Jakarta Culinary Festival: Oct 4 report

9:34:00 AM

kemana kita hari ini?

JAKARTA CULINARY FESTIVAL!!

dari Gugel

di Grand Indonesia Shopping Town!

Jadi, tanggal 4 Oktober, gw berpetualang kuliner bersama Ica dan Mya. Kita dateng pas grand opening karena pasti masih banyak makanan. Hahaha. Dengan biaya masuk venue seharga IDR 20K, kita dapet Teh Botol Less Sugar yang botol pet. Bayar untuk masuk sih cuma pas grand opening aja yang sampai hari Minggu itu, abis itu gratis kayaknya sampe tanggal 31 Oktober. Kita dicap kayak masuk Dufan

cap tangan tiga

Guidebook and ticket

Abis itu langsung keliling-keliling nyari makanan gratisan. Sampailah di booth Mc Cornick. Disana kita makan ayam yang udah dimarinasi sama bumbu dan roti Perancis. Okesip. Jalan lagi dan nemu banyak booth dan panggung demo masak. Kita dateng kesitu masih sepi, soalnya masih jam 2 siang.

Ada nih yang menarik. Es krim khas Turki. Es krimnya ada rasa vanilla, coklat dan stroberi. Gw liat sih biasa aja, tapi pertunjukan menyajikan es krimnya itu yang menarik. Si bule Turki itu pake pakaian Turki, trus teriak-teriak. Jadi di depan dia itu ada gentong-gentong es krim. Cara ngambil es krimnya itu unik, pake besi panjang. Yah kalo di kita mah linggis deh. Si es krim dicolok, masukin ke cone, trus dilempar-lempar kayak bartender lagi main botol. Sebelum ngasih ke pembeli, pembelinya juga dimainin dulu. Pas udah mau di tangan pembeli, eh diambil lagi. Tarik ulur gitu lah macam hubungan

#eaaaak

abangnya beraksi. cendol atu!

Abis liatin es krim itu, kita menyusuri booth lain. Di sebelah booth Potato Head, ada booth apa nggak tau ini namanya. Yang jelas di mejanya ada canape salmon, lamb dan...pork. Pengen gw ganti pake cucur boleh nggak ya?

booth apa ini ya?

Terus kita jalan ke aisle lainnya. Disana ada cooking demo di stagenya Miele. Ada chef Sandra Djohan lagi masak dengan berbahasa Inggris. Kita bertiga duduk aja nonton disitu. Udah setengah jalan sih masaknya.  Doi masak sejenis apel mungkin ya, dibolongin dan dikerok isinya. Terus di panggang gitu. Nah entah gimana, dibuatlah meringue dan dimasukin ke apel. Trus dipanggang.

Masakan kedua itu, kalo kuping gw bagus, adalah duck breast. Si dada bebek ini dibumbuin garam dan merica, lalu digoreng dengan cara pan-seared. Eh, apa iya? Oke gw ngasal sih, tapi kayaknya gitu teknik gorengnya. Abis itu dipanggang. Eh, sejujurnya gw lupa hahahaha. Lalu dia bikin mashed potato, goreng sesuatu yang gw nggak tau itu apa kayaknya hati bebek atau bahasa Perancisnya adalah foie gras, lalu bikin saus dengan cara mengkaramelisasi buah apel dan buah anggur.

Setelah semua matang, tiba-tiba datanglah sebotol besar...RED WINE. Jengjet. Gw dan kedua wanita (mudah kagum) ini mulai panik. Panik takut disuruh mandi pake red wine. Abaikan. Nah ternyata harusnya si dada bebek ini tuh di marinasi dulu pake red wine. Dan terimakasih Tuhan karena itu bebek udah mateng. HAHA. Tapi ternyata si red wine tetap dipakai untuk... saus. Hening merajalela. Untungnya sih sausnya cuma buat hiasan di piring.

Pas penonton disuruh nyobain, piring-piring plastik berisi bebek dikasih ke penonton. Semoga itu (bismillah) tanpa saus. Rasa bebeknya enak, tapi potongan daging buat gw itu banyak lemaknya. Mashed potato menurut gw agak kurang creamy, karena gw suka yang creamy. Apel sama anggurnya manis asem. Tunggu deh. Pas nulis ini gw beneran baru sadar. Apa iya nggak pake saus yang tadi?

JENGJENG...

Bismillah aja deh semoga aman.

Buat yang merasa gw terlalu berlebihan menganggap makanan pake alkohol ya, silahkan aja. Tapi menurut gw ya that's a BIG deal. Bukan sok alim atau sok halal, tapi buat gw kalo haram mah haram aja. Tapi ya balik lagi ke pribadi masing-masing sih hehe :)

apple with meringue

duck breast

Selesai dari situ, kita nyari gratisan lagi dong. Maklum mental mahasiswa, meskipun status udah lulus, tapi penghasilan masih minim. HAHA. Kita ke booth Greenfield nyobain keju mozzarela dan susu coklatnya. Menurut gw sih kejunya kurang chewy. Chewy-chewy naqal. Oke maaf. Apa karena emang belom pernah nyobain fresh mozzarela sebelumnya ya?

Sebelum balik ke booth Miele buat nonton cooking demo lagi dari chef lain, di stage Rotaryana ada persiapan buat cooking demo selanjutnya. Chefnya ganteng! Tapi belom mulai masak. Kita keliling lagi. Di areanya Elyx lagi ada bikin cocktail bersama yang dipandu oleh Santos. Diantara peserta pembuat cocktail bersama itu, ada chef yang sempet rame di twitter gara-gara kemunculannya di Masterchef Indo. Iyak, Chef Arnold! Lucu sih mukanya. Hahaha

itu tuh yang di baris 2 pake baju putih

Kemudian kita ke booth Miele lagi. Numpang duduk di bangku depan sembari ngeliat persiapan cooking demo. Chef selanjutnya yang akan beraksi namanya Chef Ray Janson dan Chef Odie Djamil. Entah siapa gw belom kenal. Gw cuma tau celebrity chef itu yang ada di Masterchef Indonesia aja. Juga Farrah Quinn, Bara Patiradjawane, Sisca Soewitomo. Dan Rudy Choerudin. Hehe. Dua chef ini siapa? Gw nggak tau tuh. Siapa gerangan?

*cie sombong*
*dilempar mixer*

Ada 2 buah botol di meja chef itu yang menyita perhatian kita bertiga. Botol apakah itu? Ada om jin didalamnya? Jadi itu ada minyak biji anggur dan sebuah botol yang kita mencurigai itu alkohol. Waduh.
yang kiri grapeseed oil. yang kanan?

Chef Ray memulai masak dengan masakan pertama yaitu Roast Chicken. Dia hanya pake aroma aja dari jamur truffle. Karena truffle sangat terkenal dengan harganya yang mahal. Aroma itu dia ambil dari truffle salt dan truffle oil. Pas Chef Odie ngasih garem itu ke penonton untuk dilihat dan dibaui, gw sudah mulai agak nggak konsen. Ehm. Cakep bo. HAHAHA

*wanita mudah kagum mode: ON!!*

Roast Chicken mulai dibumbui pake butter dan juga pake sayuran yang dipanggang bareng. Sampai saat itu masih aman. Sampai suatu ketika, dia mengangkat botol yang gw curigai itu

"Sekarang ini saya menggunakan cognac. Cognac ini adalah sejenis minuman alkohol. Kita siram di ayamnya. Ini hanya untuk memberikan aroma saja, karena nanti jika dipanggang, alkoholnya akan menguap. Jadi aman."

