Backpacking Series: Jatim Banget Nih? - part 2

12:36:00 AM

.
Langsung aja gimana nih bu?

Day 1
19 Aug 2017

Setelah mempersiapkan amunisi berupa air putih 600 ml, Pocky coklat, bantal leher diskonan Ace, dan buku fiksi baru yang ditulis temennya Syafiq, gw pun berangkat ke stasiun Depok Baru dianterin papa gw. Biasa juga sendiri, eh tumben doi mau anterin. Di commuter line, gw merasa gembira karena ditolongin orang buat naikin backpack 5 kilo ke atas rak tas. 5 kilo doang bangga. Lalu gw sampe stasiun Gondangdia dan naik Gojek ke stasiun Pasar Senen.

Gw naik kereta ekonomi Matarmaja dengan keberangkatan pukul 15:15 dan sampe Malang jam 08:00 keesokan harinya. It means gw akan nginep di kereta. Sendiri? Hyaiyalah. Sampe PSE (Pasar Senen), gw bengong karena masih jam 1. Akhirnya gw makan donat 3 biji di Dunkin Donuts. Kenyang? Engga lah.

Kereta datang dan gw langsung naik. Posisi duduk gw di bangku berisi tiga orang berhadapan dengan bangku isi dua orang. Gw duduk dekat jendela supaya bisa memandang keindahan pelukismu agung siapa gerangan. Di area duduk gw, isinya cowok semua. Gw doang cewek sendiri.

Ada suatu convo dengan bapak sebelah gw,

Bapak itu: Mas, kemana mas?
Mas 1: Tulungagung (kalo ngga salah)
Bapak itu: Kalo Mas?
Mas 2: Madiun
Bapak itu: Mbak, kemana tujuannya?
Gw: Malang, Pak
Bapak itu: HAH JAUH BANGET! *shock*
Gw: Engg iyaa... *LAH INI KAN KERETA KE MALANG, MASA GW MAU KE PONTIANAK?*
Bapak itu: Kenapa naik ini sih mbak? Kan bisa naik pesawat ato kereta eksekutif?
Gw: Emm.. Pengen aja sih pak.. *Oke style gw ternyata cocok untuk liburan ala koper*
Bapak itu: Kan lama nyampenya. 16 jam loh! Duduknya tegak begini. Pegel loh mbak. Mending sih eksekutif aja, ACnya lebih dingin, duduknya bisa luas selonjoran, lebih enak. Kalo naik ekonomi mah mending yang tujuannya deket aja, mbak.
Gw: Hoo gitu. Pengen aja ekonomi pak.. *pengen gw jawab, "suka-suka w mw apz u?" tapi ga sopan*



Bapak itu kemudian masih nyerocos tentang kenapa wanita sendirian macam gw mau-mauan ke Malang naik kereta ekonomi. Alasan gw naik kereta ekonomi adalah:

1. Biar kayak backpacker beneran
2. Murah bok
3. Gw penyuka perjalanan
4. *masih mikir*

Andddd here we goes! Selama perjalanan, gw masih senyum-senyum jumawa. Menikmati buku bacaan sambil sedikit kipas-kipas. ACnya pake AC split dengan suhu...anget. Mantep. Sementara matahari juga udah mulai silau. Makin mantep. Tapi yha karena emang ini pilihan gw, gw nikmatin aja.

Ternyata juga perjalanan jauh sendirian ini bisa dijadiin sebuah kegiatan me time yang baik buat gw. Di kereta, gw yang biasa pecicilan mengerjakan sesuatu ini jadi lebih kalem dan banyak mikirin hidup. Kalo kata orang, merenung. Gw beneran nggak mikirin pesanan kue, order artikel (meskipun ada revisi ternyata), tagihan asuransi, kapan kawin, dan lain sebagainya. Gw lebih mikirin diri sendiri. Kayak selama 27 tahun gw berkecimpung di bumi, ngapain aja. Bengong. Mikir lagi ntar 5 tahun kemudian gw jadi apaan ya. Bengong lagi. Mikir lagi gw sebenernya berguna dan berbakti pada dunia apa ga, apa gw jadi anak yang benar, apa gw jadi kakak teladan, apa gw udah jadi warga komplek yang budiman. Gitu deh. Sambil kayak bersyukur gw masih boleh, bisa, dan MAU nekat pergi sendirian tanpa rencana dan persiapan yang matang.

Gokil.

Semua berjalan normal. Hingga suatu ketika di deket stasiun Kedokangabus, kereta gw berhenti. Kenapa?

((( MOGOK )))

ketika mogok

Hahaha. Baru sampe daerah Indramayu, udah drama aja. Keretanya butuh diperbaiki dan para lelaki pada turun buat...ngerokok. Ngobrol dengan Bapak itu, katanya sekitar 20 menitan. Oh, sebentar. Kirain sampe 3 jam. Ternyata nggak sampe 20 menit dong. Cuma 15 menitan deh. Lanjut lagi.

Sampe Cirebon, kereta berhenti cukup lama. Karena ada pengisian air buat di WCnya. Gw sempet turun dan stretching. Tadinya mau sekalian pilates, tapi lupa bawa mat. Mat-t Damon. Stretching sana sini, nepok-nepok pantat yang mulai rata dengan bangku, gw pun menikmati semilir angin yang mana lebih dingin daripada di dalem. Di sini gw makin nikmatin solo traveling. Dimana gw nggak kenal siapapun tapi ngerasa aman aja. Setelah stretching bareng smokers, kita pun lanjut lagi.

Drama dimulai kembali. Gw laper. Gw butuh nasi. Gw pun menyetop mbak-mbak pramusaji kereta yang lagi bawa berkotak-kotak nasi ayam dan nasi goreng. Gw beli nasi goreng untuk makan malam, sekitar jam 8an. Gw unboxing si nasi goreng dengan penuh rasa lapar. Pas dibuka...

Menyeruak aroma aneh... Aroma...

MENUJU BASI. 

Hahahahak! Jadi, nasinya udah agak berlendir. Buat yang cuek atau malah nggak tau, makan aja pasti. Tapi karena gw tau dan gw takut perut bermasalah (hari sebelumnya gw ada masalah pencernaan) dan toilet kereta is so no no, jadi gw urungkan makan nasgor itu. Gw makan telor ceploknya aja. Jadilah gw diet karbo untuk malam itu.

Asli laper. Akhirnya gw makan Pocky. Sampe bosen. Sampe ngantuk. Tertidur. Kayaknya tiap jam gw kebangun deh. Karena pegel luar biasa. Pantat gw panas. Ledes. Punggung gw agak biasa aja sih, soalnya gw emang kebiasaan duduk tegak lurus. Pinggang? Jangan ditanya. Khan maen, bg!

Hoahmmm... Nganjuk nih belom tidur *digetok*

DAY 2
20 Aug 2017

Lalala akhirnya Subuh tiba. Tayamum. Shalat seperti Maghrib dan Isya di hari sebelumnya. Yes, dimana pun gw berada, shalat nggak bisa ditinggal, sama kayak pake baju. Mutlak. Prinsip. Ternyata di depan gw udah nggak ada Mas Tulungagung dan Mas Madiun. Berganti ke adek berhijab yang kerjaannya tidur mulu. Mau gw ajak ngobrol, tidur lagi dia. Oh, Bapak itu juga udah turun di Indramayu, berganti sama dua bapak-bapak berpeci. Gw doang emang yang setia. Band kali ah, Setia.

Sampe Malang, gw turun dengan lega karena pantat gw terselamatkan. Stretching bahagia. Pesan gw nih, kalo sekiranya nggak kuat, mending urungkan niat buat naik kereta ekonomi selama 16 jam 36 menit. Karena, orang normal aja yang ga bermasalah sama postur tubuh aja, ngeluh. Apalagi kalo ngana ada masalah, misal backpain atau scoliosis kayak hamba. Asli, kalo ga niat-niat amat, mending naik pesawat. Daripada mesti nahan sakit sendiri dan ngeluh ke banyak orang ya kaaaan~

Lanjot. Sampe stasiun Malang Baru, gw cari makan sekitar stasiun. Adalah Soto Basket. Masih sepi, gw masuk aja. Gw pesen nasi rawon dengan harga IDR 11K. Menakjubkan. Isinya, tentu tak kalah menakjubkan. Sesuai harga, dagingnya hanya 4 slices haha. Rasanya, yaa... sesuai harga. Hahaha.



Abis ngobrol sama ibu-ibu yang makan bareng, gw melanjutkan perjalanan menuju Lawang, ke rumah tante gw. Dari stasiun, gw naik angkot menuju Terminal Arjosari. Lalu dari sana, akan lanjut naik angkot lagi menuju Pasar Lawang. Beuh, kurang backpacker apalagi coba, naik angkot sendirian di kota orang! Seumur-umur, gw belom pernah nih.

Di angkot, gw ketemu alay Bandung. Asli, emang alay, cuy. Rambutnya ga nahan, polem. Polemik banget liatnya. Logatnya Sunda kental. Gw awalnya biasa aja. Hingga kemudian dia pinjem hp temennya buat video call sama cewek...

Pemuda: Halooh! Hai! Haloh! Sisil? (Gw lupa nama aslinya. Gapapa, anggap nama disamarkan)
Cewek: I...ya. Ha....lo. *putus-putus sinyal jele'
Pemuda: Sil! Saya teh udah sampe nih! Sampe! Iya sampe!
Cewek: Haloh!
Pemuda: Halooh! Saya udah sampe!
Cewek: Dimanah?
Pemuda: Di Malang!
Cewek: Haloo..ooh! Dimanaaah? Manah?
Pemuda: Saya udah sampe Sil! Ini di abis dari setasiun Malang
Cewek: Haloh.. Halooh?
Pemuda: Haloh. Haloh? Sil! Malang nih.

Gw iba dengan pemuda yang kayaknya menghadapi sinyal jele' sehingga si cewek terkesan budeg. Tadinya, gw nggak ngeliat langsung bagaimana video call terjadi, karena dia duduk di belakang dan gw di deket pintu keluar. Sesaat iseng gw nengok ke si pemuda pas dia lagi delay nunggu respon, dan apa yang terjadiiiii?

DOI BETULIN PONI SAMBIL BERGAYA DENGAN TELUNJUK DI DAGU MACAM MAU SELFIE DAN HAPENYA DIANGKAT TINGGI-TINGGI!

kurang lebih begini (source: forum detik)

What? Gw langsung pengen dzikir. Akhirnya gw memilih gigit bibir nahan ketawa. Asli ini terminal Arjosari jauh banget apa gimana sih w nda tahan pengen ngakak!

Cewek: Dimananyaaa?
Pemuda: Malang nih! Sisil dimananya?
Cewek: Emm.. Di ** (lupa)
Pemuda: Woh... Jauh nggak?
Cewek: Dua jam lah..
Pemuda: Euh, jauh pisan yaaah..

Jadi kayaknya pemuda mau ajak kopdar cewek Malang (baik tempat tinggal maupun nasibnya ya) ini. Namun karena jauh, ngga jadi deeeh~

Setelah tarik napas sedalam-dalamnya karena nahan ketawa, gw pun diberitau supir untuk turun di bawah flyover aja. Biar angkot ke Lawang nggak ngetem. Bener aja, gw naik angkot yang dimaksud, dan langsung jalan menuju Lawang.

Untuk menuju Lawang, ternyata cukup jauh. Lewatin daerah yang bernama Singosari. Di situ ada bakso sumsum yang terkenal ribet tapi sungguh enak bagaikan cinta yang bersambut. Gayung kali ah. Nah, sayangnya gw nggak sempet makan itu.

Setelah sampe Pasar, gw turun. Nunggu dijemput tante gw menuju rumahnya yang terletak di Sumber Porong. Disana ada RSJ Radjiman Wediodiningrat alias RSJ Lawang. Awalnya, gw ketawain. Setelah lihat langsung, YASALAM INI GEDE BENER! Asli, gw nggak nyangka seluas ini. Saat itu gw pikir segede RS Fatmawati. Tapi kayaknya lebih ke RSPP kali ya. Ah entah pokoknya gede banget. RSJ ini ternyata jadi rumah sakit jiwa rujukan nasional. Gw nggak kebayang berapa banyak pasiennya. Oh, katanya jaman dulu, pasiennya suka banyak yang kabur ke komplek perumahan. Oke. Yak. Oke.

