#BaliVacayWork2016 - Hitchhiker

11:50:00 AM

.
Judulnya aja udah nggak enak. Iya, nebeng.

Sebelum mulai cerita, gw mau berkisah dulu. Jadi suatu hari gw pernah ngepost tentang kegiatan gw yang sangat sering gw lakukan yaitu, NEBENG. Bisa dicek di sini siapa aja yang pernah gw tebengin dari SMA - hingga beberapa bulan mulai kerja di Milk. Setelah gw bikin tulisan itu, entah kenapa kesempatan nebeng makin banyak menghampiri gw. Ibarat gw sangat penuh talenta sehingga banyak yang nawarin gw kerja di kantornya. Ibaratnya begitu.

Kali ini hobi gw rupanya ekspansi ke luar pulau, yaitu Bali. Gimana bisa gw nebeng di Bali?

Alkisah...

Gw berangkat ke kitchen bersama Dhira naik motor. Seperti biasa di shift subuh, kita berangkat dari rumah jam 4 pagi. Pagi itu jalanan gerindang (gerimis mengundang) dan ASLI DINGIN BANGET YA TUHANKU. Sebenernya Dhira bilang kalo dia nggak enak badan, tapi ya dipaksain aja buat masuk kerja. Okelah.

Kita sampe kitchen. Saat itu cuma ada si kambing duh gw lupa namanya siapa sih itu anak oh iya, Bahri. Kegiatan pertama ketika sampe kitchen adalah:

1. Gulung lengan chef's jacket
2. Stretching seakan ingin senam lantai
3. Keluarin sponge cake
4. Cek orderan
5. Cek kulkas buat ngecek orderan
6. Ngeluh kedinginan karena buka kulkas
7. Buka brankas buat ambil peralatan dan tisu (sering ilang ciyn)
8. Keluarin gelatin dari kulkas
9. Keluarin ready to decor single cake dari freezer sesuai orderan
10. Ngeluh kedinginan dan siap bekerja

Kita bertiga melakukan itu dengan sok semangat. Tapi Dhira pucet. Dia pun izin bertapa ke luar. Gw dan Bahri pun dekor single cake sambil cerita-cerita. Dia yang cerita, bukan gw. Lalu kita bikin muffin, becanda sama ibu Ayu, dan lain-lain. Kemudian, Dhira dateng dengan muka makin absurd. Dia berkata bahwasanya nggak bisa kerja hari ini karena nggak kuat. Woh!

Gw udah menawarkan untuk mas Habibi aja (orang rumah) yang jemput dia, atau order taksi buat pulang, namun dese ngga mau. Maunya pulang sendiri aja pake motor. Krik. Anak gila. Bener aja, doi pulang sendirian dong dengan meninggalkan helm gw in case gw pulang sama siapalah nanti. Jegeder! Gw langsung mikir bakal pulang pake Gojek. Fiks.

Sepeninggal Dhira, kitchen cuma berdua doang. Orderan pagi itu udah semua dikerjain dan kita gabut. Bahri pun pergi sarapan dan gw ditinggal sendirian di kitchen buat jaga-jaga kali aja ada orderan. Lalu Ibu Ayu masuk dan gosip-gosip. Setelah itu, dia makan di pojok belakang. Gw makin bingung mau ngapain. Akhirnya gw berinisiatif buat latihan nulis pake coklat. Gw nyalain kompor yang di atasnya sudah ada dua tumpuk panci. Satu panci berisi air dan satu lagi coklat. Sambil manasin, gw melakukan hal-hal yang kurang berfaedah. Salah satunya jongkok.

Tiba-tiba...

Bu Ayu: hmmmhhhh... Bau apa ini?
Gw: Bau?
Bu Ayu: BAU GOSONG INI! DHEA! KAMU MASAK APA?
Gw: HAH? Cokl......
Bu Ayu: ITU COKLATMU GOSONG! *matiin kompor*
Gw: Aaaa...... *panik bengong*

Seketika kitchen berasap. Bau. Gosong. Gua. Pengen. Berenang. Ke. Depok.

Pintu dibuka. Semua pada nanya kebakaran apa. Bu Ayu menceritakan bahwa gw masak coklat tapi gosong. Lalu pandangan orang-orang ke gw semua.

Asli. Gua. Pengen. Pulang. Ke. Depok. Saat. Itu. Juga.

Ternyata nih ya, selidik punya selidik, air di atas panci itu udah sedikiiiit banget. Jadi air abis dan api kompor masih nyala. Yaudah deh gosong. UNTUNG AJAAA PANCINYA BAGUS! Pancinya yang bawahnya copper jadinya kuat nggak mudah gosong meleleh. Efeknya adalah Bu Ayu jadi harus menanggung keteledoran gw dengan berkali-kali nyuci itu panci.

Fyi, itu jam 6 pagi untungnya masih sedikit yang baru dateng. Jadi yang nyium bau kenistaan gw nggak banyak. Tapi tetep aja ya, gw ditanya-tanya kenapa bisa terjadi dan gw pasang tampang cool bahwa itu kejadian biasa aja kok...

*padahal mules*

Drama berakhir setelah asap di kitchen pastry abis. Semua kembali damai dan tentram meskipun kayaknya pada kepikiran pengen pindahin gw ke divisi kebersihan aja deh. Pas gw lagi cek orderan, tiba-tiba ada yang nanya, "Dhira kemana?". Gw pun langsung menjelaskan mengapa dan orang-orang langsung sibuk nanya, "Trus kamu gimana pulangnya? Seng ada motor lagi...". Kemudian terjadilah ini...

Bu Agung: Kamu dimana rumahnya?
Gw: Aku di Sidakarya, Bu
Bu Agung: Pak, kamu dimana rumahnya? *tiba-tiba teriak buka pintu manggil Pak Halim*
Pak Halim: Aku Sesetan. Kenken?
Bu Agung: Ini anterin Dhea pulang ya! Dia di Sidakarya!
Gw: Hah? Ih ga usah bu. Aku naik Gojek aja atau minta orang rumah jemput bisa kok...
Pak Halim: Kamu Sidakarya ya? Oalah oke
Gw: Nggak usah pak hehe
Pak Halim: Yo! Woy Aryo! Kamu anterin Dhea ya! Kamu di Renon kan?
Aryo: *bengong depan oven*
Gw: Ga usah paaaaaak~~~

Fyi aja nih,
Bu Agung: orang office. Gw kenal baik
Pak Halim: orang bakery. Gw kenal-kenal aja dan pernah ketemu di mushola
Aryo: ponakan yang punya BaBe & gw sama sekali ga kenal.

Segila-gilanya gw, nggak mau juga bok nebeng orang yang gw nggak kenal, di pulau orang, dan paling penting, GW SENDIRI NGGAK AFAL JALAN PULANG KERUMAH! Itu penting. Gw pun bingung kalo naik Gojek, bli-nya nggak bisa baca peta, amsyong gua entar jangan-jangan dibawa ke upacara ngaben.

Setelah meyakinkan ribuan kali bahwa gw akan dijemput orang rumah meskipun gw tidak yakin, akhirnya pemaksaan buat nebeng pun kelar. Gengsi madam. Lalu jam 1 siang tiba. Saatnya gw pulang. Resah menggelayuti perasaan ini. Gw berjalan gontai ke loker. Gontai karena sarapan cheesecake doang, bukan pake nasi kuning plus tempe orek dan telor dadar. Di loker, ngobrol sama Dea. Dia nanya berapa duit Gojek dari Kerobokan sampe Sidakarya. Ternyata sekitar 25K-30K gw lupa. Dia shock karena mahal. Padahal sejujurnya buat gw biasa aja karena di Jakarta kemana-mana juga segitu hehe. Lalu Dea pun memberi ide brilian.

"Teh, teteh bereng Kresna aja! Dia mau kok pasti ke rumah Dhira. Nanti kan kita-kita juga bakal ke rumah Dhira, jadi biar Kresna tau duluan. Dia pinter kok bisa baca peta hahaha"

WAH! Dea pun bilang ke Kresna dan dia mengiyakan dengan mudah. Yaela mure amat lu, Na. Gw pikir bakal susah secara panas banget, jauh, dan dia kudu balik ke arah Kerobokan lagi secara kost di deket sana. Pria ini mudah sekali digoda teteh-teteh. Ck.

Sebelum pulang, gw, Dea, dan Kresna makan bakso dulu di pasar deket sana. Bakso sapi. Sapi beneran, bukan "sapi bantet" ya. Setelah Dea nambah mangkok kedua, gw dan Kresna pun pulang. Gw berharap supaya nggak nyasar karena lupa jalan. Akhirnya kita pilih lewat Sunset Road - Bypass karena lurus doang hahaha. Setelah belokan-belokan yang ternyata mudah, ketemu bule pake beha doang di siang bolong, mikir keras kalo gw nggak salah belok, akhirnya kita sampe rumah.

Semua orang di rumah menyambut gw dengan gegap gempita dan terompet tahun baru.


Oke nggak deng.

Next:
IGD di pulau orang lebih epic daripada IGD di pulau sendiri.

You Might Also Like

0 komens

Subscribe