Cari Buku Mirip Cari Jodoh #BBW2017

12:17:00 AM

.

Sebelum mulai nulis yang banyak, saya akan memberikan sebuah quotes manis dan legit terlebih dahulu.

"Cari buku tema cookery di Big Bad Wolf itu kayak nyari jodoh. Banyak yang oke, tapi cuma sedikit yang kita sebenernya butuhkan."

BENER GAK?

Oh nggak, ya? Well, buat gw bener. Selain karena gw yang bikin sendiri quotesnya, pada kenyataannya emang bener, lho. Jadi gimana sih? Jadi gini...

Seperti yang kitorang semua tahu, Big Bad Wolf 2017 kemarin alias BBW2017 itu memberikan pilihan buku yang lebih banyak dan lebih lengkap dibanding tahun sebelumnya. Buku yang disinyalir lebih lengkap itu berasal dari section Children's book dan Cookery book. Tentu saja favorit ibu-ibu urban, bukan?

Pas tau bagian Cookery itu banyak banget yang bagus dan direkomendasikan orang-orang yang sudah kesana, gw pun tertarik. Bahkan sangat tertarik. Tapi nih, "ketertarikan gw sama buku masak" mungkin beda sama "ketertarikan orang lain dengan buku masak". Ketika orang-orang memilih buku resep mulai dari resep kue, resep sup, resep masakan Italia, sampe resep turunan mertua (?), gw pun memilih buku yang...lebih worthed.

Bukan, bukan bermaksud buku resep itu ngga worth buat gw. Tapi, resep itu kan bisa dicari di internet. Segampang itu. Bahkan nggak semua resep di buku akan gw coba, karena jujur, gw lebih percaya resep di blog orang dibanding buku. Kenapa? Karena di buku suka nggak dikasihtau trik dan kegagalan yang kemungkinan akan terjadi. Sementara di blog orang, dia akan cerita bahwa dia berhasil dengan mencoba mungkin 2-3 kali resep tersebut sebelum di-share ke rakyat jelata.

Lalu, apa yang gw cari di BBW2017?

BUKU TEKNIK MEMASAK!

Hipster banget nggak tuh. Kenapa gw malah nyari buku teknik masak? Karena, teknik dan informasi jauh lebih berguna buat gw ketimbang resep. Yha, resep penting, tapi gw butuh pendalaman dibalik bahan, tekniknya, hasilnya, dan lain-lain. Contohnya nih, gw bikin sponge cake dengan teknik telor dikocok sama gula sesuai resep yang gw percaya. Gw sebagai gadis kritis dan penuh rasa ingin tahu, tentu penasaran kenapa mesti si telor dan gula dikocok? Kenapa bisa menghasilkan fluffiness tingkat dewa? Kenapa gulanya harus gula pasir? Kenapa beda teknik dengan butter type cake? Dan segala pertanyaan yang buat orang nggak penting tapi buat gw penting. Then, I should have a cooking/baking/decorating technique book.

Setelah gw ngubek section Cookery dengan penuh daya juang tanpa mengenal lelah disertai pribadi yang ikhlas dan penyayang sesama, gw pun menemukan "jodoh" gw. GILA SENENG BANGET HAMBA!

Berikut tiga jodoh gw dalam bentuk buku masakan.





The Cook's Compendium



Ini buku cakep banget. Gw udah ngincer buku ini sejak browsing di websitenya BBW2017. Gw cari di internet nukilan bukunya, WHAAAW ini buku yang gw cari! Isinya seputar informasi aneka bahan masakan, cara pengolahan, cara penyimpanan, jenis-jenis bahan, penggunaan alat, teknik membuat sesuatu, sampai ke table setting. Gils.

Meskipun isinya nggak lengkap kayak buku ensiklopedia, tapi buku ini cukup bikin gw terpukau dan luluh. Tampilan covernya menarik. Isi dalemnya lebih menarik lagi. Full color, foto, dan pemilihan fontnya modern.

Author: Jenni Davis
Publisher: APPLE


Baking Bootcamp



Sejujurnya, gw belum pernah baca dengan serius buku ini. Tapi gw tau isinya bagus. Jadi ini cerita tentang training seseorang di Culinary Institute of America. Gw sekilas baca, seru gitu pengalamannya. Bikin inget sama Bapak Bakery :')

Bukunya hemmm besar, tebel banget dan pake hardcopy. Jadi nggak bisa gw bawa masukin tas. Segede laptop bok. Paling ini buku buat baca di rumah aja sih. Di dalamnya nggak cuma ada tulisan tentang pengalaman dia, ada foto juga kok. Oh, ada resep juga dan tentu tekniknya. Kayak bikin roti, pastry, cookies, dan rekan-rekan. Resep-resep basic gitu lah pokoknya

Author: The Culinary Institute of America and Darra Goldstein
Publisher: WILEY


The International School of Sugarcraft (Book Three)



Parah sih. Ini buku bener-bener buku teknik. Cara dekor menggunakan royal icing, fondant, gum paste, chocolate modelling, dan rekan-rekannya. Cara bikin wedding cake, kue ultah anak, figurin, sampe ke bunga! Ini bagian tergila karena kalo kursus mahal banget bahahaha. Gw belom praktik sih, tapi bener-bener ngasih inspirasi ini buku. Yah, meskipun ada beberapa teknik penggunaan alat yang gw-lebih-suka-cara-gw-sendiri dibanding cara yang sebaiknya dilakukan. Nyamannya kita aja sih.

Dalemnya detail sekali. Kalau baca satu-satu, gw sih, bosen. Mending baca sambil praktik biar paham. Karena isinya bener-bener step by step, jadi bakal bingung kalo nggak sambil praktik. Fontnya rada kecil sih, ya biar muat banyak kali ya. Foto-fotonya mendukung, karena bagus dan detail.

Author: Margaret Lodge & Nicholas Lodge
Publisher: Murdoch Books

Yak sekian jodoh-jodoh gw dari dunia Cookery books BBW2017 kemarin. Buat gw, ini gw yang gw cari, butuhkan, impikan. Bukan sekedar buku resep aja yang menampilkan foto cantik tapi sebenarnya kurang memuaskan gw. No, I don't need that. Gw butuh buku yang lebih berbobot, lebih berwawasan, lebih bikin gw cerdas, lebih bikin gw memahami arti hidup sesungguhnya.

LHA KAYAK NYARI JODOH BENERAN GUWA.

Etapi bener kan, banyak yang oke, tapi belom tentu itu yang kita butuhkan dan inginkan, kan?
*wink*
*wink-o babat*



You Might Also Like

0 komens

Subscribe