Di rumah tante, gw mandi dan makan. Hamdallah akhirnya aku mandi! Abis itu, kita rencana mau jenguk salah satu eyang gw yang lagi dirawat di RS Persada, Malang. Sebelum itu, gw cobain Bakpau Telo dan es krim telo. Telo itu ubi ungu.

mirip sorbet kan?

kenyang

Rasa bakpaunya ya rasa ubi. Bakpau rasa ubi dengan filling cokelat dan satu lagi keju. Kejunya banyak. Enak. Lalu es krimnya hmm ya rasa ubi. Teksturnya lebih mirip sorbet jadi gampang leleh. Ya, sama lah kayak diperhatiin si dia, gampang leleh.

Bodo.

Setelah dari RS, rombongan beralih ke salah satu bakso yang tak kalah terkenal. Adalah Bakso Solo Kidul Pasar. Denger-denger, baksonya enak. Gw buktikan...dan emang enak haha. Isinya cem ni





Banyak. Mirip bakso Malang tapi katanya bukan. Ya gw nurut aja selama itu makanan enak. Kuahnya dari kaldu beneran jadi bukan mengandalkan mecin semata. Lucunya, bakso ini dimakan dengan lontong. Iya lontong! Gw abis makan nasi di rumah tante, tak kuasa menahan hasrat makan bakso pake lontong. Ow yeah. Kenyang hingga ingin cry.


Abis itu, cus ke hostel yang sudah gw pesan melalui Traveloka. Hostel ini terletak di daerah Oro Oro Dowo, tepatnya jalan Merbabu. Namanya Kavie Hostel. Gw tidur di kamar untuk satu orang dengan bunkbed. Padahal mah satu aja ya ranjangnya. Ini untuk satu orang, tapi bunkbed. Bebas lah.

Hostelnya lebih mirip kos-kosan. Selama gw di sana dari mulai check in sampai besoknya, tamu ceweknya gw doang kayaknya. Cowok mulu yang seliweran.

kamar w

Kamar mandinya ya so so. Jangan ngarep lebih lah kalo mau murah ala backpacker. Sing penting ratingnya bagus, murah, dekat kemana-mana, dan ngeunah. Selama gw disana dari maghrib, gw nggak ngerasa takut sih meskipun sendirian. Gw lebih ngerasa bosen karena bingung pengen ngapain lagi. Akhirnya jam setengah 7, gw pesen gojek buat ke Ronde Titoni di jalan Zainul Arifin.

You know what? Gojek gw kelewatan karena dia nggak tau letak Ronde Titoni. Oke. Muter lagi karena one way. Setelah memastikan titik di Maps, kok nggak ada tanda-tanda? Iseng gw nanya bapak-bapak, dan dia berkata, "Oalah mba, rondenya tutup iku! Minggu kemarin ada, kok ya hari ini tutup..."
*insert lagu Mengheningkan Cipta*

Gw nanya apa ada ronde lagi sekitar sini, dan kata doi ada 50 meter doang. Oke gw jalan kaki menuju ronde yang bernama Tahwa Mas Agus. Gw sesungguhnya nggak tau tahwa itu apaan. Jadi pas pesen, "Mas, satu ya!" itu gw ga tau apaan yang gw pesen. Ikut orang aja hahaha. Kemudian hadirlah...

KEMBANG TAHU!

Ya. Oke. Hamba kira ronde. Ya.



Enak sih. Kedelenya berasa banget dengan tekstur yang lembut seperti belaian Bunda Teresa. Kuah jahenya, manis pedes kayak gosipan tetangga yang nyuruh kawin. Beuh. Setelah bengong di Tahwa, mikirin idup lagi, kepedesan kuah jahe, bengong, gw pulang ke hostel dan tidur dengan proper pake kasur. Alhamdulillah pemirsa tepuk tangannya mana?

INFO:
KA Matarmaja: IDR 110K (mending cari KA Jayabaya. Harganya 220K sih, tapi lebih nyaman) (sodara gw bilang, ada kereta ekonomi yang baru, namanya KA GBMS. Lebih murah dari Jayabaya, fasilitasnya ngeunah!)
Angkot: sekitar 3K-5K
Hostel Kavie: IDR 80K (FANTASTIK BUKAN? Beli di Traveloka aja. Cuma ya ga dapet breakfast)
Tahwa Mas Agus: IDR 7 atau 8K gitu untuk si tahwanya. Ada ronde juga kok doi.


NEXT
DAY 3!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe