Backpacking Series: Jatim Banget Nih? - part 4

12:39:00 AM

.
DAY 4
22 Aug 2017

Hari keempat dimulai dengan sarapan di penginapan bersama pasangan bule. Menunya rumahan kayak ayam goreng, sop, mie, nasi, kerupuk, tahu, dan teman-teman. Kalau mau roti, juga ada. Yaa cukup mengisi perut lah ya. Meski dua jam lagi gw kelaperan.


pemandangan dari ruang makan

masih dari ruang makan. itu kamar gw tuh

Habis makan, kita bingung mau kemana. Googling pun dimulai. Oh, malam sebelumnya, pas naik Gocar di BNS, gw ngobrol sama pak driver enaknya jalan kemana lagi nih. Salah satu rekomendasi dia adalah Selecta. Katanya ada taman bunga luas dan bisa metik apel. Wih. Tertarik dong gw dan Ninna. Maka setelah di-googling LOKASI (kita nggak googling image atau sebagainya), wah deket Batu. Abis itu bisa ke Museum Angkut yang kata Oji, temen kantor gw yang pindah ke Malang, itu wajib dikunjungi. Baiklah!

Di perjalanan menuju Selecta yang ternyata subhanallah jauh itu, pak Gocar ngomong, "Ngapain mbak ke Selecta? Kan isinya bunga doang.."

YA JUSTRU ITU PAK PENGEN TAU KITA MAH!

Di otak gw, Selecta itu taman bunga yang kece kayak di Belanda. Oke ketinggian. Kayak Mekarsari lah. Tiap tanaman, ada nama latin yang bisa gw pelajari untuk bahan laporan karyawisata. Pokoknya di bayangan gw itu. Minimal sebagus Batu Secret Zoo deh.

Sampe sana. Masuk dengan biaya kayaknya 30K deh. Kayaknya. Kita jalan. Ada musik dari kumpulan ibu-ibu RT yang lagi liburan ke situ. Oke. Menjauh. Naik ke atas kayak tangga gitu buat bisa liat pemandangan di bawah.



Bener sih, hamparan bunga. Tapi... I have to say, kurang tertata dengan baik. Menurut gw. Mungkin pada masanya, masa Pak Harto kayaknya, Selecta ini bagus banget. Tapi karena udah dipuaskan dengan fasilitas dan penataan ala Jatim Park Group, Selecta ini sungguh "lawas". Bunga emang banyak, tapi kita nggak tau itu bunga apa karena nggak ada papan nama. Permainan banyak, kayak sepeda udara. Pas gw mau ke loket, mas-mas jaganya nggak ramah. Males aku.



Intinya kayak, "Bener juga kata pak driver, ngapain kita ke sini?". Alih-alih mau petik apel, ternyata salah tempat bahahahak. Akhirnya daripada kuciwa, kita makan es krim. Oh, selama di Malang, kegiatan wajibnya adalah makan es krim. Entah kenapa. Lalu kita pun pesen Gocar yang berbentuk Taksi Batu menuju Museum Angkut.

Museum Angkut
Dengan dikenakan tarif 70K tanpa bawa kamera profesional (kayaknya sih), kita masuk itu museum. Mindblowing sih! Mobil tua zaman entah kapan, motor, becak, sampe helikopter ada di situ. Nah yang gw suka dari Jatim Park Group ini adalah penataan ruangan yang bagus, jadi pengunjung nggak nyasar dan ribet.







Museum ini sih ya udah lama berdirinya. Gw aja yang norak baru kesana sekarang. Kenorak-an gw pun berlanjut ke foto-foto tiap "negara" yang ada di sana. Normal kok noraknya gw. Intinya sih, museum ini gw suka banget, karena masih sepi saat itu hahaha. Jokes ala Jatim Park juga lucu-lucu. Nggak tau deh ada yang sadar apa nggak ya?

Setelah puas mondar mandir Museum Angkut (gw lupa kenapa kita bisa dua kali muterin ini), kita lanjut ke Museum Topeng. Isinya lagu Peterpan...


Oke maaf.

Isinya topeng dari berbagai daerah, batik, perhiasan ala zaman kerajaan, macem-macem deh. Itu museum kecil, jadi kayak cuma berapa menit doang kalo buat liat-liat aja, tanpa memahami apa yang dipamerkan. Secara gw laper banget terakhir makan es krim doang, langsung makan di situ. Harganya beragam, sekitar 30-50K per orang cukup lah.

Dari situ, mikir mau kemana lagi. Tadinya mau ke Bakso Singosari, tapi jauh dan nggak bakal keburu. Jadi itu bakso isinya sumsum sapi dan kudu reservasi dulu buat makan itu. Dahsyat. Karena ngga mungkin, akhirnya kita memilih yang deket aja. Apa itu?

ALUN-ALUN KOTA BATU
Hahaha! Kesananya naik apa? JALAN KAKI DONG BEB! Jalan kaki karena di Maps deket. Pokoknya kita bakalan jalan kaki selama itu jaraknya cuma sekilo dua kilo lah. Soalnya kayak sayang aja gitu mumpung bukan di daerah sendiri, manfaatin lah buat eksplorasi sekalian olahraga. Seru juga sore-sore jalan kaki ke alun-alun. Ada masjid gede banget sebelah alun-alun. Kayaknya hampir tiap alun-alun itu ada masjid gede sih ya...

gunung apa hayooo? Gw nanya beneran sih ini -_-
Di alun-alun, kita nemuin BANYAAAAK BANGET jajanan. Mulai yang khas kayak sempol, sampe yang rada aneh kayak cilok daging. What? Trus ada kayak sosis tusuk, bakso tusuk, dan sate-satean sejenis itu. Asli deh surga buat yang doyan cemilan 3M. Murah, Meriah, Mecin. Gw beli sempol. Sempol itu dari aci yang dicampur daging ayam trus dipadetin ke tusuk sate. Mirip sate buntel lah. Lalu direbus, digoreng setengah mateng, dicelup adonan telor, goreng lagi. Harganya murah. Kayaknya 5-10K aja deh buat 5 tusuk. Tergantung penjualnya. Rasanya? Aci.

Hahaha. Pas gw balik ke Depok, gw cari resep sempol dan coba bikin. Oke jauh banget ternyata. Bikinan gw sekelas resto fine dining gitu lah #sombong #yaeyalah #ayamnya #kebanyakan!

Kenorakan lain selain ketemu makanan adalah kita naik bianglala aja dong! Terakhir gw naik bianglala itu di Dufan beberapa tahun yang lalu. Gw merasa aman tanpa takut jatoh meskipun kalo betulin pantat aja bawaannya nervous. Nah yang ini, dengan bayar 10K, isinya cuma berdua satu kabin, yang terjadi adalah...

"Buset gw ngga berani gerak!"
"Ya Allah ngilu"
"AAA OMG OMG AAAA"




Itu di mulut. Di hati, gw udah dzikir akbar mengingat Allah. Sumpah sebenernya gw takut bok karena  goyangannya melebihi kalo denger lagunya Via Vallen. Tapi gw berusaha menenangkan diri dengan cara foto-foto. Hasilnya, gelap. Yaeyalah jam udah Isya. Sekitar satu putaran, kita turun. Kecewa karena sebentar, bersyukur karena hati gw udah nggak pindah ke lutut lagi. Mau naik lagi, antre panjang banget. Pengen naik merry go round alias kuda-kudaan, usia dibawah 10 tahun. Masih bisa sih kalo didukung dengan muka dan tinggi badan kita berdua ehehe.

Okelah saatnya minggat. Karena nggak dapet Gocar, kita pun nekat naik...GOJEK! Fyi aja, Batu itu dingin. Kita nggak pake jaket, cuma bawa pashmina tipis doang, dan perjalanan cukup jauh ke Malang. Gila emang. Di Malang tujuan utama adalah ke...

Ronde Titoni!
Ronde yang katanya waktu itu tutup, ternyata buka sekarang. Ada dua menu, yaitu ronde dan angsle. Angsle itu pake santan, ronde engga. Kita pilih ronde aja dengan harga 8K. Rasanya emang enak sih. Pas lah buat yang abis kedinginan.

Dari situ kita pun pulang.

Jalan kaki lagi.

Hehe.

Rekap info:
Selecta: 30K (gw pribadi sih kurang merekomendasikan ya untuk usia sebaya gw)
Museum Angkut: 70K weekday tanpa kamera profesional
Alun-alun Kota Batu: ferris wheel alias bianglalanya 10K. Jajanan mulai dari seribuan!
Ronde Titoni: 8K buat yang standar

NEXT!
DAY 5. Last day......in Malang :')

You Might Also Like

0 komens

Subscribe