#BaliVacayWork2016 - Le Awkward First Day

11:03:00 PM

.
Lanjut nih ya. Hari pertama gw bekerja sebagai training pastry dimulai!

Sebelumnya, gw mau cerita sekelumit tentang dimana gw bekerja. Gw kerja di sebuah pabrik roti dan  kue yang bernama Bapak Bakery. Letaknya di daerah Kerobokan, Kuta Utara. Yah, mayan banget jaraknya dari rumah sodara gw di Sidakarya, Denpasar. Sekitar 13 KM lah.

Bapak Bakery ini tiap harinya bikin roti dan kue sesuai pesanan dari hotel, villa, kafe, sampai resto yang ada di Bali. Hyaiyalah kalo kirim ke Cikampek kejauhan juga, sis. Kalau mau liat jenis roti dan kuenya, ada di bapakbakery.com
*uhuk, tidak berbayar*

Hari Selasa itu, gw dan Dhira dapet jadwal masuk jam...lupa. Antara jam 9 atau jam 11 deh. Dengan pertama kalinya pake chef's jacket, apron, pulpen, dan kitchen towel, gw merasa cool dan trendy. Anak kitchen banget gitu. Yah bisa lah disamain sama Bradley Cooper di film Burnt. Bedanya dia ganteng. Gw? Gw......Dheyanne.

Burnt aku massss

Kitchen menjadi confidential kalo ada Mas Bradley

Selama ini gw mikir bahwa kitchen apapun selalu panas. Pokoknya gw me-refer kitchen-nya Bradley Cooper di film Burnt dan series Kitchen Confidential. Auranya panas-panas gimana gitu. Mungkin aktor utamanya yang bikin panas. Ehm. Nah, pas gw masuk area BaBe (Bapak Bekri) dan menginjakkan kaki di sana...

"BUSET OVENNYA BANYAK BENER!"
"Wangi roti enak bet!"
"Yasalam croissant ini minta banget dihabeg!"

Tak lupa,

"Ada yang cakep ga ya di sini?"
*celingukan*
*ketabrak oven*

Jadi, area oven itu letaknya di luar, sebelum kita masuk ke kitchen. Di situ ada berbagai oven dengan ukuran yang macem-macem. Dari mulai yang gede banget biasa buat roti dan muffin, sampai yang kecil (kecilnya kagak segede microwave ya!) biasa buat cookies dan cake pendek kayak cheese cake. Muat sampai 10 tray kayaknya.



Di area oven itu juga terdapat meja untuk prepare roti yang di-packing, rak troli untuk naro roti dan kue yang abis dipanggang, slicer; untuk motong roti tawar, proofer; mesin pengembang roti, dan dispenser; ada air panas dan dingin.



Setelah melewati area oven yang hangat seperti hawa pedekate, terdapat empat ruangan lagi. Ada kantor, storage atau bahasa kerennya; gudang, pastry kitchen, dan bakery kitchen. Kantor isinya ada komputer dan... ya kantor lah isinya apa hayo? Lalu gudang isinya bahan-bahan yang untuk kebutuhan bakery dan pastry. Pastry kitchen akan kita bahas nanti. Jreng... Bakery kitchen. Isinya ada tiga section, yang mana dua section depan gw ngga tau bedanya apa, lalu section belakang adalah dapur untuk masak saus dan daging. Ketika masuk bakery kitchen, bawaannya pengen pulang. Kenapa? Karena gw baru tau kalo ragi roti itu baunya kayak...

Kayak...

Asudahlah. Baunya gitu deh. Selama hidup gw, gw nggak pernah cium bau ragi (apa gw selalu mampet hidungnya pas lagi bikin roti di rumah?). Jadi gw baru tau aslinya bau ragi itu kayak...

Yak, pastry kitchen! Kitchen yang akan gw jadikan "rumah" kesekian selama 20-an hari kedepan. Pas buka pintu...

Dingin dan WANGI! Wangi kue, vanilla, coklat...

Gini-gini, supaya tulisan gw terlihat imajinatif, bayangkan ketika lo masuk ke toko kue, lalu lo nggak sengaja mencium bau kue yang abis dipanggang, bau cokelat yang masih leleh, dan bau vanila (ketika masuk toko Wakai)
*ngedrop*




Pokoknya enak baunya deh. Saat masuk, gw dikenalin dengan orang-orang yang kerja dan job training di sana. Langsung aja gw deskripsikan ya...

Bu Nyoman: head pastry, kocak tapi tegas, suka dangdutan dan India, penyuka lagu "Jadi Pokemon"
Bli Lalit: aslinya namanya Putu Jati tapi karena dulu 'tulalit', jadilah Lalit panggilannya. Suka niruin iklan radio seperti iklan kasur Indah dan jamu terlambat datang bulan
Bahri: kambing jenggotnya. Ogut pikir doi lebih tua, ternyata lebih muda 3-4 tahunan dari gw. Suka dibully fisik sama ibu-ibu
Nengah: cowo 18 tahun, hobi nyari 'kacip' alias staples dan juga cinta sejati *Ngah.. please urus E-KTP mu
Dea: job training satu STP sama Dhira, suka jadi bahan gombalan Pak Gudang, kalo gw dipanggil, dia juga nengok haha
Sophia: nah ini nih biang rusak. Nama panggilannya DJ 4NC03GX gara-gara penyiar Casanova FM punya panggilan "DJ", hobi makan mecin :(

Pastry squad sih cuma segitu. Tapi ada lagi kayak Bu Ayu yang masakannya ena banget dan Bu Siti yang suka nanya udah solat apa belom, Kresna selaku job training bakery yang sering maksiat bareng, dan lain-lain yang gw lelah juga kudu diabsen satu-satu dimari ya bok...

Nah, job pertama gw adalah nyelupin donat. Keliatannya sepele, gancil, dan cemen. Tapi pas pertama nyoba, chocolate dip gw aur-auran kayak isi tahu jeletot. Berantakan. Ternyata nyelupin donat ada triknya.

1. Pastikan donat sudah dingin dan coklat yang digunakan adalah jenis dip
2. Celup agak setengah, goyang-goyang sesuai irama hingga dirasa cukup
3. Tebalikkan donat yang sudah dicelup (coklat menghadap ke atas) lalu goyang pakai perasaan agar coklatnya merata
4. Selesai

Setelah pekerjaan donat selesai, gw ngintil si Dhira kemana pun dia berada. Hingga pada suatu ketika, gw merasa ada yang bergejolak di badan ini. Hawa-hawa bakalan keluar cold sweat alias keringet dingin. Wah, nggak lucu. Masa baru berdiri berapa jam doang gw udah keringet dingin? Sungguh nora.

Lalu gw menghampiri Dhira dan nanya pertanyaan maha penting, "Toilet dimana, Dhir?". Setelah tau dimana letak toilet (yang mana adalah seberang loker dan parkiran motor), gw pun ngacir dengan sejuta pandangan people di area oven. Muka mereka kayak, "Bocah dari mana ini tiba-tiba lari?".

Seketika gw langsung ke toilet dan...mual sodara-sodara! Gw mual sejadi-jadinya namun tidak sampai vomit. Keringet dingin bercucuran layaknya air terjun pengantin. Panik gw. Yang ada di pikiran gw adalah, KALO AMPE PINGSAN DI HARI PERTAMA KAN KIKA MALU CEU! Udah mana di pulau orang, ntar kalo gw pingsan disiram arak Bali trus gw doyan kan bahaya...

Gw pun langsung menanamkan pikiran positif bahwa gw hanya kaget dengan perubahan suhu luar yang panas banget dan kitchen yang dingin. Gw mungkin masuk angin. Gw mungkin berdiri kelamaan. Gw mungkin cemen tapi kece. Gw mungkin kurang bertaqwa. Gw mungkin butuh kasih sayang...........

*ada hening yang lama*
*tiga tahun kemudian*
*kelamaan Dhe ah!*

Akhirnya setelah gw didera mual yang cukup lama dan norak, gw memutuskan duduk dulu di loker sambil liat hape sebagai distraksi. Ku buka Whatsapp, kemudian chatting-ku. Ku buka Line, kemudian nyengir ku karena mendapat asupan gosip baru dari rekan sejawat. Setelah merasa cukup kuat dan kokoh, gw pun masuk ke kitchen dengan pede jaya. Ditanyain tadi kemana, gw bilang aja "semedi".

noda mini di baju tak terlihat, kan?

busuk di hari pertama! yes!



On my first day, gw mencelup donat, mengisi muffin, nonton orang kerja, manasin cokelat, mengupas apel, dan nonton orang pada cleaning (karena gw pake sepatu dan ga bawa sendal, mereka nggak tega sama sepatu gw kalo basah. Jadilah gw memberi semangat ala cheerleader syariah)


NEXT
Kebodohan pertama di Bali. Apa itu? Clue-nya: motor!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe