kursus bahasa Parung

12:45:00 AM

pada suatu malam, gw sama adek gw ngobrol. kita sama-sama ga bisa tidur tuh. abis ngobrol panjang kali lebar sama dengan luas, tiba-tiba sampailah pada obrolan yahud. BAHASA PARUNG!

well, (bahas bahasa Parung tapi ngomong "well". ga pantes lu dhe!) iya bahasa Parung itu kalo dideskripsiin adalah bahasa Betawi yang dipadupadankan dengan bahasa Sunda gagal dan bahasa sehari-hari. jadi pada malam syahdu itu, gw sama adek gw ngakak-ngakak ngomongin bahasa ajaib itu. gw kagum sama yang bisa ngomong bahasa itu. sampe akhirnya, gw inget bahwa teman seperSMA gw yang bernama Rendhy, itu jago sekali berbahasa planet itu. biasanya gw suka nonton twitter kalo dia lagi ngobrol sama teman-teman sejenis lainnya. sejenis komodo.

akhirnya besok malamnya, gw YM sama si Rendhy. simaklah:

rendhychristian: Ngapa bae kamuh mau belajar bahasa parung?
midonyaharu: abis kocak bang
rendhychristian: Lantaran kita be berkedaman dikisaran parung?
rendhychristian: Kediaman*
midonyaharu: la yak iyak pan
rendhychristian: Langsung mulai aja yak
midonyaharu: ajarin be

dan ini yg dapat gw simpulkan.

KAMUS BAHASA PARUNG!

Gelenjotan : bergelantungan tak ubahnya se-ekor kera
Daon kajar2 : jenis dedaunan sejenis daun plendot
Daon plendot : jenis dedaunan sejenis daon kajar2
Mindo : mengikuti / menginap 
Madang : makan
Lampu : lampu
Gradagan : rusak / tak layak dilalui /atau kondisi muka habis di amuk massa 
Bocah pletesen : anak kecil yg hobby bermain playstasion
Bocah ora kola : anak kecil yg tidak lagi bersekolah
Erag erag : menggoyang2kan sesuatu yg besar sampai hampir rubuh
Haji jackson : makelar kambing
Nyemplak : posisi dimana celana dalam menyempilkan diri diantara belahan saluran feses
Nontot : posisi dimana celana dalam pria yg kekecilan mengakibatkan 'anu' nya menyembul




*yang terakhir ga enak*

dan gw juga mendapat tambahan pelajaran dari sang suhu. suhu ini memakai kurikulum berbasis kompetensi. tensimeter.

rendhychristian: Saya kurang paham kosakata spesifik betawi parung,karena mereka banyak menggunakan kata2 saduran bahasa asing juga
midonyaharu: contohnya?
rendhychristian: Juug dikata kalo kiper golin mah mrekel*
rendhychristian: *miracle

rendhychristian: Disawangan parung jarang pake bahasa serapan
rendhychristian: Lebih sering pake kata2 baku
midonyaharu: iya apah?
midonyaharu: macam mana?
rendhychristian: Dikata bocah nyangka kita yang ora2 bae akibatnya lu semua yg kena imbasnya
midonyaharu: wah baku juga ya
midonyaharu: kurang seru
midonyaharu: asikan yang pake kata sejenis "bagen be"
rendhychristian: Bagen be,kita mah ora semenggah tsi ngelongoknya,ora resep tampilannya itu bocah,kurang tapi anu


entahlah apa artinya. terus hasil kursus ini, gw twitpic




alhasil, si Bhakti pengen ikutan juga. dia ingin pintar. ya semua orang memang ingin pintar. maka gw dan Rendhy membuat sebuah sarana bernama CONFERENCE. simaklah...

rendhychristian: Haloh...malam selamat,makasih buat atensi nya..
midonyaharu: haiiii bapak
bhaktibhakti@ymail.com: atensi dan iskaksi? (duo komedian lawas...)
midonyaharu: #hudini
rendhychristian: Lantaran kita bocah sawangan,kita be hendak bicara menggunakan bahasa kegedean kita
rendhychristian: Ora ngapah?
bhaktibhakti@ymail.com: mengapa demikian di zaman serba edan harga serba naik... sujiwo tejo pake topi koboi...
midonyaharu: suhu, aku masih nyubi di bahasa perparungan
midonyaharu: nyubi dan nyingkong
rendhychristian: Ora usah gundah cez
bhaktibhakti@ymail.com: :|
rendhychristian: Semua bisa karena dibisa2in :)
bhaktibhakti@ymail.com: bagen be bagen...
midonyaharu: bijak be lau

ga penting. maaf. yang penting kita sama-sama belajar bahasa Parung. bahasa yang akan diakui seantero dunia. dunia laut. selamat sahur!

salam gelenjotan!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe