Movie Review: The Lego Batman Movie

4:34:00 PM

.

Sebelum memulai review ini, izinkan saya untuk memberitahu bahwa isinya spoiler semua. Terima kasih dan sayang.

Suatu Senin lalu, gw pergi nonton ke mall kesayangan bersama dengan Sandiaga Undo. Iya, Undo.  Ctrl + Z. Kalo mau dibalikin lagi jadi Redo. Mall kesayangan gw? Iya, mall baru dengan bioskop yang sepi dan tenant yang masih sepi. Pas buat selingkuh atau menjalin hubungan backstreet lah itu mall. Mallnya dimana? Eits, rahasia. Nanti rame kalo pada tau. Oke? Oce...

Oh iya, Sandiaga Undo disini orang beneran kok. In case ada yang nanya, "Streaming dimana?" atau "Dhe, lo halusinasi ya nonton sama orang paling cakep se-pilkada Jakarta?". Gw ngga halusinasi kok beneran hahaha. Halusinasi tuh kalo gw nonton sama Sandiaga aslinya lah!
*tiba-tiba senyum-senyum halu*
*lupa kalo doi seharusnya jadi om*

Yak kelamaan intronya kayak abege kenalan di Tinder. Mari kita mulai review unfaedah berikut~


The Lego Batman Movie

pic
Film ini dimulai dengan sangat bangke. Setelah ada sertifikasi tayang dari LSF, layar berubah hitam. Lalu narator a.ka Batman ngomong, "Black. A good movie starts with black screen. With a thrilling backsound to make parents and all studio staffs happy". Dilanjutkan dengan logo Warner Bros dan narator, "Warner Bros. Why not 'Warner Brothers'?". Lalu logo apa tau dan narator, "Logo. I don't know what is this but this looks masculine."

JIR! Gw ketawa. Si kampret emang dari awal aja udah gini, gimana kebelakangnya bok? Gw rasanya ingin merobek layar bisokop.

Dan ternyata memang runyam. Ada quotes sok bijak dari "Batman" sebelum film dimulai.

"If you wanna make the world a better place, take a look at yourself and then make a change"


Gw mikir, kok familiar ya kalimat ini. 


Tiba-tiba, HANJAAAY LAGUNYA MICHAEL JACKSON  YANG MAN IN THE MIRROR INI MAH HAHAHA! Bangke total. 



Cerita dimulai dari Batman menumpas kejahatan seperti biasa lah. Setelah pak polisi (lupa) mencet alarm Batman, muncul proyeksi logo Batman di langit, Batman pun menumpas para penjahat. Tak lupa kemunculan Joker yang... ASLI BAPER ABIS! Joker naro bom di bawah tanah, sementara Batman pengen nangkep Joker. Batman harus pilih dong, mau nyelametin kota Gotham atau berantem ama Joker, musuh bebuyutannya yang paling paling paling bikin Batman kesel. Sayangnya Batman ngga nganggep Joker adalah musuh terbesarnya. Joker pun baper! 

Gini ya, di dunia normal kita orang, Batman bisa diibaratkan sebagai cowok dan Joker adalah ceweknya. Si cowok dan cewek jalan bareng, ngapa-ngapain bareng, pokoknya couple. Tapi ternyata cowok nganggep si cewek ya biasa aja. No strings attached. Platonic. Ceweknya sedih dong ternyata selama ini dianggap platonic. Wajar oke? Oke.

Mari kembali ke film. Disini, JOKERNYA MINTA DIANGGAP MUSUH BANGET DAN NGAREP KAYAK MINTA DIAKUI! Mukanya sumpah ya, kayak cewek-cewek diputusin pas lagi sayang-sayangnya. Anjrit gw ketawa ngakak lagi. Harus liat sendiri sih, epik.

Setelah ketawa lemes, Joker lepas dan Batman melindungi kota. Dielu-elukan dong sama satu kota. Lalu dia balik pulang ke BatCave. Kocaknya pas masuk, disuruh ucapin password kan sama 'Puter (computer maksudnya). Tau passwordnya apa? "Iron Man sucks!"

HAHAHA. Makin kampret. Disitu dia makan lobster thermidor yang suaranya pas digigit, mirip kerupuk ini

pic

Abis mam, Batman nonton di theatre rumahnya itu. Bok, film-filmnya ternyata romcom aja dong, macem Marley & Me dan Serendipity. Gw ngakak sejadi-jadinya. Gw murah banget gampang ngakak. Setelah nonton, ia termenung ngeliatin foto keluarganya. Ada bapak, ibu, dan dia yang lagi wefie. Jangan dibahas kenapa pada masa lalu udah ada kamera berwarna. Iyain aja pokoknya. Batman sedih. Lalu dateng Alfred dan bilang saatnya dia berkeluarga lah. Woelah udah kayak nyokap guwa nyuruh kawin. Disitu Batman breakdance sampah banget hahaha. Setelah dia gila, malemnya berubah menjadi Bruce Wayne ke tempat sertijab pak polisi ke anaknya pak polisi. 

Gala night gitu, Wayne tetap ya jadi orang kaya banget lah. Disitu dia ngeliat anaknya polisi yang akan diangkat jadi apa sih namanya, kolonel ya? Ya itu lah. Si anak ini namanya Barbara, cantik, Batman naksir. Meanwhile dia ngeliatin Barbs, ada anak panti yang jadi choir di situ. Dia ngefans parah sama Wayne dan berusaha minta diadopsi. Itu anak mengajukan berbagai pertanyaan yang mana si Wayne jawab iya aja karena nggak konsen liatin Barbs. Sampe akhirnya Wayne jawab iya mau adopsi (mulut iya, hati mah enggak hahaha)

Geblek emang. Si anak itu kegirangan berasa keadopsi. Iya aja ya. Lalu Barbs ngomong setelah sertijab. Dia berasal dari Harvard School for Police. Anjay. Dia juga meminta Batman untuk bekerja sama dengan polisi, jadi Batman ngga sendiri lagi kalo kerja. Wadaw. Wayne kesel banget karena dia kan one man show plus gengsinya tinggi kayak Burj Al Arab.

*baca: sumpah gengsi gw udah nggak setinggi itu lagi. Dulu sih iya HAHA. FYI aja kali ada yang nanya. Temen-temen kuliah gw misalnya. Si Mya dan Icha misalnya :p*

Pas lagi debat sama Wayne, JRENGGG Joker dateng bersama pasukan. Dia dateng setelah di-platonic-in sama Batman. Baper? PASTI. Kayak cewek ditanya "Kenapa kok ngambek?" tapi dijawab, "Gpp." Mampus lu Batman. Di situ, Barbara ikut kaget dan mau minta Batman buat nangkep komplotan itu bareng-bareng. Batman gengsi setinggi Burj Al Arab dong, diajak kerja tim. Tiba-tiba, Joker menyerahkan diri gitu aja. Dia memborgol tangannya sendiri dengan borgol Lego tentunya. Ya, kalo borgol bulu kelinci tandanya itu film 50 Shades of Grey.
*berusaha menghapus bayang-bayang Mas Grey*
*ambil mukena*

pic
Eh tadi sampe mana? Hah iya sampe borgol bulu. Jadi Joker memborgol dirinya sendiri dengan borgol Lego sebagai bukti penyerahan dirinya. Batman dan Barbara kaget. Lalu Joker bilang kalau komplotan gengnya dia bakalan menyerah juga. Komplotan kaget. Sutradara kaget. Penonton kaget. Mas yang jualan popcorn kaget. Lalu Joker membungkus mereka semua pake kotak kado buat dikirim ke penjara Arkham. Semua karena Joker baper nggak dianggap apa-apa oleh Batman. 

Scene berganti. 

Batman sedih karena dia jadi jobless. Penjahat udah abis. Dia bingung mau ngapain. Kalo ke rumah gw, udah gw suruh delivery katering ke rumah-rumah deh. Weekend jadi waiter. Lumayan kan. Atau kalo dia mau lebih berat lagi pekerjaannya, bisa ke Pantura. Jadi petani palawija. Tapi sayangnya dia masih mau bertahan di Gotham City. Sebelahan sama Gandaria City.
*dikepret pake sayap*

Batman termenung di BatCave. Mau ngobrol sama 'Puter, eh nggak bisa diakses. Pokoknya bete banget. Kalo kata anak gaul Instagram, eteb tengab lah. Pas lagi bengong kesel karena 'Puter nggak mau nyala, di sisi kanan ada Alfred muncul dari balik kursi. Alfred bilang mendingan Mas Batman ngasuh anak yatim aja yang udah dia adopsi. Batman kaget lagipula terhenyak, "Anak? Mane anak, Pred?". Lalu Alfred pun menyuruh anak tersebut buat masuk ke BatCave. Dengan gegap gempita penuh rasa bahagia, anak itu masuk. 

pic
Setelah ketemu Batman, dia kaget. Karena yang mengadopsi dia adalah Bruce Wayne, kok ini ada Batman? Berkat kepintaran Batman, akhirnya si anak ini mau aja dikibulin bahwa Wayne dan Batman tinggal satu cave. Otomatis, "Yay! I have two fathers!", kata si anak. Hmmmmm... Okay... Hmmmm...
*mulai nganalisis semiotika film*
*ngemilin jurnal ilmiah di perpus kampus*

Lalu si anak diajarin bagaimana caranya bertahan hidup oleh Batman. Sebelumnya juga ditanya apa bisa jadi partnernya Batman. Anak itu bilang bisa. Setelah resmi mengadopsi anak itu (yak mari kita sambut kehadiran... ROBIN!!!),

pic

BUKAN DIAAA! ITU ROBIN SCHERBATSKY DARI HOW I MET YOUR MOTHER!

Ehm tadi sampe mana? Oh adopsi. Iya, setelah resmi mengadopsi si anak yang akhirnya menjadi seorang Robin, Batman pun bisa menyalakan 'Puter kembali. Emang dasar si 'Puter ckck. Di situ Batman dikasih tahu cara memusnahkan Joker yaitu dengan sebuah alat yang bisa mengirim dia ke Zona Bayangan (lupa gw namanya apa). Nah, masalahnya, alat itu ada di rumah love-hate relationshipnya dia, Superman! Untuk mengambil alat itu, Batman harus mencuri dengan berbagai teknik ribet yang mana bisa dilakukan oleh Robin ini.

Lalala mereka berkunjung ke rumahnya Superman. Robin udah masuk melalui sela-sela rumah, sementara Batman ngetok pintu. Ya, udah kayak tetangga ngajak kerja bakti lah ya... Di situ Superman kaget agak awkward dan Batman menerobos aja masuk. Batman kaget ternyata di dalem situ lagi ada...

JUSTICE LEAGUE LAGI PARTY AJA DONG!!!

Gw ngakak disini. Sampach. Batman bete abis karena nggak diundang. Mereka yang lagi party beralasan emailnya mungkin nggak nyampe ke Batman ya padahal mah emang ngana ngga diundang aja Bat! Batman sok cuek dan fokus ke Robin yang lagi nyari alat itu. Setelah dapet, mereka keluar dan kembali ke Gotham.

Di Gotham, mereka ke penjara tempat Joker berada. Di sana Joker lagi meditasi. Iyain aja pokoknya. Lalu Batman menekan tombol di alat itu dan dia mengirim Joker ke whatever Zona Bayangan tadi. Ternyata langkah Batman tadi salah menurut Barbara. Dia pun memenjarai Batman dan Robin. Mereka kesel. Tapi untuk menghilangkan kekesalannya, Batman dengan ngehenya malah beatbox. Sumpah whyyyy!
*ketawa kesel guling-guling di bangku penonton*

Di Zona Bayangan whatever tadi ternyata tempatnya penjahat-penjahat dunia. Plis banget sih ada KingKong, Godzilla, Voldemort, Medusa, sampe duh yang ada di Lord of the Rings itu tuh. Asli ini film apa huhuhu kok kampret namun I love. Singkat cerita, mereka jadi pendukungnya Joker buat kembali ke Gotham dengan dibantu Brick Lady, sebuah brick yang jadi "resepsionis" di tempat itu.

