IN A PINHOLESHIP WITH...

8:58:00 PM

Cilukba! 

Gw pada suatu hari Jumat sore, berkongkow gaul sama Ninna dan Safiq di Jco Citos. Dari ngomongin yang ga bener, sampe tetep ke yang ga bener. Kapan sih bisa benernya? Susah tauk. Nah diantara ketidakbeneran itu, ada sebuah ngayal bego. Menganalogikan pinhole dan hubungan percintaan. Bingung? Iya gw juga. Yaudah tidur aja yuk, besok telat loh..

*narik selimut*


*selimut pak RT*

Abaikan. Jadi kita bertiga bikin sebuah analogi yang berjudul


In a Pinholeship With...


Ehm. Hubungan percintaan itu kayak pinhole. Coba ya bayangin. Kita sebelom bikin kamera, pasti nyari kalengnya dulu kan? 

Nyari kaleng tuh ibaratnya kayak nyari kecengan. Nyari kemana-mana. Kadang ketemu kadang enggak. Kadang kita pikir di tempat itu ga ada kaleng, eh ternyata ada. Yaudah akhirnya kumpulin dulu dong kaleng-kaleng itu. Yah kayak “ngumpulin” kecengan.

Pilih nih kalengnya yang mulus dan bagus supaya hasilnya keren. Kayak milih yang cocok untuk dijadiin gebetan lah ya. Abis itu kalengnya dibolongin dan di pylox. Tujuannya supaya dari satu titik aja cahaya masuk dan ga mantul-mantul karena dalemnya item. 

Nah sama tuh kayak gebetan. Kita ngelobangin hatinya biar cahaya kita masuk dan mencegah biar cahaya-cahaya lain ga masuk. 

Untuk bisa moto, butuh lensa. Ngamplas dong sampe halus dan jangan sampe bolong/rusak. Emang waktunya lama, kan biar hasil fotonya bagus. 

Ibarat si gebetan tadi nih, kita berbuat sesuatu yang bikin hatinya jadi halus dan lembut sama kita. Alon-alon asal kelakon. Eh tapi kita juga jangan terlalu berlebihan. Ntar dianya bete. 

Saatnya dibolongin si lensa. Perlahan biar bolongannya pas, ga kegedean dan juga ga kekecilan.  Supaya cahaya yang masuk bisa okeh. 

Sama juga nih. Kita juga harus bikin “lubang” di hatinya supaya kita bisa masuk ke hati dan pikirannya dengan okeh. Perlahan aja ga usah buru-buru

Lensa pun ditempelin ke badan kamera pake lakban item. Tujuannya biar kedap cahaya yang nantinya cuma ada satu cahaya yang masuk. 

Yah masih sama sih kayak hati tadi. Kita nutupin semua akses cahaya lain supaya hanya kita yang bisa masuk ke hatinya dia

Saatnya masukin kertas di dalem changing bag. Meraba dalam kegelapan. 

Nah sama juga saatnya untuk pedekate lebih dalem. Ya emang masih “gelap” soalnya kita belom tau hasilnya. Belom nembak.
Saatnya nembak objek. Sang objek harus fokus supaya hasilnya ga ngeblur. Pelan-pelan buka lensa, itung. Tutup. Hasilnya bikin degdegan antara jadi foto apa enggaknya. 

Ini dia saatnya nembak dia si gebetan. Si gebetan harus kita bikin dia fokus ke kita supaya dia yakin kita serius. Pelan-pelan nyatain dan nunggu jawaban dia. Degdegan kan bray?

Di darkroom kita bakal tau jawaban hasil foto kita kayak gimana jadinya. Masukin foto ke developer, fixer, stopbath, dan yang terakhir air bersih supaya bebas dari bahan kimia. 

Nah darkroom ini ibaratnya pikiran si gebetan. Dia berusaha men-develop perasaan. Kalo udah kebangun perasaannya, di fix-in nih bakal jawab apa atas hasil “tembakan” tadi. Dan dia akan berusaha stop semua pikiran-pikiran tentang orang lain. Lalu dibersihkan pikiran-pikiran itu

Saatnya melihat hasil foto di luar darkroom. Apa hasilnya jadi bagus, apa malah over (item) apa malah under (putih). 

Saatnya sang penggebet  tau jawaban si gebetan. Apa diterima dengan baik, apa malah gamau karena si penggebet terlalu berlebihan, apa justru gamau karena si penggebet kurang pedekate

Yah gitu deh. Proses pinhole emang kayak proses hubungan percintaan. Penuh sensasi. Penuh harapan. Dan penuh kejutan. Keju setan.
*antiklimaks*

Hahahahaha gw geli sendiri bacanya. Iseng bet iseng kita bertiga ngarang analogi ini. Maklum lagi hot buat dibahas sih bok. Ihiy. Oia kalo ada tata cara yang salah, maaf yah. Namanya juga maksa. Ahiy!

Eniwei, kalo ada yang cinlok gara-gara pinhole, kasitau gw yak! Pasti kocak. Hahaha
*maksudnya, pasti gw ketawain*
*cieeh cinlok nih. Cinta dicolok*

Salam pinholeship <3

You Might Also Like

0 komens

Subscribe