Recipe: Baked Egg Whites and Potato

9:39:00 AM

.
Pemirsaaa! Ini post pertama di 2017 wow! Biasanya post pertama berisi resolusi untuk tahun ini, tapi karena gw nggak ada resolusi khusus, maka diganti aja sama resep deh. Ya sebenernya bukan nggak ada sih tapi karena lupa dan nggak sempet aja, ceu. Shall we start?

Seperti biasa, pagi di rumah suka nggak ada makanan yang ready. Jadi pagi hari gw biasa diisi dengan pesen nasi uduk, ketupat sayur, atau minum madu pake chia seed. Nggak kenyang sih, tapi emang males aja. Hehe.

Pagi ini, gw abis ngurusin daftar belanjaan katering, lumayan mulai berasa laper. Ngelongok ke dapur katering, whaaa ada kentang 10 kg, bawang bombay, & bawang merah! Ngelongok ke kulkas ada sisa putih telur kemarin dan tofu. Hmm. Mulai kepikiran bikin kentang dan telur tapi nggak tau mau diapain. Iseng buka tempat gas dekat kompor, JRENGGG GASNYA ILANG!

*pasang muka kagetnya Macaulay Culkin di Home Alone*

Sebal. Tapi karena gw anaknya penuh akal dan cerdas, gw pun mulai nyalain...oven listrik! Yha! Tandanya gw akan mengolah masakan panggang-panggangan. Dengan perut yang mulai minta dipanjatkan doa makan, gw pun mulai memotong dan menabur. Kayak apose? Indang mak...

Baked Egg Whites and Potato


Baked Egg Whites
Bahan:
Putih telur (gw sih pakai 4 telur)
Tofu, potong biasa
Tomat, potong wedges
Bawang putih, cincang halus
Bawang Bombay, slice aja
Mustard
Garam
Merica
Rosemary kering
Bubuk paprika
Thyme kering
Parsley kering
Olive oil untuk mengoles loyang

Cara membuat:
1. Kocok putih telur dengan bawang putih, bawang bombay, mustard, garam, merica, dan rosemary. Sisihkan
2. Olesi loyang ukuran 15cm bulat dengan olive oil. Tuang adonan ke dalam loyang.
3. Tata tomat dan tofu selang seling di atas adonan
4. Tabur bubuk paprika, thyme, dan parsley.
5. Panggang dengan suhu 175 selama 10-15 menit. Suka-suka atur aja yang penting mateng.
6. Selesai deh

Baked Potato
Bahan:
Kentang, cuci bersih, potong jardines (balok) (biar keren aja pake istilah), rendam air garam
Garam
Merica
Rosemary kering
Bawang putih, cincang halus
Bawang Bombay, slice aja
Oregano
Olive oil untuk mengoles loyang dan membaluri kentang

Cara membuat:
1. Oles loyang dengan olive oil dan masukkan kentang
2. Masukkan semua bahan dan balurkan ke kentang. Diamkan 10 menit.
3. Panggang kentang dengan suhu 200 selama...lama. Asli lama banget. Ada kali 30 menit lebih atau sampai empuk aja ya. Kentang itu nggak boleh setengah mateng sih setahu gw
4. Kelar


Komentar:
Enak juga. Baked egg whites-nya lumayan berasa karena penggunaan bahan kering yang lumayan banyak. Kalau suka pedas, pake cayenne pepper aja. Oh iya, mustard itu memberikan rasa "nendang" yang cukup baik loh. Putih telur yang emang rasanya hambar dan amis ini (tolong, bukan Amis Daud ya) kebantu banget dengan adanya mustard. Rasa asem dari tomat juga ternyata bikin enak juga. Nggak bosen makannya.

Potato a.ka kentangnya karena gw nggak sabar (laper), gw hanya panggang sampai dia lembut aja, nggak sampai kering. Biasanya baked potato kan kering gitu permukaan luarnya. Nah ini lebih kayak kentang direbus. Lembut dan licin. Itu kentang apa busa Kodomo?

Jadi di dalam sarapan gw hari ini cukup banyak gizi yang gw nikmati. Ahzeg. Ada apa aja?
Putih telur: protein & bebas kolesterol
Tofu: protein
Tomat: lycopene, vitamin C
Kentang: karbohidrat, kalium
Bawang putih: bermanfaat untuk menurunkan kolesterol
Olive oil: sama, anti kolesterol juga

Jangan lupa, ini sama sekali nggak digoreng, jadi bebas lemak trans. Lebih sehat dipanggang. Tapi lebih sehat lagi dikukus sih.

Ih Dheyanne sehat banget nih uwuwu. Mari menuju #SawanganSehat2017 #VisitRangkapanJaya #GerakCepatIngatTenggat #BalikLagiKeDapur #SadarPenuhHadirUtuh #SadarSadarlahAbang #VisitJalanSadar

*satu hashtag terselubung*

You Might Also Like

1 komens

  1. Wah, keliatan enak banget yaaa,
    bisa jadi alternatif menu sarapan kayaknya :)

    ReplyDelete

Subscribe