BLEKI dan PLEKI

9:29:00 PM

ngalohaaa!

saya cuma mau pamer kamera saya. sekalian ngasih tau buat yang nanya2 atas ke-nyasar-an-nya di blog saya terdahulu pada post ini cin.
oke gw bakal memberitahukan bagi yg penasaran bagaimana cara kerja kamera lubang jarum. sebenernya gw juga ga ngerti, tapi lebih baik sotoy daripada ga sama sekali. ya kan? itu prinsip hidupnya nyokap daripada gw tuh.

oke, ini kamera guweh. si bleki dan pleki


kenapa namanya bleki dan pleki? gw asal doang sih sebenernya tadi. si bleki itu yang di kanan, dan pleki yang di sebelah kiri. gw bikin bleki itu pas pertama kali gw ikutan pinhole pas banget sama PINHOLE DAY di monas. ada wartanya disini. dan disebelahnya itu bernama pleki. pleki gw bikin pas hunting di terminal blok m. warta berita, ada disindang. aku cinta BLEKI dan PLEKI!! kiw kiw.


nah ini gw akan sok-sok an menunjukkan apa yang harus ditunjukkan. 


pertama. gambar yang gw tunjuk itu, iya itu telunjuk gw, adalah bolongan yang dibolongin pake bor



ga keliatan? nah itu gw buka tuh lensanya. bolongannya keliatan kan? nah yang ada jempol gw, iya itu jempol nak, itu adalah si lensanya.



dalem kaleng sama tutup kaleng harus super gelap. makanya di pilox pake pilox item yang doff/ doft/ dove/ hah?



barulah dimasukin kertas foto. biasanya makenya ilford merit. tapi pas hunting ultah KLJI, ada juga yang teksturnya laen. cari aja lah. oia masukin kertasnya harus di tempat super gelap. kalo mo ada penerangan, paling pake lampu warna merah yang cahayanya 5 watt doang. biasanya kalo reload kertas itu pake suatu benda bernama CHANGING BAG! bentuknya kayak baju tapi itu bag buat kita masukin kertas karena si kertas kan ga boleh kena cahaya (kecuali yaa si 5 watt itu)



dan ditutup pake lakban supaya kedap cahaya. biar ga bocor gambarnya.




ini penampakan "shutter"nya si pleki. yang bentuknya diamond itu yah si lensanya.



kalo ini penampakan "shutter" si bleki. jauh lebih tidak cakep ya. namanya juga bikin pertama kali men



yak itulah sedikit pameran kamera masa depan (sebenernya masa lalu) punya gw. semoga buat yang nanya2 penampakan kamera kaleng lubang jarum punya gw itu kayak gimana, bisa di cekidots kan sekarang. oke2 time out! waktunya bobo bersama bona dan rongrong karena besok jam 3 pagi gw harus ke bandung, lanjut ke sukabumi, dan besoknya dari si dua besok itu gw mo ke puncak bersama teman kampus untuk...

hahaha. maaf ga bisa dikasih tau yaa. oktober akan gw kasihtau!

gubay! salam aduhay!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe