Backpacking Series: Jatim Banget Nih - part 3

12:38:00 AM

.
DAY 3
21 Aug 2017

Di hari ini, gw menyambut kedatangan rekan trip yang bernama Ninna. Jadi dia sarap banget sih. Abis dari Kawah Ijen di Banyuwangi, doi naik kereta ke Jogja nonton Prambanan Jazz. Dari sana, cuss ketemu gw di Malang pada pukul 7 pagi. Surprisingly, dari Malang kita mau lanjut ke Surabaya. Jadilah si Ninna rutenya bolak balik. Bebas.

Setelah dia hadir di "kos-kosan" gw, kita pun lanjut ke penginapan selanjutnya. Sama-sama di Oro Oro Dowo, cuma tinggal jalan satu blok doang. Sampailah kita di Agustina Home. Kali ini, pesannya pake Airy Rooms, jadi fasilitasnya standar si Airy. Pas sampe, gw langsung bersyukur nginep disini dua malam. Enak tempatnya! Hah!



Untungnya, kita bisa check in jam 8 pagi itu. Nggak mesti jam 2 siang karena kamar kita udah siap. Pas masuk kamar, gw girang karena fasilitasnya yang ada AC, TV kabel, dan kamar mandi dalem. Sederhana banget emang kebahagiaan gw kalo ngebandingin dua malam sebelumnya yang tidur di kereta dan bunkbed kipas angin. Enaknya lagi si Airy ngasih minum sama snack yang hingga kini belum gw makan.

Setelah Ninna mandi, kita belum pergi. Kita...tidur. Sampe saatnya Dzuhur, shalat dan...kita mau kemana nih?

Iyak, backpacking trip ini tidak menggunakan itinerary alias rencana perjalanan alias travel plan. Jadi sungguh spontan uhuy. Bener-bener diputuskan beberapa menit sebelumnya. Fantastik.

Karena perut wajib diisi, kita pun menuju Rawon Nguling di daerah Zainul Arifin kalo nggak salah. Deket sama Ronde Titoni lah. Rawon ini cukup terkenal, terkenal, terkenal di udara. Salah satu wisata turis juga sih kayaknya karena klasik dan otentik.

Gw pesan nasi rawon dan Ninna rawon aja. Pas dateng, APA INI ADA SIDE DISH SEGEDE BABA?



SIDE DISHNYA BOKKKK


Side dishnya ada paru goreng manis, tempe, tempe mendol (kayaknya itu namanya), babat, entah apa lagi. Rasa nasi rawonnya, subhanallah mengguncang keimananku. Enak. Worth. Enak. Dagingnya banyak plus empuk, warna kuah dari kluweknya dapet (bukan sekedar air dikecapin), dan ah enak. Kita makan parunya, ternyata gede banget. Segede sajadah mushola. Gw kurang begitu suka paru, kecuali digoreng garing untuk rendang atau taburan di atas soto Padang (lidah Padang ga bisa boong). Nah, yang ini parunya manis dengan kealotan luar biasa. Jadi tadinya potong pake sendok, gagal, jadi tarik-tarikan.

Harganya...lupa. Asli lupa. Kayaknya nasi rawon gw 28K dan rawon doang 32K deh. Kayaknya yha. Oh, teh tawar panasnya asli enak banget. Sederhana kan selera gw? HAH!

Abis kenyang, kita googling mau kemana. Diputuskan segera Batu Secret Zoo alias Jatim Park 2. Gw pengen banget kesitu setelah liat IG storiesnya Dika dan Telini yang seminggu lalu kesana. Hewannya katanya unik. Oke. Gocar!

Sampe Batu cukup lama ternyata karena jauh. Ongkos Gocarnya sekitar 50rb something. Bisa dikira-kira kan? Nah, disitu gw baru tau ternyata Jatim Park 2 ini punya 3 objek, yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Sayangnya pas kesana kita cuma bisa ke Zoo dan Museum aja, karena waktunya ndak cukup kalo ketiga tempat. Alhamdulillah weekday, harganya murah deh. Untuk dua objek ini berdua sekitar 168K alias 84K per orang. Pricey buat backpacker? Emang. Tapiiii woooorth baaaangeeet!

Batu Secret Zoo
Tempat ini udah lama banget dibangun, tapi karena gw baru kesana, jadilah gw norak. Dan emang gw norak. Pas masuk, disambut oleh berbagai spesies monyet unik. Ada monyet kepala kambing, kepala singa, monyet kecil gemes, dan lainnya.



Kebun binatang ini menurut gw punya konsep yang bagus sih. Pengunjung selalu dikasih arahan belok kemana, jadi nggak bebas tiba-tiba nyasar di kandang uler. Selain itu, kebersihan disini terjaga. Ada tempat sampah dimana-mana. Kandangnya pun nggak bau. Heran gw. Pake Stella apa ya? Oh, mereka juga kayaknya jago ngulik insight pengunjung. Contohnya, toilet dimana-mana. Asli, kita nggak perlu nahan pipis karena jauh dan bau lantaran tiap (kayaknya) 50 meter, ada toilet bersih. Satu lagi yang jadi perhatian, kalo jalan jauh kadang lelah ya hayati. Disana selalu ada tempat duduk. Entah buat duduk capek, atau emang pengen bengong liatin pantat zebra yang super flawless.




LOVE YOU, NUTRIA
Karena ini kebun binatang, tentu marketnya luas dong, dari balita sampe lansia. Nah buat anak-anak, ada edukasinya kayak papan berisi trivia mulai dari tebak mata hewan, pertanyaan unik, sampe tebak motif macan. Trio kali, ah.

Bodo.

Intinya, aku senang disiniii!

Puas keliling dengan segala jokes nirfaedah, kita lanjut ke Museum Satwa. Ini isinya tentang hewan-hewan yang diawetkan. Gw langsung mikir film Night at the Museum sih. Kalo malem idup. Errr...

Disini juga bagus cuy. Setelah liat hewan aslinya, kita diajak buat liat hewan awetannya. Tapi yang paling gw suka adalah kupu-kupu. GILA BANYAK BANGET DAN GIMANA CARA NGUMPULINNYA INI? Waw. Oh satu lagi, di bagian kumbang, entah kenapa semua kumbangnya dibikin lagi kawin. Serius, tumpuk-tumpukan LIMA pasang! Ini iseng abis sih hahaha.


TAME...

Lelah berkeliling, maghrib tiba. Disitu ada mushola yang sayangnya tidak se-terawat area objek wisatanya. Huff. Abis shalat, laper dong. Sambil mikir mau makan apa, iseng cari tahu tentang BNS alias Batu Night Spectacular. Kalo naik kendaraan, katanya cuma 5 menit. Berhubung nggak ada kendaraan, kita jalan kaki aja ciyn. Lumayan juga jalan kaki di tempat yang nggak ada pedestrian walk-nya. Ngilu gimana gitu ada bus lewat disamping.

Sampe BNS, bayar tiket 30K per orang. Jadi ini semacam pasar malem dengan aneka lampu bertebaran sana sini. Gw sampe mikir ini berapa watt ya? Saat kita kesana, sepiii banget. Cuma ada segelintir pengunjung. Mau naik wahana juga ngilu karena bakalan kita doang yang disitu. Keliling-keliling ngga ada yang cocok. Mirip Dufan sih. Dufan dengan kearifan Batu. Setelah foto-foto tak tentu arah, kita nyari games receh ala pasar malem. Tau kan yang semacam lempar bola atau tembak-tembakan ala Timezone?
*Ciye ditembak

Muter-muter pasrah, eh nemu juga! Beli tiket IDR 10K/4 tiket. 1 tiket untuk 1 kali games. Dari games itu kita bisa dapet sticker poin sesuai ketentuan. Hadiahnya bisa dituker boneka. Mulailah tindakan bocah ilang. Coba games nembak bebek, basket, lempar gelang, hingga judi. Ehm. Judilah yang membuat sticker poin kita banyak. Ehm.

Setelah puas judi, kita pun lapar dan pengen pulang. Pas keluar dari area, jreng! Muncul banyak bis dengan isi orang puluhan *ratusan maybe?*. Gw shock lalu bersyukur jam segini udah pulang jadi nggak ketemu banyak banget orang yang baru mau masuk itu. Hvfft.

Kita pun lanjut makan tahu telor Bareng. Enak. Rasanya nggak berlebihan, pas gitu. Gw sulit menggambarkannya karena enak. Harganya cukup murah kok. Dibawah 15K. Kayaknya sekitar 10-12K deh.



Setelah menyantap, kita jalan kaki...pulang. Lumayan sih jaraknya. Cuma karena malem, jadi fine aja. Trus kita ketemu tempat makan es krim namanya D'Ice. Asli murah banget ini cuma 10K! Gw pesen rasa green tea dan ya ngga ketemu rasanya dimana ehe. Yang penting mam esklim.




Rekap info:
Agustina Home: 537K untuk 2 malam. Menyenangkan karena...patungan berdua hahaha
Rawon Nguling: Nasi rawon 28K & Rawon aja 32K
Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa): 84K
Batu Night Spectacular: 30K
Mainan pasar malam di BNS: 10K/4 tiket
Tahu Telor Bareng: 12-15K lupa
D'ice: 10K

Sampe penginapan jam 10an malem dan jumpa sesok~

NEXT: DAY 4

You Might Also Like

0 komens

Subscribe