Mencoba Bersahabat dengan Jerawat

10:05:00 PM

.
Jerawat. Tumben-tumbenan emang gw bahas tentang jerawat. Hal ini dikarenakan gw sekarang udah jerawatan. Pipi macam konstelasi bintang :(

Jadi gini, gw dari remaja itu bisa dibilang sangat jarang punya jerawat. Sekalinya muncul, itu ilang dua hari kemudian bersama bekasnya. Jadi kalo yang kenal gw dari dulu, kemungkinan berkomentar kalo kulit gw bebas jerawat. Bahagia. Gw nggak ada masalah kulit sedikit pun. Alhamdulillah ya pemirsa yang budiman.

Namun kemudian sebuah ujian datang mampir ke ruang tamu kehidupan gw. Azeg. Namanya jerawat. Dia datang sekitar Agustus 2017 deh. Setelah gw pulang backpacking dari Malang. Gw pikir dia cuma duduk minum teh doang di ruang tamu, eh ternyata nginep...berbulan-bulan. Hingga kini. Hingga Mei 2018 -____-

Asli gw kaget banget tiba-tiba muka gw jadi jerawatan dan bruntusan gini. Ilang satu tumbuh seribu. Beneran. Temen gw pas liat pipi gw langsung, "Dhe, lo kenapa? Stres? Lo jerawatan gini..."

YHA MANA NGANA TAHU!

Ngga kesel sih gw, tapi lebih ke, "Huhu iya ya kenapa ya kenapa? Padahal gw ngga ngerasa stress". Semakin gw mempertanyakan kenapa, semakin banyak jerawat gw. Rasanya pengen pake helm Gojek tiap ketemu orang. Malu sih biasa aja sebenernya. Tapi lebih ke, "Gw dulu nggak gini mamen!"

Adakah yang seperti gw? Dulunya mulus namun kini KOK YA jerawatan tanpa sebab yang diketahui?

Akhirnya daripada mempertanyakan kenapa, gw pun memikirkan solusinya. Di bawah ini, gw menjabarkan banyak hal yang sudah dilakukan demi memberantas tamu ujian ini pergi selamanya. Dari sekian banyak yang gw coba, di bawah ini cukup gw rekomendasikan. Sila diceki

OUTER BEAUTY

DIY MASK
- Turmeric powder

pic source

Alias kunyit bubuk. Gw bolak balik Googling dan Pinterest-ing, ketemu selalu si turmeric ini untuk menghilangkan jerewi. Awalnya gw pake kunyit fresh yang diparut, aplikasikan ke muka. Hasilnya muka gw kayak Lala Teletubbies. Kuning. Kayak ngegoreng tempura tapi setengah mateng. Kuning. Akhirnya gw pake aja kunyit bubuk yang dijual di Lotte Mart Pasar Rebo. Campurannya? Ini..

Kunyit bubuk + madu
Kunyit bubuk + madu + tepung beras + lemon

Hasilnya, enak sih kenyal karena ada madunya. Kalo yang sensitif mukanya, mungkin akan ada tingling sensation. Di gw ngga. Jerewi juga agak cepet kempesnya sih.

- Matcha powder
pic from popsugar.com

Ini gw pake lantaran teh hijau bagus buat jerewi. Teh hijau ada antioksidan dan apa gitu yang bisa melawan jerewi.

Matcha powder + madu + lemon

Hasilnya, adem. Kayak lagi haus trus dikasih minum segalon. Halusnya teteup dari madunya.

- Tomat
Tomat ini banyak yang bilang bagus buat jerewi karena ada vitamin C-nya. Oke hamba coba.

Tomat ancurin + oatmeal + madu

Harap bersabar pake ini karena muka lo jadi mirip Korg di Thor Ragnarok. Hasilnya oke sih. Cuma kurang signifikan aja.
pic source


- Madu lemon
pic source

Udahlah, when in doubt, madu + lemon adalah rekan sejati. Bagus. Ntaph. Lemon ini vitamin C-nya tinggi jadi bagus buat melawan jerewi. Sedangkan madu itu antibakteri dan juga bisa melembutkan. Sungguh menyenangkan bukan?

