The Kapan Kawin Question

12:50:00 PM

.
Iya. Kapan kaw...
*lempar lembing*

Gw sesungguhnya sudah cukup lelah sama pertanyaan berbau, "kapan" ini. Dari mulai, "kapan laporan magang selesai?", "kapan skripsi selesai?", "kapan kuliah selesai?", "kapan mulai kerja?", "kapan mulai usaha daripada kerjanya?", "kapan punya pacar?", "kapan punya gebetan lagi?", "kapan diajak ke rumah?", "kapan dikenalin?", "kapan punya calon?", "kapan nikah?", "kapan ngurusin nikahan sendiri?", "kapan bikin wedding cake sendiri?", "kapan dekor pelaminan sendiri?", dan berakhir, "emang mau sampe kapan?"

Mau sampe nemu yang cocok. 

Klise. Oke ganti.

Mau sampe nemu yang terbaik.

Oke masih klise. Ganti.

Mau sampe Allah yang ngasih.

...

Diem kan? Hahahaha.

Well, gw paham kenapa orang begitu "concern" dan juga perhatian kepada gw. Salah satunya karena gw udah 27 tahun, yang manaaa yasudahlah ya usia. Salah duanya adalah, gw anak pertama dari kedua keluarga gw. Gw adalah anak pertama dari bokap dan nyokap yang juga anak pertama. Lebih spesifik lagi, kakek dan nenek gw adalah anak pertama juga. So, gw adalah anak, ponakan, cucu, yang pertama. Seorang pertama yang diharapkan melakukan segalanya duluan. Sekolah duluan, lulus duluan, kerja duluan, sampe nikah duluan. Ya, untung gw termasuk gadis cerdas bermultitalenta maksimal. Jadi di urutan eselon gw, ya gw semuanya pertama mulai dari lulus cepet alhamdulillah, kerja langsung dapet, bikin usaha juga cepet, dan... si masalah undangan bertuliskan surah Ar-Rum ini yang...hhh gitu deh. Intinya, gw ada tekanan untuk menjadi perintis.

Kebayang beratnya? Oh belom. Gw pernah bilang dong, kalo gw punya usaha keluarga berupa wedding organizer & catering, plus bikin wedding cake juga dari usaha Titamma Cakeries, plus ngurus dekorasi lamaran & pelaminan dari usaha The Puzzle. Semuanya tentang wedding. Gw mencari uang lewat pernikahan. So, sudah pasti dong ada ribuan orang yang nanya ke gw tentang "kapan" itu?

Hhh sungguh jika boleh mengeluh, mungkin sudah keluhan gw sudah sebesar gurun Gobi. Beberapa orang nyaranin kawin cepet biar enak. Enak? Biar dibiayain? Biar dinafkahin? HEY. Gw alhamdulillah tidak dididik untuk "meminta", tapi "menghasilkan". So, gw tidak pernah punya pikiran pengen kawin gegara asik bisa dinafkahin. Bukan sok idealis, tapi...please hello?

Beberapa orang nyaranin kawin buruan, soal duit mah belakangan nanti rezekinya juga ada. Iya emang bener. Tapi nggak semudah itu, bakwan takjil. Sebagai orang dibalik wedding industry, gw tahu apa aja yang harus dipersiapkan. Itu nggak murah dan juga nggak mudah. Ya, gw nggak akan juga sih cerita tentang klien gw, karena kode etik aja haha. Intinya, nggak semurah dan semudah itu lah. Satu hal penting, WEDDING IS NOT MARRIAGE. Beda asli, beda. Wedding it's just an event to celebrate and marriage is the real journey. Sudah banyak gw denger cerita keluh kesah temen cewek cowok yang struggling dalam marriagenya. Ngga sedikit juga yang harus pisah. So, penting banget ditekankan bahwa marriage is not easy as frying bakwan.

