#BaliVacayWork2016 - Graduasi

12:30:00 PM

.
Ush cedih. My kinda last day gitu. Begini...

Setelah kemarin gw pulang dari RS, gw lanjut di rumah bikin figurine fondant untuk para punggawa pastry di Babe. Gw bikin ala Lego gitu. Ditambah tulisan bubble talk yang mencerminkan kepribadian atau kesukaan mereka. Dhira bikin bubble talk, gw bikin figurine. Okesip. Lalu nggak terasa tiba-tiba udah jam 1 pagi. Waduh, jam 4 gw kudu siap siaga nih buat kerja jam 5. Ayam. Gw tidur jam berapa entar ya? Duh. Gw Whatsapp orang-orang yang sekiranya masih bangun dan mampu nemenin gw. Nyatanya gw ditinggal tidur karena di Jakarta kan lebih cepet ya bok. Duh.

Satu jam berlalu lagi. Gw resah. Akhirnya gw percepat dan sekitar jam setengah 3 pun kelar. Badan capek banget tapi kok ya mata nggak mau merem. Akhirnya karena takut kebablasan, gw tidur dengan pake chef's jacket, celana panjang hitam, dan kaos kaki. Sip. Gw yakin sejadi-jadinya bahwa gw tidak akan mandi hahaha. Pasang alarm dan gw merem bodo amat.

Alarm bunyi dan gw masih di alam mimpi. Baru kebangun setelah Dhira bangunin gw dan bilang, "Teh, aku batuk darah..."

HANJAY! Gw langsung bangun dan syaraf-syaraf di tubuh gw pelan-pelan mengoneksikan dirinya masing-masing. Setelah mencerna Dhira ngomong apa, gw minta dia ceritain kronologisnya. Saat itu juga gw perintahkan dia untuk nggak usah ikutan perayaan last day gw. Gw juga ngomong ke om gw dan doi setuju. Jadi ISPA itu memang gitu. Karena saluran nafasnya ada infeksi, jadilah luka. Luka itu yang bikin ada gumpalan darah keluar saat batuk.

Gw dianterin om gw dengan masing-masing muka tegang. Menerobos Teuku Umar yang masih gelap dan semi gerindang. Sampe kitchen, gw solat subuh dan masuk kerja. Semua tentunya pada nanya Dhira gimana keadaannya dan tentu gw jawab, "Dhira udah sehat kok, males aja dia.."
*digetok pake cutting board*

Lalu hari berjalan seperti biasa. Gw pun bilang ke orang di luar pastry bahwa ini hari terakhir gw training. Pada kaget semua. Nggak tau sih sedih apa nggak ya. Kaget sih iya. Termasuk ibu geng dishwasher, ibu ketua tim bakery, ibu-ibu office, bapak-bapak driver, Pak Gudang, dan lain-lain. Termasuk anjing di komplek itu yang lagi hamil. Pasti kaget dia.

Setelah menuju jam pulang, semua anak pastry ngumpul kecuali Dhira dan Bu Nyoman karena lagi public holiday. Lalu gw memberikan cenderamata berupa figurine fondant. Ngakak semua. Apalagi ternyata mukanya pada kecoret gara-gara food coloringnya belom kering :))




Dari kanan dulu ya.
Bli Lalit: I Feel Free itu adalah penggalan iklan kasur Indah di radio AR. Si FVOnya ngomong "I feel freee~~" setelah dia tiduran di kasur yang beli di toko kasur Indah. Ini beneran loh iklannya. Nggak usah dibayangin kayak apa iklannya. Ada satu lagi iklan favorit Bli Lalit, yaitu Bersih Darah Kembang Bulan. Iya, iklan pelancar haid gitu kesukaan dia -__-

Sophia: DJ 4NC03GX. Jadi di radio anak muda Bali, penyiarnya pada pake nama samaran dengan kata "DJ" dan diikuti dengan nomer. Misal, "Halo ketemu lagi dengan gue, DJ 601. Sore ini kita..." Jadilah si Sopi ini pengen juga punya nama DJ. Jadilah gw dan Dhira bikinin "DJ 4NC03GX" buat Sopi yang kalo dibaca adalah...jancuk

Dea: Dea ini suka ngomong "cuy" ke Dhira dan Kresna. Sebenernya dia udah cukup berkarakter dengan kitchen towel khasnya yang berwarna pink putih itu. Kacamatanya juga udah Dea banget. Sayang mukanya kena "tinta" bubble talknya si Bahri...

Bahri: Fiks banget kita panggil dia Mbek karena emang jenggot tanggungnya yang kayak kambing. Korban perkosaan ibu-ibu Babe ini emang suka minta dibully sih.

Nengah: Kacip itu artinya staples. Ini anak sering banget nyariin staples dengan bawel ngomong, "eh kacip mana kacip?"

Bu Nyoman: Pikachu dan bubble talk Pokemoon. Kenapa? Karena dia suka lagu dangdut Jadi Pokemon. Ini dia...



Abis itu kita foto-foto bersama. Gw nulis ini jadi kangen haha. Foto-foto dari mulai normal, sampe rusak.












Lalu gw dijemput om gw dan disuruh menuju ruangan Pak Anto, empunya Babe. Di ruangan itu, gw berasa di Bandung. NYARIOS SUNDA! Di situ gw pamit dan terima kasih atas segala pengalaman di sini. Seru, absurd, thoughtful, semuanya ada. Karena kerja di Babe lah gw jadi tahu banyak soal dunia pastry, beragam teknik dasar sampai advance, sistem management di dapur, resep-resep simpel tapi waw, storage, kebersihan dapur, sampe ke hal yang nggak akan kepikiran kayak kehidupan bersosial di sana.

Banyak yang curhat ke gw tentang UMR Bali, tanggungan hidup mereka, biaya hidup di Bali yang sama mahalnya kayak Jakarta, upacara-upacara adat yang tidak murah untuk beberapa kalangan, menyikapi perbedaan antar agama, sampe toleransi makan kambing aja instead of makan sapi. Buat sebagian orang mungkin sepele, ada lagi yang menganggap itu big deal. Buat gw, selama bisa hidup damai, ya emang kudu toleransi. Misal tentang agama, di Babe sendiri ada pura kecil (gw nggak tau ada namanya apa ngga untuk pura kecil di pintu masuk) dan ada musholla kecil juga. Di sana setiap dua hari sekali ada ibu yang naro canang di sisi kompor dan nyalain dupa di tiap ruangan. Untuk soal resep, Babe nggak ada yang pake rum atau alkohol sama sekali. Halal.

Kalo mau diberantemin, bisa aja gw sebagai muslim protes ngapain ada canang kan gw bukan Hindu. Lalu yang Hindu pun bisa aja protes ngapain sih halal kan nggak semua konsumen Babe itu Muslim. Bisa aja kan protes gitu? Tapi buat apa? Selama gw masih bisa solat sesuai waktunya di mushola dan selama yang Hindu dengan canang berisi sesajennya, we're all together.

Soal itu gw belajar dari Babe. Nggak nyangka karena pasti yang gw dapet banyak adalah tentang kuliner. Tapi dibalik itu ada banyak elemen sosial yang penting dan jadi perhatian gw.

Gw ngobrol cukup lama sama Pak Anto. Mengenai rencana dia menjadikan gw perwakilan Bapak Bakery buat lomba tahun depan (paling epik dan gw deg-degan dari beberapa bulan yang lalu), rencana mengikutsertakan gw sebagai "asisten" ketika dia ngajar di STP Bandung (gelo sih ini. Apalah w hanya sisaan gula donat kocok), dan memperbolehkan gw untuk menjadi staf pastry di Bali ketika gw ingin suasana baru yang beda dari Jakarta (belom kepikiran sama sekali buat ninggalin Titamma, SMC, Puzzle, dan freelance gw sih hehehehe). Intinya banyak rencana-rencana serius yang Insya Allah bakal membuat seru hidup gw di tahun depan. Mohon doanya buat yang baca ini, semoga lancar semuanya. Ihiy aamiin.

Dari lubuk hati yang terdalam, terima kasih Bapak Bakery dan pastry squad lainnya. Tanpa kalian, hidupku pasti tidak cemerlap. Cemerlang dan gemerlap.

Next:
My last day in Bali. Sedih dan laper.

You Might Also Like

0 komens

Subscribe