Mereka datang ke Gotham dan menghancurkan isi kota. BatCave diubah sama Joker jadi taman bermain. Barbara minta bantuan Batman Robin dan melepaskan mereka. Akhirnya ya berantem deh. Rame. Dibantu juga oleh Alfred. Teamwork ini pun sedikit berhasil. Tapi Batman yang dasarnya dibekali sifat congkak, sombong, one man show, dan gengsi masih setinggi Burj Al Arab, nggak mau tuh teamwork kayak gitu. Karena dia menganggap bahwa dia bisa kok sendiri aja. Dih!
*penonton kesel*
*penonton sepertinya lapar*

pic
Batman pun menyuruh mereka buat pergi menjauh ke kota, sementara Batman ke Zona Bayangan. Gw lupa kenapa begini ya? Pokoknya di Zona Bayangan, Batman dikasih refleksi bukan pijat tentang apa yang dia perbuat oleh si mbak Brick Lady. Ada proyektor berisi apa aja yang dia lakukan. Kan dia bukan orang jahat, kenapa bisa kesini? Di proyeksi itu juga ada adegan Barbara, Alfred, dan Robin lagi dikejar musuh. Batman kaget dan kasian. Brick Lady pun ngasitau bahwa sebenernya yang menjadi musuh dia itu adalah dia sendiri...ri...ri...

Batman minta dibalikin ke Gotham buat nolong timnya itu. Lalu Batman menolong mereka dan berhasil hore. Tapi ternyata Gotham kebelah jadi dua. Retak gitu dan misah. Mungkin gara-gara ada Godzilla dan Kingkong. Wah, bagaimana cara menyatukan kota ini ya? 

Gw pikir ini, bakal menghancurkan Joker menjadi kepingan Lego aja dan kota menyatu kembali. Atau apa gitu ada manusia yang tiba-tiba bikin kotanya jadi menyatu kembali. Ternyata tebakan gw salah pemirsa yang budiman dan budiwati. Mereka menyatukan kota dengan cara...

Menyambung-nyambungkan kepala membuat jembatan antar pecahan kota sehingga kota menyatu kembali.

Demit. Kesel abis. Di situ Batman dan Joker bersatu buat menyatukan kota. Batman akhirnya sepakat buat mengakui Joker sebagai musuhnya. Joker tersenyum bahagia. Joker baper emang anaknya. Duh gila hahaha. Lalu akhirnya team Batman tinggal bersama. Narator pun menjelaskan bahwa Alfred jadi older father, Batman a.ka Wayne jadi father, Robin jadi anak, dan Barbara (BatGirl).....doi jadi platonic aja sama Batman. Sumpah jahat abis si Batman hahaha. Itu kalo Barbaranya ngarep gimana? Masa mereka nggak cinlok sih? Jahat abis Batman ishhh~
#TeamCinlok #TeamBatmanBatgirl #BatmanNembakBatgirlDong #BatmanBatgirlMenujuKUA2017

Endingnya, ditutup dengan screen putih dan musik gembira agar para orang tua dan studio staf tersenyum bahagia. 

---

Ini film emang kampret menurut gw. Kelelawar = kampret. Humornya nggak abis-abis dan sebenernya ada pesan moralnya. Pesannya adalah jangan egois, one man show, dan gengsi setinggi Burj Al Arab. Kita tuh butuh orang lain, karena kita makhluk sosial gitu loh. Gitu aja sih. Selebihnya, kenapa Batman jahara abis sama Batgirl? :))))

Sekian dulu. Salam hangat dari saya dan Sandiaga Undo yang masuk putaran kedua. Doakan selanjutnya saya bisa nonton sama Sandiaga Uno beneran.


HAHAHAHAHA.
*digeplak bininya beneran*

You Might Also Like

0 komens

Subscribe