Movie Review: Aruna dan Lidahnya (Netizen)

10:21:00 PM

.
Teret tet tet tereret teeet teet!
"Susah juga... Ternyata."

Kalo denger "film Aruna dan Lidahnya", gw selalu kepikiran lagu lawas itu deh. Yes, kali ini gw mau ngereview tentang...

ARUNA DAN LIDAHNYA!

baca doa makan gais

Ada baiknya sebelum menonton, baca Allahuma bariklana dulu ya kawan-kawan. Karena di adegan pertama yaitu Aruna masak sop buntut, dia nyendokin kuah yang warnanya bening kecokelatan bersama dengan sesuwir daging, gw langsung "glek". Beneran. Imanku lemah sekali ya Allah. Aku butuh kekuatan.

Sebelum film ini hadir, gw udah pernah baca bukunya dengan judul yang sama sekitar tiga tahun lalu. Buku karangan Laksmi Pamuntjak ini menurut gw - yang otaknya terlalu banyak ruang kosong - cukup berat dicerna. Tak lain dan tak bukan karena diksi dan metafora yang dia tampilkan di novel itu. Gw lihat di website mana gitu, ternyata masuknya genre sastra. Ya pantes aja otak pembaca koran Lampu Hijau dan headline Line Today kayak gw gini nggak masuk.
*tunggu, gw ngga pernah baca Lampu Hijau dan Line Today, deng. Gw baca apa ya?*



Yah intinya, isi bukunya bercerita tentang Aruna, si ahli wabah, yang diminta kantornya buat investigasi ke berbagai kota di Indonesia. Jadi denger punya denger ada wabah flu burung gitu deh. Nah, Aruna ngajak lah temennya Bono, si chef, buat ikut dia keliling Indo tapi buat wisata kuliner. Bono ngajak Nad, kritikus kuliner nan seksi dan tajir, untuk ikutan. Bono modus memang, karena dese napsir sama Nad.

Ternyata di kota pertama, hadirlah Farish. Oh oh siapa dia? Dia mantan temen kantornya Aruna di One World. Sekarang doi pindah di PWP2 dan bertugas investigasi bareng Aruna. Lalala yeyeye, ternyata Aruna dulu napsir sama doi. Ejie.

Akhirnya mereka berempat berwisata kuliner deh. Aruna dan Farish sih, ada kerjanya juga. Datengin kandang ayam, nengok pasien yang "disinyalir" terjangkit flu burung, dan mikir bersama. Di tengah perjalanan mereka ini, ada konflik terjadi. Apa itu? Ya baca ato nonton ajaaa ceu...

Oke kita masuk ke film!

Bono Nad

Jalan ceritanya sih sama kayak di buku, cuma lebih ringan. Jadi kalo di buku, satu makanan bisa sangat amat deskriptif. Misalnya nih anggap aja Aruna makan seblak. Ya oke emang ngga ada sih tapi kan contoh aja ya boleh ya ya. Aruna makan seblak aja bisa begini jadinya,

"Aruna menyendokkan sekeping kerupuk udang yang lemah dan alot - mirip semangat kakek-kakek yang telah menurun dimakan usia - bersama dengan sepotong tipis bakso daging yang terlalu banyak tepungnya. Saat sendok menuju mulut Aruna, tak sengaja setetes kuah agak kental berwarna merah yang tidak terlalu pekat namun juga tidak terlalu bening mengenai papila lidahnya. Indra perasa Aruna pun seakan hidup dan menyala, menandakan makanan pedas ini hanya cocok untuk dinikmati dengan keadaan perut seperempat berisi, bukan kosong sama sekali."

YAK. Gw lebay ya? Tapi di novel gituuu...kurang lebih ehehe. Nah, di film (alhamdulillah) ngga begitu sih. Ga kebayang bakalan super detail penggambaran gimana kuah rawon, kulit choipan, sampe uget-ugetnya lorjuk bakalan makan waktu berjam-jam. Thanks to "visual". Karena dengan visual yang bagus itu, penonton yang lemah tanpa perlawanan ini hanya mampu mengelus perut saja.

pas maem choipan

Untuk karakter, pas sekali. Gw pas baca tiga tahun yang lalu emang ngga ngebayangin siapa aja yang bakal meranin karakter ini. Aruna - Dian udah pas menurut gw. Ekspresinya coooy ku hanya mampu tepuk tangan sambil ngunyah pengkang khayalan. Dian Sastro tuh mainan ekspresi aja kayak alis aja atau ujung bibir, itu udah berbicara banget sih. Gimana sama cast lain? Cast lain juga oke. Cuma seinget gw si Farish itu agak nyebelin deh. Nah gw ngga tau nih, apa nyebelinnya si Farish dikurangin, atau karena yang main Oka Antara jadi gw nurut-aja-dia-maunya-gimana-terserah-mas-Oka-aja-aku-mah-pasrah-we-lah-nya-love-pokona-mah. Kalo Bono - NicSap, jujur gw lupa karakternya gimana. Kayaknya dia paling terdepan soal ngomongin makanan. Terlepas dari rasa sukanya ke Nad, dia kayak ga keliatan-keliatan amat gitu. Lalu Nadezhda alias Nad yang diperanin Hannah Al Rasyid. Waw cantek banget ini orang ya bok gile. Ibaratnya dia kopi digiling sama barista bercelemek kulit, gw kopimiks sobek yang diaduk pake bungkus yang dilipet sama abang-abang starling. Hannah ini pas banget meranin Nad. Sebenernya ekspektasi gw si Nad ini bitchy banget. Nah, di sini ngga begitu terlalu diliatin. Menurut mata netizen seperti gw sih seperti itu.

Hmm apa lagi ya? Oh, romance deh. Romance antar Aruna - Farish lebih gw suka dibanding Bono - Nad. Soalnya Aruna - Farish tuh kayak...



CINTA DALAM HATI - UNGU

HAHAHA CIDAHA! Ya ngga siiih?
*brb nyetem gitar*

Aruna yang ngarep-ngarep gemes dan Farish yang gengsian tuh asik buat gw si penyuka romance level cetek ini. Anaknya gampang berbunga-bunga sama romance malu tapi mau gini. Alhamdulillah, Dian Sastro dan Oka Antara selain ektingnya cakeup, mukanya juga subhanallah. Pokoknya gw suka mereka. Udah ada yang bikin fansclubnya? Q maw ikhood!

emesh

Intinya sih, film ini kayak toserba. Semua ada lengkap, tapi pilihan dan jumlahnya kurang. Maksudnya? Jadi sisi kuliner ada, romansa ada, persahabatan ada, konflik antar tokoh ada, masalah serius kayak korupsi ada, sampe dangdutan "ho a ho eeee!" juga ada. Tapi (buat gw pribadi) kurang dikulitin dikit lagi. Emang netizen banyak mau lu, Dhe. Yah, namanya juga review jujur ya kak.

Gw tau sih, mengadaptasi dari novel ke film itu beda banget. Dulu pernah wawancara Raditya Dika, dia bilang juga memang medianya aja udah beda. Jadi ekspektasi juga harus dibedain lah ya. Cuma ya balik lagi, netizen banyak mau seperti gw udah ngebayangin dan membentuk karakter di benak sendiri. Ya akan beda pasti sama benak sutradara dan kru lain. Maaf ya tim produksi Aruna kalo aku agak rese karena aku emang rese tapi aku suka filmnya kok bener deh. Love.

So, wajib nonton ngga nih Mamah? NONTON LAH! Mau udah baca atau belom bukunya, nonton! Gw sih ngga nyesel sama sekali. Karena suguhannya emang bagus. Oh, dan ringan kok. Ringan bukan berarti kacangan lho, ya. Beberapa hal bisa dipikirin secara serius, karena tadi ada hal-hal yang bikin gw, "Wah semiotika nih!" gitu. Jadi, nonton ayo! Sisihkan seenggaknya tiga puluh lima ribu untuk ke bioskop karena visualnya laper-able sekali, qaq. Ya, atau tujuh puluh ribu boleh juga. Atau seratus ribu. Ngana akan dapet drama, komedi, sekaligus konspirasi. Hmm.

Satu lagi, mending makan dulu deh sebelum nonton. Makan berat, bukan camilan. Karena pulang dari bioskop, gw pengen rawon & sop buntut. Oh, sama kepiting. HHHHHHHH!

gengs

ps: gw sebenernya mirip kayak mereka kalo nyobain makanan sih. Bener-bener satu suap, gw akan mikir ini bahannya apa aja dan gimana cara buatnya. Apalagi kalo tipe cake gitu. Gw bahkan akan komentar dalam hati tentang...
"Ini terigunya kebanyakan. Kurangin 10 gram aja bisa bagus banget nih"
"Sayang nih ngocoknya kurang lama jadinya ngembangnya ngga fluff"
"Whipped cream ini pasti ngocoknya udah dari kemaren2. Teksturnya kering"
"Gemes deh manggangnya kurang 5 menit lagi pake api atas aja harusnya. Warnanya biar golden"


KOMENTAR MULU LUH!
*yamaap namanya hidup di dunia kuliner kak...
*ngorek pinggiran loyang*

You Might Also Like

1 komens

  1. lebih baik jangan minum kopi ya sebelum nonton nanti mabok kayak saya hehe

    ReplyDelete

Subscribe