Aman karena nggak bakal mabok. Tapi nggak aman buat ke surga, Chef. Hehehe. Fixed sudah gw tidak akan mencoba itu ayam. Sementara ayam dipanggang, Chef Ray bikin risotto! Hore. Selama ini yang gw liat bikin risotto itu si Jamie Oliver di tivi, eh sekarang liat langsung. Sejujurnya gw nggak begitu tertarik sama makanan ini, tapi perut kosong ini (dan mata yang hanya melihat ke satu fokus) membuat tertarik untuk tetep nonton.

ki-ka: Chef Ray dan Chef Odie

Lagi-lagi Chef Odie nyamperin penonton untuk mengedarkan keju Gruyere, keju khas Perancis dengan bau yang tajam. Dan lagi-lagi gw iseng nanya "ini keju tua?" kepada Chef Odie. Lalu Chef Odie nanya ke Chef Ray dan menjawab "itu keju tua sekitar *blabla* tahun". Gw lupa. Gw nggak merhatiin jawabannya. Nggak begitu peduli mau keju tua, muda ato janda anak 3, yang penting gw interaksi.

HAHAHAHA murah lu dhe!

Eits, ini namanya atas dasar ilmu pengetahuan. Oke ngeles. Risotto akhirnya jadi dengan ikan pan-seared dan jamur apa gitu diatasnya. Enak ternyata. Coba ah dirumah. Pas ditawarin roast chicken, kita bertiga kompak menolak. Meskipun Ica penasaran. HA.

ros ciken

risotto

Setelah icip gratisan, kembali lagi kita melihat permasakan ini. Ternyata saat ini giliran Chef Odie, seorang pastry chef (luar biasa) yang belajar masak secara otodidak (double luar biasa) dan akan membuat MACARON karena dia jago bikin ini sampai dijuluki MACARON GUY! 
*mimisan*

Sehari sebelumnya, gw bikin macaron pake resep dari Martha Stewart. Entah salah ngocok telor atau salah panggang, hasilnya jadi kayak cookies gagal. Pas tau si Chef Odie mau bikin macaron, langsung gw nafsu. Nafsu mencatat. Dan melihat tekniknya. Dan... yeah you know the rest. HAHA

Teknik cukup rumit ini membuat gw nanya mulu. Kali ini bukan nanya iseng biar interaksi (secara anak komunikasi yee), tapi emang serius pengen tau. Dari mulai pewarna, teknik baking, dan lainnya. Mantap!

sebelum dipanggang, harus di-tap bawah loyangnya

how to kecrot

duo chef dan asisten chef

haloooo

*gatel banget lo dhe!*

HEHEHE! Banyak fotonya. HEHEHE. Ini hasil macaronnya. Enak! Nggak begitu manis dan fillingnya enak. Duh sugar high nih gua

strawberry macaron. enak!

name card. ihik ada nomer henfonnya!

*twitternya pun langsung gw follow*

Selesai sudah cooking demo dari mereka. Saatnya kami bertiga makan beneran. Laper. Sebelum nyari makan, kita mampir di booth majalah Dreams. Disana bisa foto gratis ala afternoon tea lalu nyobain makanan kecilnya mereka. Ada (kayaknya) jus semangka kuning, shrimp canape dan squid. Dan gw nyobain squid karena bentuknya aneh. Item. Rasanya? Rasanya gitu deh. Pernah makan tinta cumi pake cumi, bawang dan jahe? Ya seputar itu rasanya

properti di atas meja afternoon tea

itu tuh sendok isi item yang gw makan

hasil fotonya jadi gini

goodie bag

Abis foto di Dreams, kita ke Little Yokohama makan Ramen Set IDR 27K kalo nggak salah. Ochanya IDR 7K-an. Menurut lidah gw dan Ica, rasanya sih biasa aja yaa. Ochanya pait kayak paitnya green tea.
ramen and ocha
Setelah ngakak-ngakak karena hormon endorfin yang meningkat tajam, kita pun pulang kerumah masing-masing. Terimakasih duo Bekasi yang telah food trip gratisan dan eye trip gatelan bersama saya. Plan selanjutnya, kesana lagi dengan berharap ada Marcel Vigneron! Ganteng juga. Hahaha. Yuk lah kunjungi JCF at Grand Indonesia, West Mall level 5! 

au revoir!

salam macaron!
*tabur icing sugar di udara*

You Might Also Like

0 komens

Subscribe