Korea x Pandemi: TV Show Show Show

10:49:00 PM

 .

Ehm, karena 5 drakor nggak cukup menggambarkan kegiatan gw di 2020, maka gw hadirkan juga TV show Korea yang gw tonton! Sebenernya jauh lebih banyak TV show yang gw tonton dibanding drama. Karena membuka cakrawala gitu #apeu

Jadi setelah nonton Hospital Playlist, gw istirahat dari dunia drakor. Gw memilih nonton Defending Jacob karena ada Chris Evans jadi bapak ganteng nan penuh wibawa di situ. Setelah itu selesai, gw bingung mau nonton apalagi. Akhirnya sodara gw, Dhira, memperkenalkan gw dengan TV show Coffee Friends daaaan disitulah mulai perkara. Gw can't stop won't stop nonton TV show :((((

source


Ketulah kok bertubi-tubi.


Secara cukup banyak yang gw tonton (buat gw, banyak), jadi gw klasifikasi berdasarkan tema/genrenya aja ya. Mostly lebih ke cooking, traveling, parenting, dan ada 1 yang gw ngga tau apaan temanya haha. Mari kita sibak!

COOKING

Coffee Friends

source


Tau dong kenapa gw nonton ini? Yap, karena ada Yeon Seok hahahahaha. Disitu dese masak serius yang emang masak gitu. Pusinglah gw. Oh iya, TV show ini gw paling suka sih di antara cooking lain karena eyegasm banget.

Sinopsis: Dua orang sobi, Yeon Seok & Ho Jun, bikin cafe charity gitu di Jeju. Dia "nge-hire" Se Jong dan Ji Woo buat bantuin running ini cafe. Tiap episode ada guest yang kerjaannya kalo ngga nyuci piring, ngewaiter, ato jualan jeruk biar incomenya gede. Intinya gitu. Gw suka banget sama sinematografinya. Asli the best! Istilahnya "beauty shot". Bikin laper atau kalo sekarang, bikin pengen nongkrong di kafe tanpa embel-embel protokol kesehatan.

Pesan moral: running a cafe itu encok se-encok-encok-nya. Pilih peralatan masak yang emang horeka (hotel, restoran, kafe), jangan rumahan. Kelamaan matengnya. Oh, satu lagi, giling kopi itu pegel.


Three Meals A Day (3MAD)

source

Gw nonton 3MAD ini cuma season Fishing Village 2, Gochang Village, dan yang terbaru Fishing Village 5. Intinya gw cuma nonton yang castnya Cha Seung Won, Yoo Hae Jin, dan Son Ho Jun doang hahaha. Gw suka banget chemistry mereka bertiga, terutama om-om dua itu yang kayak ngejadiin si Ho Jun anak. 

Sinopsis: Para casts bertahan hidup di suatu desa dengan memanfaatkan bahan makanan yang ada di sekitarnya. Kalo butuh sayur, harus metik. Kalo butuh ikan, harus mancing. Kalo butuh daging, harus kerja dulu biar dapet duit. Di salah satu episode ada yang ngga dapet ikan sama sekali, akhirnya makan malem pake ubi ama kentang doang. Seret, bang. 

Season favorit gw yang Gochang Village. Disitu mereka berempat nambah si Nam Joo Hyuk. Di season ini lebih menarik karena banyak kegiatan kayak nanem padi, panen buah sayur, PIARA BEBEK (ini gemes banget), sampe foto keluarga. Jauh lebih menarik daripada fishing village sih.

Pesan moral: bisa belajar bikin kimchi dan masak makanan Korea ala Seung Won. Trus juga jadi lebih menghargai makanan yang didapet di alam tentunya


Youn's Kitchen 2

source

Gw cuma nonton yang di Spanyol, tepatnya Garachico. Season pertama mereka di Gili Trawangan, tapi gw cari website nontonnya ngga nemu, jadi nonton sepotek-potek di Yucub aja.

Sinopsis: Aktris legend, Youn (maap gatau nama lengkapnya), running a Korean restaurant in foreign country gitu. Dibantu sama Yumi (masih ngga tau namanya juga) dan Lee Seo Jin si om-om berhati beku. Di season 2 ini hadir juga Park Seo Joon jadi mas-mas waiter yang suka dibilang ganteng sama bule. Jujur, gara-gara nonton ini gw baru tau si Seo Joon ini yang main di Itaewon Class hahahaha. Ya maap. 

Pesan moral: Gw jadi tau dikit bahasa Spanyol dan jadi pengen jalan-jalan.

Not my fave sebenernya karena apa ya, kurang greget aja sih haha. Tapi kalo ngana funs-nya mas waiter, sok aja nonton. Rambutnya bagus di sini kayak lagi menang award.


