Backpacking Series: Jatim Banget Nih? - part 5

12:41:00 AM

.
DAY 5
23 Aug 2017

Bangun kali ini agak beda. Kenapa? Karena harus berpisah dengan Agustina Home yang enak dan nyaman ini. Meski ada kekurangannya juga sih mengenai laundry yang mahal, namun yasudahlah. Jadi hari ini kita melanjutkan perjalanan random ke...

SURABAYA!

Yaaay! Terakhir gw ke Surabaya itu pas umur 5 tahun. Jadi nggak ada yang membekas di ingatan kecuali naik becak panas-panas sama tante gw. Itu aja. Ke Surabaya ngapain? Nggak tau. Awalnya sih cuma karena tiket pesawatnya buat pulang lebih murah daripada dari Malang hahaha. Oh iya, sebenernya gw udah beli tiket kereta pulang pergi. Tapi kata Ninna mending pulang pake pesawat aja lah daripada punggung gw ringsek. Tadinya gw mau keukeuh naik kereta karena kalo naik pesawat sayang aja kemahalan buat trip ala ala backpacker. Setelah gw mikir jauh, bener juga sih.

Seru boleh, tapi kudu mikir kesehatan juga lah ya. Bukannya mendewakan penyakit, tapi nggak lucu juga kalo punggung gw beneran rontok sampe Depok ya kan. Akhirnya sebelum ke Malang, gw dan Ninna pesen pesawat dari Surabaya (lebih murah ehem) untuk ke Jakarta di tanggal 24 Agustus. Sip lah.

Setelah sarapan, kita beberes buat cabuts ke Stasiun Malang Baru. Yoi, ke Surabaya (Gubeng) naik kereta ekonomi cuma 35K aja ciyn! Sebelum ke stasiun, niatnya mau makan bakso dulu nih. Gila banget ke Malang nggak makan bakso kan. Kita memutuskan ke Bakso Bakar Pak Man yang direkomendasikan sama Dika dan Telini. Naik Gojek lah dengan backpack 5kg (plus tas serut 1kg jadi 6kg) ke Bakso Bakar tersebut. Jreng. Tutup.

Cabang lain lah, kuy! Pesen Gojek lagi. Cari-cari lokasi di Maps. Jreng. Tutup. Sedih banget ini hati. Udah jam 10 sementara kereta dateng jam 11an. Yaudahlah makan bakso di deket stasiun aja, Bakso Pak Dulmanan. Warung baksonya sepi pas kita dateng. Bakso terhidang. Makan. Udah. Nggak foto, langsung ke stasiun.

Di kereta, kita kenalan sama anak kuliahan, namanya Joana, kalo nggak salah. Seru gitu anaknya. Cerita macem-macem sampe ceritain ibu temennya yang muda banget. Dia mau perjalanan pulang ke Jakarta. Jadi kereta yang kita naikin itu namanya Jayabaya. Rutenya, Malang - Surabaya - Jakarta. Muter gitu. Fasilitas tentu lebih ashoy dong dari Matarmaja ya. Harganya juga beda sih.

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, kita sampe deh di Gubeng! Wihiw! Gw foto di tulisan Stasiun Gubeng dan ngirim ke nyokap gw. Doi kaget gw udah di Surabaya aja. Iya, gw cuma bilang ke Malang doang hahaha.

Penginapan yang kita inapi kali ini beda sama yang sebelumnya. Kalo sebelumnya gw tidur di kereta, bunk bed kamar kosan, queen bed nyaman, maka sekarang adalah...

KAPSUL HOTEL!

Mehehehe. Namanya adalah My Studio. Jadi ada ruangan besar isinya bunk bed kayu. Nah, kita tidur bersama deh di situ. Di bagian bawah kasur, ada lemari penyimpanan yang aman karena ngebukanya kudu pake kartu akses. Peraturannya, nggak boleh makan, minum, ngerokok (yaiyalah), dan berisik! Karena beneran cuma dipake buat tidur doang. Makan, minum, ngobrol, ya di kafe bawah. Ada mushola kecil buat satu orang di ruangan itu.






Mandi gimana? Nah, gw nginep di lantai 2. Ada kamar mandinya tapi cuma satu doang. Untuk shower room, ada di lantai 4. Itu ada ruangan yang isinya beberapa bilik mandi yang proper ya tentu. Ada juga kaca besar dan wastafel panjang. Mantep juga sih. Tapi sayang, karena ruang mandi yang wanita dikunci (why?), kita pun mandi di ruangan yang umum alias...campur. Tapi dua kali mandi di situ (malem dan besok pagi), gw ngga pernah ketemu cowok. Alhamdulillah sih. Rada gengges juga ya bok kalo akik lagi cuci muka tiba-tiba ada laki keluar kamar mandi pake handuk doang. Hhh.


Kapsul hotel ini cukup nyaman. Buat tidur. Bukan buat ngobrol. Nah, secara kita nyampenya siang, setelah taro barang, langsung cabs ke...

House of Sampoerna!

Gw dan Ninna emang nggak suka rokok. Tapi bau tembakau dan cengkeh di ruangan museum itu enak haha. Kita liat sejarah Sampoerna, alat-alat, sampe ke pabriknya. Sayang sih udah pada mau pulang.

megah

klasik

korek

Akhirnya kita ke kayak art gallery di House of Sampoerna juga. Isinya pameran seni yang sejujur-jujurnya, gw ngga ngerti huhu. Maafkan aku para seniman budiman.



sungguh aku nda paham


:)


Ada pohon yang isinya kayak kertas entah wishlist atau pendapat lah. Gw liat orang-orang pada nulis, "Keren! Sukses Sampoerna!", "Aku sayang dia namun sudah ada yang punya...", "Pengen ke Jepang aamiin!", dan lain sebagainya. Curhat sih kebanyakan. Gw liat Ninna nulis quotes di salah satu kertas. Gw pun iseng buka quotes How I Met Your Mother yang kebanyakan curhatnya. Ternyata kurang puas. Lalu tiba-tiba gw nulis...

"AKU CINTA RUPIAH BIAR DOLAR DI MANA-MANA"

What the...

Maafkan aku oh art gallery :(

maaf pohon

Abis dari HoS, kita makan di Sate Klopo Ondomohen. Ini rekomendasinya Opik dari setahun yang lalu dan entah kenapa gw masih inget dia bilang itu enak. Kita coba lah. Sate ayam dan sate daging sapinya. Wualah apik tenan rek! Jadi khasnya si sate itu dimasak dengan kelapa dan pas mateng, dimakan bareng kelapa (serundeng). Kita berdua sih lebih suka sate ayamnya. Lebih empuk dan berasa. Enak lah. Lebih enak lagi karena gw disuruh ngabisin lontongnya Ninna. Muahaha.

kalo ngga salah ini daging

kalo ngga salah ini ayam


Dari situ, kita cus ke es krim Zangrandi dengan berjalan kaki. Deket banget tinggal nyebrang. Deket bangetnya ala gw dan Ninna ya hehe. Seperti yang banyak diketahui, es krim ini jadul punya. Teksturnya kayak es krim Oen di Semarang. Manisnya juga asli. Untuk harga, sekitar 30K (atau 35K ya?) ke atas.

di tengahnya ada brownies

raspberry ena

Setelah bingung mau kemana lagi, kita bengong. Jadi ke Surabaya ini bener-bener nggak tau pengen ngapain. Clueless. Lalu kepikiran lah untuk beli oleh-oleh sambel Bu Rudy. Wah bener juga. Akhirnya kita naik Gojek ke Bu Rudy cabang Anjasmoro.

Sampe sana, beli sambel doang niatnya. Eh, namanya Dheyanne ya, malah makan nasi bakar tuna! Padahal abis makan sate lontong nambah, es krim, sekarang nasi bakar Ya Allah. Enak. Hahaha. Harga diri gw terombang-ambing banget lah.

Setelah puas di Bu Rudy, bingung mau ngapain dan kemana. Kenapa? Karena masih terlalu pagi buat ke My Studio. Belom ngantuk, ngga bisa ngobrol juga. Sedih. Akhirnya kita kepikiran buat ke...

TUNJUNGAN PLAZA!

Sumpah random banget. Karena duit makin menipis, jadi kita berjanji buat nggak jajan di mall. Ke mall hanya untuk melengkapi cerita perjalanan aja (dan karena bingung mau kemana). Akhirnya dari Bu Rudy, kita jalan kaki ke TP. Mayan lah 1,6 km malem-malem. Suasananya sih gw lebih suka di Malang. Kenapa? Lebih adem dan orang-orangnya kalem. Di sini, mirip banget Jakarta. Panas dan orang-orangnya yang kayak orang Jakarta deh eheu...

Sampe TP dengan badan bau debu dan muka agak kumel. Iseng ke bioskop, jamnya nggak sesuai. Yaudah jalan-jalan aja. Asli gw baru tau Tunjungan Plaza itu GEDE BANGET YA BOK! Hih norak banget gw huhu. Semua ada. Beneran. Jodoh doang yang gw nggak temuin di situ.

Setelah tawaf keliling TP, Ninna pun makan di A&W sampe mall gelap yaitu jam 10. Kita pun keluar bersama dengan pegawai lainnya. Macam SPG lah. Di jalanan, kita liat Maps. Waw deket ke hostel! Jalan kaki lagiiii...

Di hotel pun mandi malem jam 11. Indah banget rasanya. Trus tidur. Berasa tidur di dalem lemari. Kayak Doraemon gitu deh.

gimana gak kayak di lemari coba?


Rekap info:
Bakso Pak Dulmanan: lupa harganya hehe
Kereta MLG-SGU: 35K
My Studio: 173K untuk dua orang (kalo sendirian tidurnya di single bed)
House of Sampoerna: GRATESSSS
Sate Klopo Ondomohen: Nah lupa juga nih harganya
Es Krim Zangrandi: sekitar 30-35K
Bu Rudy: sambelnya kayaknya sih 20K an, nasi bakar tuna berapa ya?

NEXT
DAY 6 - LAST DAYYY

You Might Also Like

0 komens

Subscribe