumnya beliau bilang kalo mau ada nobar premiere filmnya dan buka puasa bersama di rumah. Kita-kita rakyat jelata ini disuruh ikutan. Ya mao lah, gratisan pula ehm.

Eh disangka dan dinyana, bukbernya (absolutely, ehm congkak) pake katering gw. Ya mantep lah nggak bisa nonton bareng. Kudu prepare dan organising para waiter supaya acara lantjar.





Yak seperti yang bisa dilihat, begitulah sekelumit persiapan bukbernya yang udah siap. Pas lagi buka puasanya ga gw foto. PENUH BANGET COY! Napas aja sukur.

Oia, karena tanggal 25 nggak bisa ikutan, jadilah gw, nyokap, dan adek gw nonton di tanggal 27 bersama para undangan dari MD Entertainment.




Hasli banyak banget orang dan artis bertebaran. Ada eyang juga tapi ga nonton karena ga boleh sama dokter hehe. Di lounge VIP, gw ketemu cucunya eyang yang emang kenal sangat baik. Salah satu cucunya yang masih kecil, maksa Paspampres buat minta gw, nyokap, dan adek gw masuk lounge. Kocak amat. Dibolehin sih, tapi ya ngapain juga masuk situ haha

Film dimulai dengan kenyataan bahwa kursi yang didapat setelah tuker tiket adalah seat M. FYI aja, seat M berada paling depan. Bisa amsyong kita punya leher. Eh ternyata di kursi A ada yang kosong. Dengan perlahan tapi pasti, kita mengendap-endap ke atas dan menonton jumawa.

Film durasi 2 jam ini adaptasi persis dari buku. Ya ada penambahan dan perubahan sedikit supaya emosinya dapet sih. Alur ceritanya maju mundur, jadi akan ada banyak flashback dari masa lalunya. Contohnya kayak Rudy lagi nginget tentang Papinya, sedih.

Pas nonton ini, jangan harap bakal ketemu kisah romansa bertabur kasih sayang kayak Habibie Ainun. Karena film ini isinya sebelum Rudy ketemu Ainun. Romansa ada di bagian ketemu gadis Polandia bernama Ilona dan Ayu. Porsinya nggak sebanyak kisah perjuangannya ya pasti. Hmm, bisa dibilang film ini sejarah politik karena menyangkut pidato Bung Karno untuk pelajar Indonesia di Jerman. Oh, film ini juga bisa dibilang agamis. Kenapa? Karena ada perjuangan Rudy buat dekat sama Allah, contohnya shalat di bawah tangga kampus.

Berat ye? Eits, nggak juga. Banyak komedinya juga bok. Secara yang main sebagai temen-temennya Rudy itu adalah standup comedian, ya udah kelar aja kocak lah.



Menurut gw pribadi, ini filmnya bagus. Nggak cuma dari segi cerita, tapi juga sinematografi. Gw emang bukan orang broadcasting, tapi pengambilan gambarnya bagus banget. Bikin pengen ke Jerman lah kurang lebih. Aktingnya, jangan dibahas lagi. Reza bener-bener mirip gayanya eyang dan berbahasa Jermannya banyak banget, so nailed it! Gw juga suka aktingnya Chelsea Islan sebagai gadis Polandia yang bisa bahasa Indonesia. Enak gitu dengernya nggak lebay. Mungkin karena emang mukanya cakep juga kali *lah*

Pokoknya pas lah film ini ditonton buat anak muda yang butuh motivasi untuk menjadi lebih kuat menghadapi tantangan. Mulai dari tantangan senioritas, ide, belajar, uang, agama, sampe departemen hati. Asyedap. Overall itu sih. Ada bagian yang gw kurang suka, tapi ketutuplah sama yang bagus-bagus lainnya.

Kelar film jam 12 malem, rame dong foto-foto sama artis. Di awal sebelum masuk bisokop sih juga banyak yang foto-foto mulai dari infotainment sampe rakyat jelata. Ada para pemain dan juga artis yang gw bingung kok ada mereka, seperti Mario Kahitna, Laudya C Bella, Shireen Sungkar, sampe Dian Sastro. Nah, pas udahannya, gw liat ada Anjasmara yang sembari nunggu istrinya (main juga Dian Nitami), doi diminta foto sama banyak orang. Pun Reza Rahadian yang jalan baru sejengkal, dikejar orang minta foto. Rasanya pasti pengen ngumpet di kardus popcorn lah. Rame banget yang ngejar cuy! Gw, nyokap, dan adek gw mah cuma liatin doang sambil nyari-nyari seseorang buat pamitan.



Disaat kita lagi celingukan, Reza dan asistennya lewat depan nyokap gw. Nyokap gw iseng menyapa,
Nyokap: Eh Eja...
Reza: Eh mbak! Masih di sini aja hahaha
Nyokap: Iya nih lagi nunggu orang
Reza: Oh gitu.. Oke Mbak aku duluan ke sana yaa.. Bye..
Nyokap: Oke oke bye...

YAELAH ORANG-ORANG NGEJAR DOI, EMAK GW MALAH MANGGIL, "EH EJA!", KEK ANAK KOMPLEK!

((( Eja, Eja, maen yok! )))

Ikrib. Nyokap gw ternyata tidak sejelata gw dan adek gw :(

jelata

si jelata bersama anak komplek

Sekian dan selamat memperjuangkan hidup!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe