Tour de Saint Market!

1:17:00 AM

Judulnya berasa keren ya? Padahal maksudnya

KARYA WISATA DI PASAR SANTA!

Yoi sebagai anak hipster kecamatan Pancoran Mas, tentu gw nggak mau ketinggalan dong sama berbagai tempat hipster yang lagi rame diomongin masyarakat. Gw pun diajak sama Ceu Dynna buat sok-farewell-tapi-dia-nggak-mau-dibilang-farewell di Pasar Santa. Kalo ngana belom tau, saat ini Pasar Santa lagi nge-hip banget dibicarain di kalangan anak muda bergairah macam gw ini. Soalnya di food court-nya, ada beberapa toko yang ngejual makanan minuman dengan kelas emol dan beberapa toko vintage. Yah, sebelas dua belas sama Brightspot deh.

Orang-orang yang dateng juga dandanannya kayak mau ke emol, bukan pasar. Rambut "Cepak Brightspot", celana chino, sepatu antara Docmart dan TOM'S. Yang ceweknya yah style wanita hipster kekinian lah. Nah, terus ada apip di sana? Markitmul!

Gw, CeuDyn dan Qachel sampe sana dengan perut lapar dan hati bergejolak karena hosipnya, pemilik Mie Chino itu ganteng. Oke lah dengan membabu buta, kita bergegas turun dari bajaj. Sampe pintu Pasar Santa, udah ada dua temennya CeuDyn yang bernama Mas Yudi dan Kokoh Panda. Setelah kenalan, kita pun naik ke lantai dansa dua, dimana foodcourt berada.

Langsung jalan ke Mie Chino, dan ketemulah sama temennya CeuDyn plus Qachel yang bernama Lala. Dese indang bawa temennya yang namanya Ajung. Okelah kita maksi dengan seporsi Mie Chino pakai bakso IDR 20K. 


Rasanya, endita bambina. Enak. Tekstur mie-nya itu kenyal dan agak keras, beda sama mie pada umumnya. Tapi menurut gw itu yang bikin beda sih. Terus kuahnya berminyak gitu. Gw tambah pakai bakso dan kuah beningnya. Kuah bening si bakso itu sebenernya kurang berasa kalo dimakan gitu aja tanpa mie. Jadi kayaknya cuma kaldu aja tanpa garam. Makanya dimakan bareng sama mie aja biar cihuy. Dari segi porsi juga lumayan bikin kenyang kok. Mau porsinya lebih sedikit sih gw juga ikhlas lah asal yang bikin emih nya kayak begini:

tolong, aslinya ganteng bener.
Subhanallah. Ngeliat dese bawaannya pengen salat Dhuha berkali-kali di situ deh. Hormon kewanitaan gw langsung melonjak maksimum. By the way, namanya Oka. Nama panjangnya Okawinin Kita Dong.
*Thanks Qachel untuk ide namanya*

Berhubung perut sama mulut suka nggak singkron, jadilah lanjut ke makanan selanjutnya. Oh iya pas kita mau cabs dari Mie Chino, ada Isti dan cowoknya, Wijaya, baru dateng. Isti ini adalah temen kosannya CeuDyn di Perkici. Okeh makanan kedua adalah Sepotong Kue




Sepotong Kue ini kayak lapak kecil yang jual kue lucu gitu. Lucu idenya. Bukan gwnya. APASIH. Sorry. Jadi tadi tuh gw makan ini:


Ini namanya Nutella-Vanilla Ice Cream Choux, IDR 10K. Rasanya, maigat enak beneur! Ice cream vanilla nya itu homemade dan pake vanilla beans. Gw inget-inget, vanilla pod (batangan vanila sebelum dikeluarin bijinya) itu harganya selangit mesra. LAH INI GILAK JUGA JUALNYA MURAH BENER! Oke itu rejeki gw tandanya hahahak. Rasa choux atau bahasa Betawinya, sus, itu juga enak. Manggangnya pas, nggak gosong tapi juga nggak basah. Pokoknya enak! Nah, satu lagi makanan dari Sepotong Kue ini yang bikin dzikir akbar di tengah jalan adalah...


APPLE PIE! Ini... Rasanya... SUBHANALLAH! Rasanya kayak lagi nunggu balesan Whatsapp sama gebetan ganteng. Enak banget. Kalo kata CeuDyn, ini nangis pelangi. Kalo kata Lala, ini dibuat di surga. Kalo kata gw, ini kayak lagi pedekate sama gebetan ganteng.
*tetep fokus anaknya*

Lanjut kita ke Papricano Mexicana Cantina. Kantin Meksiko.


Di sana jual tacos, burittos, nachos, dan kengkawan lainnya. Kalo kata Qachel, ini tempat Fernando Jose sama Marimar. Bener juga. Ini penampakan makanannya:
Nachos IDR 15K
Taco IDR 25K
Quesadillas IDR 20
Sebenernya semuanya sama bahannya. Tortilla, guacamole, salsa, beef, dan keju bertebaran mesra. Yang ngebedain cuma bentuk dan ukuran. Rasanya, enak dan unik. Pesen kita-kita untuk anak nongkrong, kalo mau makan di sini, perhatikan kapasitas perut. Kalo lagi laper, pesen aja tacos. Kalo lagi kenyang-laper tanggung, pesennya quesadillas. Nah, kalo udah kenyang banget tapi mulut gatel minta disodok makanan, cobain nachos.

