The Plastic Bag Insanity

8:56:00 PM

Permisi~
*ngelap debu pake sarung*

Akhir-akhir ini di Indonesia lagi digalakkan program no plastic bag alias stop penggunaan kantong plastik. Fokusnya lebih ke mini dan supermarket. Si kasir akan memberi charge Rp 200 untuk setiap lembar kantong plastiknya. Jadi sebelum bayar, konsumen ditanya bawa shopping bag atau nggak. Kalau nggak, mau ga pake kantong plastik tapi dikenakan biaya dua ratus perak. Hm.

Buat gw, ini ide bagus. Karena untuk mengurangi sampah plastik lah ya. Gw terima kasih banget sama pemerintah yang udah bikin kebijakan yang cukup oke ini.

Gw pun sebenarnya udah dari SMA mulai stop plastic bag kalau ngga perlu-perlu amat. Gw cenderung bakalan bawa dengan tangan kosong atau langsung masuk tas. Dulu gw pernah pas lagi les, iseng beli beberapa cemilan ke suatu mart. Pas bayar, gw gengsi mau pake kantong plastik. Akhirnya gw bawa aja cemilan yang banyak itu dengan tangan sendiri. Repot? Emang. Jatoh? Iya beberapa. Tapi gw puas. Karena setidaknya gw sudah menahan penggunaan kantong plastik dan mengurangi sampahnya.

Suatu hari, gw dikasih shopping bag dari program TV Sarah Sechan. Gw dikasih sama suaminya sih lebih tepatnya. Nah gw girang bet. Karena benda itu sangat berguna beneran buat belanja. Gw pake tas itu buat belanja oleh-oleh pas gw ke Jogja tahun lalu. Nggak cuma itu, ke swalayan lain pun gw pake itu juga. Sampai akhirnya bagian atasnya mulai hampir jebol dikit. Langsung gw amankan dan ganti tas lain hahaha.


Sekarang di tiap tas gw wajib ada shopping bag yang dilipat. Tas dari Teh Sarseh gw simpen di tas traveling, just in case aja. Atau kalo gw lupa bawa shopping bag, biasanya gw masukin semuanya ke tas pribadi. Bodo amat isinya jadi berat lah.

Berikut sekelumit isi tas gw. Kece dong ada shopping bagnya semuaaa~

tas berenang

tas bepergi

tas travel. LIAT DONG ADA KARTU REMI BUAT MAEN TEPOK NYAMUK


Nah, itu gw yang akan menolak kantong plastik dengan alasan lingkungan. So, dengan harga Rp 200 buat selembar kantong plastik buat gw sih ngga ngaruh. Toh gw tetep nolak gitu. Tapi sayangnya, banyak orang yang belum paham sama kebijakan itu.

Masa gw ke Mayestik nih. Beli baju, mau diplastikin sama si tetehnya. Gw nolak dan milih untuk langsung masukin ke tas. Eh, penolakan gw dibalas dengan kata, "Tenang aja mba gratis kok, kan kita bukan mart-mart yang harus bayar 200 perak hehehe..."

What the... Plis ya, dikata ane medit ama dua ratus perak! Jujur gw sakit hati banget bok. Akhirnya gw bilang, "Bukan gitu teh, tapi nanti jadi banyak sampah plastik. Global warming."

Is that enough? Nope. Si teteh malah bengong sambil ngetawain gw. Oke. Aku pergi saja dari toko kemudian teriakku.

Nggak sampai di situ. Tadi gw beli roti di rumah sakit dan debat sama mbak kasirnya. Seperti biasa gw nolak kantong plastik dia (yang ternyata bau) dan minta shopping bag adek gw. Dia keukeuh tetep pengen kasih sambil ngomong, "Mbak... Gratis kok ini..." sambil muka intimidating masukin roti. Gw kesel dan milih cabs sambil nenteng si plastik. Nggak jauh dari toko, adek gw pindahin rotinya ke shopping bag dan ngelipet plastik buat calon tempat sampah.

Heran gw. Sosialisasinya ngga nyampe karena tingkat awareness orang masih pada kurang. Lain kali mungkin harus gw ceramahin dulu kali ya daripada ditinggal pergi gitu. Yaelah udah kayak gebetan aja ditinggal pergi.

Yaelah.

You Might Also Like

0 komens

Subscribe