Beberapa orang nyaranin banyak berkarya, banyak bersyukur, banyak introspeksi. Ini yang gw ambil sebagai pedoman. Banyakin bersyukur karena gw masih bisa meeting dan kerja dekor pelaminan pulang pagi tanpa harus mikirin suami tidur sendirian, masih bisa meluapkan 100% perhatian gw ke keluarga tanpa mikirin keluarga lain jealous, masih bisa nemenin nyokap meeting dan belanja, masih bisa manja minta jemput dan beliin sate padang ke bokap, masih bisa bobo dan ngobrol absurd ama adek gw, masih punya banyak waktu olahraga, masih bisa nginep di rumah temen, masih bisa menjalani usaha tanpa kudu izin pergi secara mendadak, dan masih bisa belajar banyak tentang...

masak. HAHAHAHA GW BELOM BISA MASAK DENGAN PROPER! Sedih. Gw bisa masak pepes Sunda tapi sejujurnya belom pernah bikin nasi goreng kecap. Gw bisa bikin rendang asli Padang tapi belom pernah bikin sop sayur enak. Hahaha. Gw pernah bikin MPASI buat bayi usia 12 bulan, tapi gw belom punya bayi.
#eh

Ya gitu pokoknya. Mungkin setelah nikah, gw nggak bisa lagi atau membatasi kegiatan itu. Ada beberapa hal yang bikin tekanan makin menghimpit, ada juga beberapa hikmah yang gw dapet. Gw saat ini sih, nyantai aja. Gw tahu pasti dikasih yang terbaik sih, yang rajin shalat walaupun harus di tempat kumuh kayak Pasar Kramat Jati (gw beberapa kali shalat di situ, sambil bersin-bersin hahaha), yang lebih pinter dari gw terutama matematika hehehe, yang mendukung usaha-usaha gw walaupun harus pulang pagi, yang digoyang digoyang yang, yang menerima hidup absurd gw yaitu suka ngedit muka artis jadi muka rakyat jelata, yang penting, yang diterima oleh keluarga gw. MEHEHEHEHE~

Oia, kalo ada yang baca ini dan mengalami apa yang gw alami, coba jawab pertanyaan, "kapan kawin?" dengan jawaban ini...

"Waktu itu udah pernah nanya sama Allah, eh belom dikasih tahu kapan. Coba deh om/tante bantu tanyain..."
-akhiri dengan tatapan teduh seperti Payung dan senyum manis semanis janji politikus.

Itu udah pernah gw coba dan... AMPUH! Ada dua orang yang hening lalu senyum dan nggak ngebahas lagi. Insya Allah bisa bantu people out there mikir bahwa soal "kapan" itu bukan kita yang nentuin. Sesiap-siapnya orang kalo menurut yang Punya belom siap, mau apa? Ya kan? Bijak banget netizen ini.

Dengan post ini, siapapun yang mbaca, terima kasih sudah menaruh perhatian kepada departemen hati gw. Gw memang tertutup soal ini, dan banyak orang yang nggak tahu bagaimana gw breakdance dan lompat galah dibalik pertanyaan itu. Udah berapa yang gugur satu tumbuh seribu, udah berapa obrolan perencanaan "kapan", dan berapa-berapa lainnya yang "oke, cut!"

Hahaha apasih. Ya gitu sih. Doain aja yang terbaik. Silakan bertanya, dan mungkin akan gw jawab seperti itu :)

You Might Also Like

3 komens

  1. Di awal2 umur kepala tiga gue baru menyadari bahwasannya pertanyaan “kapan” itu adalah sebuah pickup line dari kehidupan sosial di NKRI. Jadi rata2 pada nanya itu karna mereka ga tau mau memulai obrolan apa dengan kerabat yg lama ga ketemu. Ntap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu? Woah sebuah insight! Jadi kayak ice breaker gitu ya Qachel? Hahaha. Macem mau team building di Cibodas aja ada ice breaker...

      Dan, itu pertanyaan sungguh never ending :)))

      Delete
  2. Temen ku banyak yang belum kawin. Apa perlu nonton ini ya

    ReplyDelete

Subscribe