Agua Fresca
Untuk minuman, gw nyobain Lemonade IDR 5K punya Ajung. Rasanya seger banget kayak disiram sop buah di bulan puasa. Trus gw juga nyobain minuman Agua Fresca IDR 15K punya Qachel. Rasanya juga seger, ini pake semangka dan kayak ada stroberinya deh. Apa lidah gw yang salah, hanya Tuhan yang tau. Nah minuman ketiga yang gw coba bernama Horchata IDR 15K. Minuman ini dari air beras dikasih kayu manis bubuk. Rasanya...kayak air tajin pake kayu manis. Duh gitu deh. Gw baru inget, ada dessert asal Spanyol yang kayak gini juga. Bedanya berasnya dipake buat bikin puding dan ada kayu manisnya juga. Puding beras. Rasanya, absurd tapi yaa enak sih. Tapi, yaa...gitu deh hahaha...

Sebenernya kita makan di sini udah kenyang banget. Tapi apalah daya ketika disebut "ADA SOMAY ENAK LOH!". Perut mendadak kosong dan kita semua cuss ke sana. Tapi apalah daya, somay ludes dan tinggal bakpao segede dosa koruptor. Gede banget, taplak!

Karena dikecewakan sama seonggok somay, kita berkeliling deh macem karyawisata di museum. Ketemu tempat luncang bingits yang namanya Kiosup. Mereka ini pasangan suami istri muda gitu yang menurut gw asik banget. Asiknya, si suami masak sup, si istri yang ngegambar mural ini. KEREN SIAH!

kalian keren!
Seporsi sup ayam ini IDR 15K. Banyak dan enak. Beneran enak. Isinya kompleks banget, ada ayam, telor, dan aneka lainnya lah. Di atasnya ditabur crouton dan peterseli jadi cancik jelita doi punya penampilan. Semua bumbunya juga berasa dan kita ditanya "mau pake pala?" atau nggak. Soalnya kan banyak orang yang nggak suka pala atau nutmeg itu, karena rasanya agak pedes aneh gimana gitu.


Oh iya, mereka juga juwal silky pudding Kherby IDR 8K (padahal di store-nya di Cinere harganya cuma 6K hahaha) & minuman Thai Tea Latte dan Green Tea Latte dengan merek Daily Gulp IDR 13K. Buat Thai Tea-nya, enak bo. Rasanya mirip sama Addictea. Sayang banget buat Green Tea-nya lebih ke jasmine tea. Rasa green tea-nya hampir nggak ada, jadi hambar. Hambar-hambar pisang pisangku belum masak.
*plak*


Sudah kenyang? Oh sudah. Tapi pas dibilang ada SATE AJO RAMON udah buka, lantas perut kadut ini minta disodok lagi. Ya maklum, belom pernah nyobain sate ngehitz ini.


daging semuah
Kita pesen deh sate daging. Ada juga yang lidah, tapi gw nggak nyobain. Pas sate dateng, dia hadir dengan ukuran sate yang tebel dan pas doi masuk mulut,

*brb baca surah Ar-Rahman*
*Nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan?*

Enak cuy! Jadi dagingnya itu udah dibumbuin sebelumnya dan bumbunya udah meresap. Bumbunya sih kalo dari yang gw cobain, agak mirip asam padeh kering. Pas dibakar, makin masuk dong itu bumbu. Beuh. Buat ngana yang lagi laper banget dan pengen daging banget, coba makan ini. Dagingnya berserat banget, kenyang deh. Gw rasa buat lidah sapinya juga enak bet dan empuk bet. Hmmm~

Baiklah acara Tour de Saint Market berakhir di sini. Terima kasih kawan-kawan baru yang seru-seru banget untuk urusan makan. Nggak nyangka gw, niatnya cuma mau farewell ala kekinian, malah dapet temen-temen cihuy. Nih ya, lumayan kan kalo gw mau foto, ada Kokoh Panda sama Mas Yudi. Kalo gw butuh bacaan seru dan temen makan seru, ada Lala yang lagi mau nerbitin buku (duh gw kapan ya? Ahey). Nah kalo gw mau pergi ke Malang butuh guide dan pengen diskonan Air Asia *plak*, ada Ajung ye kan. Kalo butuh talent buat foto, ada Wijaya. Kalo pengen bangun rumah tangga dan butuh nanya materialnya, ada Isti anak sipil. Oh iya, hapenya Isti juga membahagiakan hehehe.
Seru~

geng melapar

hore
Enihaw, selamat bercocok tanam yah Siti Farah Mauludynna. Mau bertanam apa sih di sana? Palawija? Itu mah di Pantura aja bareng supir truk "Pulang Rindu, Nggak Pulang Malu"...
*kayak ada yang salah tapi biarin ah*

Okeh A Guide to Pasar Santa berakhir di sini! Semoga kita bisa main-main gawl lagi yaa! Ini foto-foto fenomena lainnya
((( FENOMENA )))

dalemnya Mie Chino
luarnya
area Papricano
hargane
ini taco
topi kolaan
Sepotong Kue
ini choux nya. tebel ya
ada juga choux pake diplomat cream and fruit 
ABCD, kopi yang bikin Pasar Santa jadi rame. A Bunch of Caffeine Dealers 
ini punya Intan @badutromantis, dedengkot Pasar Santa. Vintage store gitu
ini salah satu barangnya SubStore
masih ada toko vintage lainnya di seberang SubStore
GILAK INI KEREN!
foto masa kini. Hape dan model, gw 
foto masa kini. Hape dan model, Isti. JAUH BENEUURR!
Oke sekian dulu FENOMENAnya. Terima kasih lagi teman-teman baru! Unexpected trip and unexpected friends are always fun~

Salam hipster kecamatan Pancoran Mz!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe