Punya Usaha Itu Enak, Tapi...

5:13:00 PM

.
Bwa.

Kali ini post gw berbau keseriusan. Mohon jangan tertawa, karena saya serius. Silakan.

...

Mulai dari mana ya? Hmm, jadi akhir-akhir ini gw sering ngobrol sama temen gw, Ninna, tentang Young & Female Entrepreneur. Alias kita berdua. Kita yang masih young dan alhamdulillah tetap female. Kita ngomongin dari mulai suka suka dukanya punya usaha, membuahkan karya, ketemu kegagalan, mengubah persepsi, dan lain-lain. Gini...

Suka suka dukanya punya usaha sendiri
Nggak sedikit yang bilang, "Enak banget ya punya usaha sendiri... Pengen deh, kerja nggak sesukanya, duit ngalir terus...". Kalimat itu sejujurnya, menyenangkan sekaligus ironi. Menyenangkan, ya emang menyenangkan punya usaha sendiri. Bebas. Semau gue. Serahlu. Kapan lagi menciptakan produk sendiri, mengakui hasil karya, menjual ke orang lain, dan mereka puas? Tingkat kebahagiaan customer itu menurut gw melampaui batas kepuasan kita sebagai produsen. Intinya, punya usaha sendiri itu punya tingkat kepuasan sendiri.

Dukanya ada. Banget. Kalo dibilang secara finansial, sangat amat tidak menentu. Gw bukan lagi seorang karyawan kantor yang kalo nggak punya duit, hanya berharap kalender maju ke tanggal 28. No offense, gw pernah berada di posisi itu. Gw tau rasanya ngirit makan demi bertahan hidup sampai akhir bulan. Ngirit makannya nggak separah, beli nasi pake kuah doang sih. Ngirit makan ala gw tetep mending bawa bekal ke kantor hehe. Gw tau rasanya nggak jadi beli suatu benda yang nggak penting-penting amat demi bertahan hidup hingga akhir bulan. Bahkan gw pernah ngirit ongkos ke kantor dengan berbagai cara (termasuk jalan kaki) demi bertahan hidup hingga akhir bulan. Lumayan, olahraga. Nggak ada yang salah.

Sekarang, gw bukan tipe berharap tanggal 28 cepetan dateng untuk bisa punya duit. Duit itu bisa dateng kapan aja dengan jumlah berapa aja. Tergantung usaha gw mau nyari apa nggak. Duit itu bisa dateng di tanggal "muda" atau tanggal "tua" sekalipun. Vice versa. Duit itu bisa abis kapan pun dimana pun. Ketika orang-orang hedon di tanggal muda, sangat mungkin kondisi dompet gw lagi "tanggal tua". Begitu juga sebaliknya. Yah, semenjak jadi baker & freelancer (yes, gw tetap seorang writer), gw jadi lebih menghargai uang alias duit. Bukan Dhea yang dulu gampangan klik online shop beli barang lucu, bukan Dhea yang dulu gampangan keluar masuk kafe, bukan Dhea yang dulu gampang jajan makanan gemes. Gw yang sekarang, mikir mulu. Tapi mikir bersyukur bahwa gw bisa sampe di kondisi ini. Kondisi yang sangat alhamdulillah gw harus syukuri.

Membuahkan Karya
Ini sih... Kalo dibilang gw sudah menghasilkan karya, iya. Humble brag, iya. Bukannya mau sombong atau apa, tapi gw cukup puas dan bangga dengan Dheyanne yang berusia 27 tahun ini sudah membuat banyak karya berupa makanan yang bikin orang senang sekaligus terharu. Well, alhamdulillah. Mungkin bentuk syukur tiap orang berbeda-beda. Kalo gw, gw suka ngeliat customer yang mukanya seneng, happy, terharu, nangis, bahkan sampe bangga sendiri ngeliat kue gw. Bangganya tuh kayak, "Woh, gila gw minta kue desain ini, ternyata bisa lebih cakep lagi...". Yah, beyond their expectation lah ya. Apalagi kalo ada yang bilang, "Nggak tega motong kuenya".

Rasanya. Kayak. Naik. Haji. Gratis. Seneng banget. Dia nggak tega karena dekorasinya yang bagus, meskipun dia tau rasanya lebih bagus lagi haha. Oh iya, ini serius. Lupa.

Pokoknya gitu. Membuahkan karya. Gw tahu, gw harus bersyukur atas karya selama ini. Dari mulai awal mencipta bikin orang kepalanya kayak kentang, sampe sekarang yang mana gw udah bisa membuat orang lain belajar bikin Robocop ke gw. Dari yang cuma iseng ngomong pas SMP, "Gw mau jadi pengusaha cake ah", dan ternyata diijabah sama Allah saat gw kuliah udah bisa punya uang jajan sendiri. Dari cuma berandai-andai, "Seru banget kerja di dapur pastry", sampe sekarang gw udah pernah training di Bapak Bakery di Bali. Dari cuma nonton acara masak di TV, dan sekarang gw udah masuk TV dua kali diminta mengajarkan bagaimana membuat cookies dan cupcakes. Gila sih.

Tingkat kepuasan batin gw ada di situ. Tingkat kepuasan batin gw adalah proses gw belajar sendiri.

Ketemu kegagalan
Plis lah, boong banget kalo ada yang ngomong, "Bikin usaha itu mudah. Tinggal kumpulin modal, jualan, lo kaya deh. Gampang!". Boong. Bikin usaha nggak semudah itu. Sumpah. Beberapa temen dekat gw mungkin inget bahwa dulu gw pernah ada usaha bareng temen-temen yaitu bikin clothing line. Itu cukup berasa gimana kita ngumpulin modalnya. Mulai dari ngumpulin uang kas, jualan fruit punch dan spageti di pinggir jalan, jualan baju bekas layak pakai di TK (jualin dengan harga 10ribuan ke ibu2 TK), dan lain-lain. Ngumpulin modal ya, mesti ngilangin gengsi. Malu sih jualan di pinggir jalan, tapi kita happy. Temen gw yang cowok digodain ibu-ibu TK, ada lagi yang bertugas jualan benerannya, gw jualan sambil belajar bahasa Arab karena ada ujian, semua kita lakuin dengan happy. Ya, meskipun bisnis itu berakhir tragis sih. Pertemanannya doang yang nggak berakhir hahaha.

Ada lagi ketika kegagalan ngejalanin The Puzzle. Percaya atau nggak, kita pasti ada debat setiap persiapan event. Cuma karena kita pinter, jadi bisa diselesaikan dengan baik dong. Kegagalan di The Puzzle bentuknya beragam dan lucu-lucu. Eh, bisa dibilang sih rintangan, bukan kegagalan ya. Rintangannya mulai dari tidur cuma 1 jam selama 2 hari, berantem sama kang bunga di Pizza Hut, ditinggal supir taksi demi beli balon, kesiangan bikin kue cubit jadi malah mirip kue lumpur, neror tukang buah buat minta kotaknya, sampe berburu cotton candy sampe ke pasar malem. Rintangan, tapi bisa jadi cerita dan pengalaman yang menarik.

Mengubah persepsi
Dari kegagalan di atas, pada akhirnya gw (dan kita) belajar banyak hal. Belajar gimana bikin strategi, gimana meminimkan risiko kegagalan, gimana biar lebih sukses lagi, dan lainnya. Pada akhirnya, gw pun belajar untuk mengubah persepsi. Gw percaya bahwa kegagalan itu nggak ada. Gw percaya bahwa kegagalan cuma bumbu-bumbu lucu aja. Gw percaya bisa diubah jadi lebih baik dan semua yang udah pernah terjadi, pasti ada hikmahnya.

Gw masih sangat inget bagaimana sakit hatinya gw saat kue gw "dipermasalahkan" oleh salah satu klien dekat. Gw nggak bisa cerita detail di sini karena selain perih banget, klien itu juga perlu gw lindungi privasinya. Intinya, bukan kue gw dibilang jelek atau apa, tapi bagaimana dia menyatakan bahwa, "Sebenarnya gw cuma manfaatin lo aja kok :)" dengan muka manis. Itu bikin gw sakit hati selama sebulan lah. Gw yang biasanya sangat pemaaf (bukan bragging, tapi tanya deh ke temen-temen gw hehe), kali ini gw susah banget maafin si klien tersebut. Sampe akhirnya gw belajar ikhlas. Gw mengubah persepsi bahwa dia nggak sejahat itu selamanya. Gw belajar bahwa selama ini dia sudah banyak membuat hidup gw lebih baik, dia berjasa buat gw. Meskipun sakit hati banget, tapi yasudahlah, gw ambil hikmahnya. Hikmahnya, dia pernah baik banget ke gw, kue dia bisa dinikmati banyak orang dengan muka happy, kue gw bisa jadi portfolio di CV khusus cake gw, kejadian ini bisa gw pelajari supaya nggak terulang, dan... untuk menghindari hal tersebut, gw tidak akan menerima pesanan dia lagi :')

Terdengar jahat, memang. Tapi gw juga manusia biasa, kan? Manusia yang bisa sakit hati dan berusaha mengubah persepsi. Manusia yang juga bisa mencegah supaya sakit hatinya nggak terulang lagi :)

Udah ah seriusnya. Saatnya balik ngerjain artikel yang numpuk kayak rantang katering. Semoga yang baca bisa mengambil pelajaran bahwa, punya usaha itu enak, tapi...

;)

You Might Also Like

0 komens

Subscribe