PARENTING

Return of Superman

source

Dari zaman Triplets dan Twins, gw masih selalu nonton. Tapi yang sekarang cuma di Youtube aja, bagian Hammington's Family & Gary's Family. Sama kalo mereka lagi special episode, gw tonton.

Sinopsis: Bapak yang ditinggal sendiri ngurus anak selama 48 jam tanpa istri dan baby sitter. Simpel ya sinopsisnya, tapi haduh puyeng.

Pesan moral: Banyaaak banget pelajaran parenting dari tayangan ini. Must watch.


Little Forest

source

Diracunin sepupu gw, Aliya, ini juga must watch sih. Awalnya nonton ini gara-gara pengen liat Seo Jin interaksi sama bocah. Lama-lama jadi sayang semuanyaaa. Oh iya, di sini gw juga baru tau ada orang namanya Lee Seung Gi. Sering denger namanya tapi baru tau bentukannya.

Sinopsis: Empat orang dewasa yang belom nikah wajib ngurus bocah 3-6 tahunan di suatu area super luasss selama 2 hari 1 malam. Seo Jin jadi koki Mr Lee, Seung Gi jadi om-om penuh energi, Na Rae jadi tante-tante penuh energi, dan So Min jadi tante-tante penuh kasih sayang. Di sini gw fokus banget sama chemistry Seo Jin dan Brooke, anak 4 tahun blasteran Kanada yang Seo Jin sayang banget. Macem kakek ama cucu. 

Ada cinta segi sekian di sini. Om Seo Jin suka Brooke. Brooke disukain sama Yi Han. Yi Han sayang sama Om Seung Gi. Om Seung Gi suka Yu Jin. Yu Jin suka tante So Min. Tante Na Rae sayang Yi Han. Yi Han suka Ga On. Ga On suka Jeong Hon. PUSING KAN LU.

Pesan moral: Sama kayak Return of Superman, di sini banyak yang bisa diambil. Mulai dari bikin makanan buat anak, mainan apa aja, sampe cara handle ketakutan anak. So Min sama Seung Gi sampe ngambil sertifikat psikologi anak cobak ckck. Seo Jin ambil sertifikat bikin masakan anak. Ckck.


TRAVELING

Youth Over Flowers: Laos

source

Ini TV show kedua setelah Coffee Friends. Lebih kepada...goblo ini trip.

Sinopsis: Pemeran Reply 1994, Yoo Yeon Seok, Son Ho Jun, Baro (gw ngga tau ini namanya kok cuma dikit sih?) dikerjain untuk trip dadakan ke Laos. Dadakannya kayak 2 jam lagi boarding. Gila kan. Mereka ngga bawa baju sama sekali, bener-bener yang nempel di badan. Di sana mereka kudu trip dengan budget yang dikasih. Seru konsepnya. 

Pesan moral: persahabatan dibuktikan dengan tukeran celana dalem dan kapan lagi ngeliat mereka macam bocah kampring yang lagi karyawisata ke Cibodas? Sumpah mirip.


Korean Hostel in Spain

source

Setelah menjelajah 3MAD, gw nemu ini ngga sengaja. Wah fave sih! Jadi dia tuh spin off-nya 3MAD, tapi cuma ada Seung Wong dan Hae Jin. Gantinya Ho Jun itu Bae Jung Nam. Tapi tetep menarik sih. Ngga bosenin. Meski sama-sama di Spanyol, TV show ini lebih menarik dari Youn's Kitchen menurut gw.

Sinopsis: Mereka bertiga running a hostel in Villafranca del Bierzo. Hostelnya ini buat backpacker yang pejalan kaki ratusan km gitu. Tujuannya apa lupa gw. Nah, karena banyak Korean yang jadi backpacker, mereka bikin deh itu hostel buat 14 hari. Menyenangkan banget soalnya liat Seung Won masak dengan rambut rapi dan tanpa kumis itu sesuatu sih haha. Trus kalo tim dapur (sama si Jung Nam) lagi belanja keperluan ke toko, aseliii udah kayak lagi photoshoot secara mereka berdua model. Lain lagi si Hae Jin yang bikin peralatan sendiri dari kayu yang ada dan namain produk bikinanya, IKEYO! Lawak sih ini.

Pesan moral: Sebenernya dalem sih, lebih ke refleksi diri gitu selama perjalanan ratusan km (kalo jadi backpackernya). Kalo jadi yang menjalani bisnis hostel, wah ada masa dimana mereka ngga ada tamu satupun. Sedih banget udah masak banyak tapi ga ada yang dateng. Satu lagi, IKEYO!


Twogether

source


Nah, ini baru dan cukup terkenal sekitaran tengah tahun (tapi gw baru nonton November ini). Gara-gara Lee Seung Gi dan Jasper Liu trip ke Jogja dan Bali, trus makan di Mbah Satinem. Rame. Gw nonton ini sebenernya karena penasaran sama mereka di Jogja sih. Soalnya cukup rame di timeline Twitter gw.

Sinopsis: Mereka berdua trip ke berbagai negara dan menjalani segala rupa challenge (yang kok susah ya) buat nantinya ke rumah fans-nya di kota tersebut. Konsepnya menarik kayak nonton The Amazing Race. Chemistry mereka berdua lumayan oke karena Seung Gi petakilan & jail dan si Jasper pasrahan. Sungguh kombinasi yang nemu aja sih.

Pesan moral: Jangan mau diboongin temen seperjalanan & tidur pake piyama silk biar terkesan mewah.


Friday Joy Package

source

Sebenernya gw nonton ini ngga sengaja karena ada cuplikan di Youtube, Seo Jin lagi jalan-jalan ke New York. Trus ternyata ada segmen si Seung Gi jadi buruh pabrik. Yaudah gw nonton deh bener-bener cuma dua segmen itu doang hahaha. 

Sinopsis: Seo Jin jalan-jalan ke NY buat mengenang masa sekolahnya dia. Ya yaudah gitu aja sih. Seunggi selama 10 episode kalo ngga salah, kudu kerja sehari di pabrik yang berbeda. Ini menarik banget buat gw setelah nonton Twogether. Karena gw tadinya ngga tau Seung Gi orangnya segeblek itu. Pas di Twogether, kok ngaco ya ini orang. Di FJP ini gw liat emang selalu ngaco apa ngga. Oh ternyata iya gaes. Oke. I like.

Pesan moral: Diambil dari segmen Seung Gi, JANGAN CONGKAK nanti gagal mulu.


GATAU GENRENYA APA

Masters in the House

source

Currently watching dan menarik! Beda sama yang di atas sih karena ini lebih ke variety show lucu-lucuan. Awalnya gw ngga suka tipe kayak gini, Running Man aja gw kurang suka hahaha. Gw nonton lagi-lagi karena nemu di Youtube, ada Seo Jin dan Seung Gi. Penasaran acara apa, nonton episode itu doang. Eh, keterusan sampe sekarang. Di situ gw jadi tau Seung Gi emang seglek anaknya. Emang si congkak tapi emang sudah mendarah daging nampaknya hahaha.

Sinopsis: Lee Seung Gi, Lee Sang Yoon, Yang Se Hyeong, dan Yuk Seong Jae kudu menghabiskan 2 hari 1 malam bersama master (sabu) sesuai bidangnya. Jadi mastersnya mulai dari aktor, penyanyi, penulis, olahragawan, sampe firefighter. Mereka kudu menjalani kehidupan seperti masternya itu. Seung Gi pun pernah jadi masternya dan ternyata emang qualified sih meski congkak. Oiya, sekarang Sang Yoon dan Seong Jae udah cabut diganti sama Shin Seung Rok, Cha Eun Woo, dan ...gw lupa si senjata kejut itu namanya siapa hahaha.

Beberapa episode ada yang yaudah aja gw suka skip. Beberapa episode lainnya ada yang favorit gw, kayak episode yang ada Cha In Pyo, pas ke LA, pas ke New Zealand, JYP, pas mereka ultah, fire fighter, ke Aomori, stuntman, dan segala yang olahraga. Gara-gara gw nonton dari awal (mereka udah episode 150 btw), ada beberapa episode menarik lain yang gw lupa haha. Pokoknya itu fave gw lah.

Pesan moral: Banyak. Meskipun kayak cuma lucu-lucuan dan kadang ada slapstick yang over, tapi pesan moral dari beberapa masters ini enlighting sih. Bahkan gw pun jadi terinspirasi. Salah satunya episode Cha In Pyo yang RIGHT NOW, dia bilang kalo ada kesempatan, ya lakuin right now jangan sampe nyesel nantinya. Jangan nunda-nunda gitu. Oke.


WAAAA BANYAK AMAT YANG GW TONTON! Ya pokoknya itu list TV show Korya yang gw tonton selama pandemi ini deh. Gw ngga nyangka ketulahnya udah keterlaluan ini namanya yo guys! Yaudahlah buat yang khilaf baca ini, selamat memutuskan mau nonton apa mau bobok aja!

Hippie new year!


You Might Also Like

0 komens

Subscribe