- Baking soda
pic source

Nah, ini juga cakep. Biasanya gw pake ini cuma dicampur air aja dan dibiarin di muka sekitar 5 menit. Setelah itu, muka akan sangat empuk layaknya sofa IKEA. Beneran. Kenyal banget. Kalah Yupi.

- Kopi
pic source

Sama kayak baking soda, cuma dicampur air aja dikit. Gw pake ampas kopi hitam tanpa gula (bukan hasil ampasnya Torabika). Nah ini discrub halus ke muka. Setelah itu diemin sampe agak kering sekitar 10-15 menit, bilas deh. Di muka akan ada noda kopi, kalo mau ilangin, cuci muka aja. Tapi fine sih selama di rumah aja mah

- Cuka apel
pic source

This is the best! Gw menjadikan ia sebagai toner andalanqu. Caranya, campur cuka apel dengan air distilasi (gw pake Amidis) perbandingannya 1:1. Misal cuka 5 sendok, air juga 5 sendok. Pake ini sehari dua kali dengan cara dituang di kapas dan ditepuk-tepuk ke muka. Hasilnya, jerewi kering dan nodanya perlahan ilang loh. Cuma note aja, BAUNYA SUBHANALLAH. Kayak ke kamar orang yang nggak mandi dan ngga ganti sepre sebulan. APEK.

Beneran, baunya ngerusak hidup selama beberapa menit. Tapi abis itu muka jadi kayak licin mencilak. Halah mencilak bahasa apasih.

- Pisang
Kulitnya. Jadi tiap abis makan pisang, kulitnya gw gosok-gosokin ke muka. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Enak gitu halus dan bahagia.


PRODUK KEMASAN
- Bio Oil
pic source

Waini. Bio Oil ini ternyata sungguh mantap pemirsa yang solehah. Selain bisa menghilangkan bekas luka hati, ternyata juga bisa memudarkan bekas jerewi. Mana baunya enak, lavendel gitu. Enakeun deh. Anyway, Bio Oil bisa buat memudarkan dosa ngga ya?

- Sheet mask (Innisfree)
pic source

Gw beli macem-macem Innisfree sheet mask dan yang disuka itu Manuka Honey. Enak aja gitu kayak pake madu di muka. Gw baru coba sih dan alhamdulillah suka.

- Super Volcanic Pore Clay Innisfree
pic source

Baru tadi pake dan enakeun pisan. Meski muka terlihat seperti jalan komplek yang abis dicor, namun tak apa asal hasilnya menyenangkan. Denger punya denger sih bisa ilangin jerewi. Yha kita tes saja ya. Sejauh ini aman sih

- Milk cleanser & facial foam Aishaderm 
pic source

Awalnya pake produk ini karena adek gw yang beli. Dia ngga cocok, tapi cocoknya malah di gw. Yaudah jadi keterusan. Enak sih halus gitu. Oh iya, urutannya gini: milk cleanser - facial foam - toner cuka apel. Itu urutan gw yang cukup nyaman dipraktikkan.

Untuk moisturizer dan sunscreen gw juga pake Aishaderm. Lagi-lagi karena adek gw nggak cocok di kulitnya jadi dikasih ke gw. Oke.


INNER BEAUTY
- Banyakin minum air putih
Plis lah jangan kebanyakan minum thai tea lah, soda, ais kepal, ato apalah itu tanpa asupan air putih yang cukup. Setelah gw rutin minum banyak, bruntusan gw ilang banget lho. Sekarang jidat gw alus (ada jerewi satu sih) tanpa bruntusan. Paes-able lah

- Kurangi makan gula
Penting. Sekarang lagi hitz diet keto yang no carbs gitu kan. Nah, karena gw masih ceking dan mudah terbawa angin, maka diet keto tidak gw sentuh. Takut makin ringan kayak ciki Kenji. Tapi secara gw tau gula itu sangat ngaruh ke pertumbuhan jerewi, maka gw kurangi. Makan nasi ngga sebanyak dulu tapi perbanyak sayur dan lauk. Nasi juga gw ganti ke karbo lain kayak kentang, kebab,  nasgorgil (lha?)

- Tidur cukup
Ini ngga kalah penting. Tidur sih menurut gw nggak harus exact 8 jam. Cukup berkualitas walau cuma 4-5 jam aja udah aman. Cuma emang jaga supaya nggak kecapean sih. Ngaruh banget ke mood yang ningkatin stres.

- Banyak gerak
Ini biar toksin yang ada di dalam tubuh keluar dan ngga mengendap (jadi jerewi). Bisa dengan olahraga atau melakukan sesuatu yang berkeringat. Misal, diajak masak bareng camer. Berkeringat. Dingin.

- Positive thinking
Diem-diem ini ngaruh juga lho. Perbanyak aja mikir yang bagus dan baik. Gw sih caranya yang termudah, nggak ngefollow akun gosip kayak lambe apalah apalah. Akun gosip yang gw follow cuma ENews di Instagram. Kenapa? Karena suka bertebar seleb cakep dengan caption yang kreatif. Menghindari akun gosip ini akan mengurangi pikiran negatif yang bakal ngerusak mood.

Bayangin, pagi-pagi udah scroll IG dan nemu artis A jadian sama artis B yang dinilai buruk. Buruk kenapa? Gara-gara caption dan komen netizen, jadi tau aib-aibnya si B. Jadi males. Padahal mungkin si B ga gitu. Ya kan? Gitu deh pokoknya. Gw ngomong ngga jelas ya huhu

- Bersyukur
Ini sih!!! Gw yah waktu itu suka iri hati, iri dengki, dan irigasi ngeliat wanita bermuka mulus macam kerudung maxmara. Trus jadi sedih banget karena muka gw kok ya kayak kerudung bubble crepe (inside jokesnya ala hijaber). Lalu gw kayak "ditunjukkan" beberapa perempuan Indo yang punya kasus jerewi lebih parah namun dia pede. Kayak Kak Laila dan Dara Female Daily. Mereka bahkan dari muda udah struggling sama jerewi. Jenis kulitnya bahkan acne prone. Tapi apa? Mereka percaya diri dan bersyukur aja dikasih muka yang kayak gitu. Beauty rule mereka ya itu.

Asli lah gw mah nggak ada apa-apanya. Gw ngeluh karena ada banyak noda hitam, mereka cystic acne yang bakal ninggalin bekas kayak bopeng. Duh ku merasa ngga bersyukur cuma masalah gini doang ampe lebayatun :(

Dari situ gw kayak ditabok dan selalu bersyukur bahwa muka gw walau banyak noda tapi masih alus ngga ada bolong (Ya Allah jangan sampe). Gw pun bersyukur meski muka ngga semulus Astrid Satwika, namun hidung masih mancung. Halah. Gw bersyukur dengan jerawatan, gw jadi banyak tau tentang kesehatan kulit dan berbagi disini.

Intinya, gw sekarang bersyukur aja lah. Meski sampe kini jerewi masih suka bersemayam, ya yaudah aja. Tiap ngaca juga oh yaudah aja senyum. Ada jerewi lagi, yaudah pake cuka apel lagi. Ada jerewi lagi, yaudah seenggaknya di bagian lain masih kencang dan mulus. Cari yang bagus dan lupakan yang minus hahaha.

So, buat people-people out there, kalo ngeliat orang berjerawat jangan langsung nuduh, "Ih jarang cuci muka!" atau "Itu jerawat kok dibiarin aja sih?". Jangan. Karena ngana tidak tahu sudah sekuat apa usaha mereka untuk menghilangkannya dan akhirnya pasrah menerimanya :)

You Might Also Like

1 komens

  1. yampun kak sama banget aku sebulan ini lg struggling dengan jerawat yg gatau dtg darimana tbtb breakout aja gitu dan skrg banyak ninggalin noda hitam diwajah:( tp Alhamdulillah ga ada bolong (jangan sampe Ya Allah) dan skrg baca blog kaka jadi semangat lagi kayak dapat motivasi baru dan bikin sadar kalo jerawat itu normal dan harus disyukurin walopun berat:')

    ReplyDelete

Subscribe