#BaliVacayWork2016 - Dibalik Makna Pulang Sesungguhnya

12:17:00 AM

.
Judulnya dalem nggak? Oh, biasa aja ya? Yaudah nggak apa-apa...
*mellow*
*petik ukulele lagu Armada*

Yups! Jadi ketika gw dateng ke Bali, ada tiga hari raya yang letaknya berdekatan. Pertama itu Galungan, lalu Kuningan, dan disusul dengan Idul Adha. IMHO, Bali itu terkenal dengan hari libur yang banyak karena perayaan atau kegiatan keagamaan. Nah, tiga hari raya besar ini membuat Bali memiliki hari libur (public holiday) sebanyak...

SEPULUH HARI!

Da best! Namun karena gw kerja di public service, apalah dayaku tida dapat libur kecuali Idul Adha. Itu pun pake jatah libur 6-1 work day. Sedi sebenarnya tapi sudalah memang suda takdirq.
*kelean semwa suci aq penu dos...*

Nah, menurut opini pribadi gw, perayaan Galungan itu asoy loh. Rame jalanan. Rame sama ini nih...







Jadi, tiap rumah kudu pasang penjor dengan ditengahnya dipasang sebuah tempat gitu. Tempat itu buat nyimpen canang (sesajen). Canang (yang gw lihat) biasanya berupa bunga, makanan, dan tentu saja dupa. 




Gw pikir selama ini canang cuma berbentuk kotak aja. Eh ternyata gw nemu canang keren deh. 


Sejujurnya gw nggak tau sih ini namanya canang juga apa bukan, isinya sama soalnya hehe. Maaf ya kalo salah, sila tulis di kolom komen buat dibenerin :D

Oia, FYI aja, kalo bisa digambarkan, Galungan itu kayak Idul Fitri dan Kuningan kayak Idul Adha di Islam. Sebesar dan sesakral itu. Makanya pas Galungan, pura penuh dan rame. Jalanan juga gw lihat banyak motor seliweran dengan cowok-cowok pake baju putih dan ceweknya pake kebaya pulang dari pura. Ibaratnya kalo di Jakarta tuh kayak bubaran Jumatan deh. Bedanya ceweknya di Jakarta pada nungguin cowoknya kelar Jumatan buat diculik makan siang. Hiahahaha

***

Tibalah hari dimana gw menjalankan hari raya Idul Adha. Tahun ini kebetulan Idul Adha jatuh di tanggal 12 September, which issss adalah ulang tahun nensi (nenek) gw yang ke-80! Men, gimana ya, ulang tahun ke-80 dengan kondisi nensi gw yang masih bugar dan bisa main tab Android sendiri itu merupakan suatu peristiwa yang patut dirayakan, sih. Gw sebagai cucu pertama, tidak bisa hadir! Men, rasanya... Gimana gitu... Kesel tapi nggak bisa kesel.

Waktu itu ada sedikit percakapan sama nensi gw beberapa hari sebelum gw berangkat,
Nensi: Jadi kamu Lebaran di Bali?
Gw: Iya Nek..
Nensi: Hmm... *muka mikir* Sepi dong..
Gw: Iya sih, tapi kan keren gitu kalo ditanya orang, "Lebaran mudik ke mana?" Trus Dhea jawab, "Bali!". Asik kan?
Nensi: Taik lu...
Gw: *nyengir semu*

Oia, tepat di hari Lebaran itu, gw dan Dhira lagi nggak bisa shalat, jadi yang Ied cuma Nisa dan Om gw. Oiya, have I told you, tante gw lagi naik haji jadi rumah sepi makanan Lebaran? Tsakep banget kan Lebaran kali ini. 

Setelah mereka pulang shalat Ied, gw dan Dhira menyiapkan menu Lebaran yang sangat super. Apa itu?
Gw lupa sih, Indomie apa Mie Sedaaap ya waktu itu?

Bener-bener kayak iklan TV, Lebaran makan emih. Baru kali ini dalam hidup, gw beneran Lebaran pake emih rebus. Wow. Boom.

Berhubung gw udah nggak makan mie instan lagi (Desember nanti genap setahun gw ngga makan mie instan! Yays!), jadilah gw makan nasi pakai sosis dan telor. Da best! Ketika orang-orang kecapekan makan rendang atau sate kambing, maka kami kecapekan makan...sosis.

Biar afdal (ternyata menurut KBBI, yang benar itu "afdal" bukan "afdol"), kita The Bali-ho Squad berencana video call sama Bogor Squad yang lagi potong qurban dan pesta ulang tahun nensi. Pas udah tersambung, hetdah, rame banget! Kita cuma berempat plus-plus (badannya yang plus), lah mereka lebih dari 20-40 orang! Gils jugs. Udah gitu divideoin juga menu makanan hari itu. Gw shock sendiri karena di-setting ala katering, bok! Pake segala meja di-skirting, beberapa chafing dish dan sterno dibawahnya supaya tetep panas! Buset!

Lah dimari mie rebus aja lodoh gara-gara salah perhitungan (dan biar lama kenyangnya juga)...
*tiba-tiba mie udah segede terowongan MRT*

Ah ya gitu lah. Gw bener-bener baru ngerasain Lebaran nggak sama keluarga besar tuh rasanya nggak enak. Bukan masalah kasta makanan yang jauh banget, tapi masalah kebiasaan aja kali ya. Gw biasa Lebaran meriah, penuh sodara, penuh ketawa, dan penuh lemak. Di sini cuma penuh lem...
*dilempar panci rebusan emih*

Yaampun gw niatnya mau sedih kan tadi. Oke balik lagi ke mood sedih, yuk!

Iya, gw ngerasa ada yang kurang. Meskipun gw sama om dan sodara sendiri, tapi tetep beda rasanya kalo nggak rame-rame sama orang tua sendiri, ya. Sekarang gw paham sih rasanya jadi orang yang bahagia bisa mudik. Bahagia bisa ketemu orang tua di daerah. Bahagia bisa ngumpul. Bahagia bisa ketawa. Even, bahagia bisa ditanya "kapan nyusul?" meskipun momennya adalah motong kambing :(

Gw pernah baca selebtweet yang ngetweet dengan isi kurang lebih kayak gini, "Jangan menghina orang yang mudik untuk ketemu keluarganya di kampung. Kalian tidak merasakan indahnya 'pulang'". Dheg! Bener sebenerbenernya bener. Buat kita, atau di sini gw, yang tiap hari tinggal dan punya hubungan sangat dekat sama keluarga, pas Lebaran mah ya biasa aja. Spesial sih, cuma sebatas "Hore, Lebaran sama keluarga lagi." 

Ketika gw nggak dapet momen itu, gw pun mulai tau rasanya "pulang" :)

ps: terima kasih kepada ngana yang udah mengenalkan pada rasa dan makna "pulang" sebenarnya. Sekian dan salam tempel.


NEXT:
"BUKA BAJU yuk, mas!" 
Duh, judul apa ini? Nakal sekali! Penasaran? Saya sih tidak...

You Might Also Like

0 komens

Subscribe