Backpacking Series: Jatim Banget Nih? - part 6 Finale

12:42:00 AM

.
DAY 6
24 Aug 2017

Bangun kaget karena kok gw ada di lemari? Ternyata begini rasanya ya hemm...

Pagi ini setelah mandi di ruang mandi umum yang nggak ada cowoknya, kita mulai beberes buat pulang. Yoi, pesawat jam 4 lewat dan dari Gubeng ke Sidoarjo agak lumayan jaraknya. Jadi hari ini dihabiskan dengan ke tempat yang deket atau menuju bandara aja. Kemana?

NGGAK TAU DONG :)

Lagi-lagi nggak ada ide hahaha. Akhirnya kita turun buat check out dan sarapan. Sarapan kali ini gw bahagia karena menunya roti dan selai. Roti dan selai doang bahagia? Iya, soalnya selainya...

SELAI GREEN TEA!

Mehehe. Gw makan dua tangkep roti ditemani secangkir teh. Kenyang? Yha nurut ngana aja. Kita pun diskusi akan kemana hari ini. Entah kenapa, mager banget kemana-mana. Ke museum paling deket aja kok mager ya? Kita pun Googling tanpa henti sambil liat papan wisata di ruang makan. Ngga ada yang sreg.

Akhirnya, kita memutuskan buat makan lontong balap. Makan nanggung gitu. Untuk makan lontong balap Pak Gendut, kita pun jalan kaki. Bok, di tengah cuaca yang super panas, bawa backpack, jalan kaki. Kombinasi yang sangat backpacker bukan? Lebih epiknya ternyata kita NYASAR. Hahaha. Ada yang salah lah pokoknya dan itu udah lumayan berapa ratus meteran lah jalan di pinggir jalan besar tanpa ada pedestrian walk.

So, Gojek to the rescue! Pesen Gojek dan ternyata deket banget cuma 3K doang bayarnya. Seperti apa lontong balap itu?





Mirip toge goreng ya. Tapi bukan. Karena ini pake kuah yang gurih manis, bukan kuah tauco. Rasanya seger karena togenya watery banget. Enak. Cuma porsinya gede banget untuk makan nanggung. Katanya, lontong balap berasal dari para penjaja lontong ini berlomba-lomba (balapan) untuk menyajikan yang tercepat. Gitu ceunah.

Abis makan mau kemana? Tentu jawabannya masih "Nggak tau..."

Perjalanan spontan ini pun diputuskan untuk ke Wisata Mangrove Wonorejo. Kenapa ke situ?

1. Deket sama airport
2. Nggak tau lagi mau kemana

Perjalanan ke Wonorejo ditempuh dengan Gocar. Yakali jalan kaki mah die. Mau naik Gojek, takut jadi keripik pas di sana. Panasnya beuh. Kalah deh sama panasnya liat si dia ketemu pacar baru. Panas.

Ke Wonorejo ini gw pikir lancar aja. Ternyata tidak pemirsa yang budyman. Karena kita nyasar. Tepatnya, titik di Gocar yaitu Mangrove Fishing, nyatanya di kehidupan asli adalah...

KANTOR KELURAHAN.

Jadi dimana wisata mangrove itu berada? Masih jauuuuh lagi. Okelah kepalang tanggung, kita lanjut aja demi rasa penasaran. Kalo ngeliat di Maps, yasalam ini dimana mak? Makin ke dalem, makin panas udaranya dan ilalang juga banyak banget. Dimana ini?

Setelah sabar menanti, akhirnya si wisata mangrove hadir di depan mata. Turun dari mobil, ibadah, get ready to explore.





Apa yang didapat? Ngga ada hahaha. Entah karena panasnya super, apa emang udah keburu lelah, kita cuma jalan sebentar di jembatan kayu, foto, jalan dikit, foto, dan...minum es di foodcourtnya hahaha.

Nah ini namanya es garbis. Isinya kayak es di bulan puasa gitu. Blewah dan sirup coco pandan. Tapi menyegarkan banget sih di siang yang kurang bersahabat itu. Minum seteguk, pesen Gocar buat ke airport. Netizen hanya bisa bertahan 20 menit di tempat ini.



Surprisingly di tempat pelosok ini ada yang mau ambil order. Tapi nunggu sekian belas menit dulu karena jauh banget. Oke. Setelah ia hadir, kita pun ke airport dengan hati senang karena sebentar lagi adem di pesawat. Ya meski nunggu dua jam lebih sih buat ke boarding...

Hore sekian perjalanan spontanitas tanpa batas! Perjalanan yang minim persiapan hahaa. Buat yang mau juga, ini tipsnya...

1. Yakinkan diri bahwa solo traveling itu bisa dan mungkin dilakukan. 
Banyak banget yang shock sama keputusan jalan sendiri ini. Kayak, "Lo gila? Lo ngga ada kerjaan banget sih!". Asli banyak banget. Tapi justru gw pengen tau rasanya. Di perjalanan, kita bakal nemu siapa kita sebenarnya. Gw pun sekarang tau kalo gw anaknya lumayan impulsif dan sangat bergolongan darah B, alias menikmati hidup. Gw nggak mikirin amat kalo keinginan gw ternyata jauh dari ekspektasi, yaudah aja gitu. Gw juga ternyata bisa untuk tidak bergantung dengan orang lain dengan cara bisa bertahan hidup dua malam di kota yang asing. Gw bisa bertahan tanpa gadget berlebih kecuali untuk Gojek dan chat atau telfon penting. Nggak mesti menghibur diri dengan buka IG dan Twitter terus-terusan. Ya pokoknya jadi bisa kenal diri sendiri deh.

2. Spontaneous is a plan! 
Sebelum berangkat, persiapan gw minim banget. Ini dia...
- Pesen kereta PSE - MLG, MLG - SGU, pesawat SUB - CGK, hostel di Malang, penginapan berdua di Malang, dan capsule hotel di Surabaya
- Sekilas googling tentang wisata dekat tempat nginep tanpa tau itu isinya apaan haha
- Googling tempat makan deket tempat nginep. Kali bisa jalan kaki
- Bawa barang untuk 6 hari 5 malam dengan satu backpack aja. Baju yang ringan, undies, celana pergi 2, celana bobok 1, kerudung 3, handuk kecil, mukena, buku bacaan, dan BANTAL LEHER. Buat gw penting.
- Cash secukupnya dan pisahin tempatnya

3. Bersosialiasi buat mempermudah urusan
Asik. Gw pas makan di stasiun, sksd aja sama ibu-ibu yang juga lagi makan. Nanyain arah angkot ke Arjosari tuh kemana, dan pertanyaan yang bisa dijawab penduduk lokal. Ke tukang parkir juga, curhat ke mas Gojek tentang ronde yang tutup. Sok akrab aja. Kan kalo kita baik ke orang, orang juga akan baik ke kita toh?

4. Pasti mampu
Ini sih buat gw. Gw tadinya underestimate sama diri sendiri, apa iya gw kuat ngangkat backpack? Apa iya gw gak ngeri sama keamanan kereta ekonomi? Apa iya gw gak takut tidur sendirian di kota orang? Apa iya gw bisa kemana-mana sendiri? Karena keinginan gw yang lumayan buat nyoba (penasaran sih), bisa aja tuh. Backpack emang berat, tapi kan nggak 24 jam ada di punggung. Pegel? Pasti. Gw tinggal stretching atau duduk. Semakin bergerak, semakin senang, semakin nggak kerasa pegelnya. Kereta ekonomi juga oke aja tuh. Gw sok akrab ngajak ngobrol mas-mas beli nasi di mana. Selama dia kenal kita orang baik, toh percaya aja, ngga bakal dijahatin. Kalo pun dijahatin, yaudah emang nasib hahaha *beneran loh gw pasrah selama perjalanan*

5. Ngeluh dikit aja
Iyain aja sama keadaan yang baru. Jujur gw di Surabaya ngeluh kepanasan mulu. Tapi abis itu mikir, "yaudahlah pasrah aja. Buat jadi notes aja bahwa Surabaya ternyata emang panas beda ama Malang hahaha" gitu. Di kereta 16 jam, gw nggak ngeluh meskipun pantat gw udah bisa bikin cetakan sendiri di jok dan pinggang gw terasa kaku. Gw mulai ngeluh ketika udah 12-13 jam lah. Mulai berasa hahaha. Ya maklum orang skoliosis mah diem doang aja bisa tiba-tiba pegel :)

Udah ah sotoy amat guwa. Intinya, cobain solo traveling lah buat variasi pengalaman. Gw mah itungannya belom ada pengalaman. Jauhhhh banget sama temen gw kayak Qaedi yang udah kemana-mana sendirian dalam waktu yang lama. Pengen banget! Nah, gw masalahnya kepentok sama izin orangtua sih hahahaha.

Next Makassar, Padang, or Pontianak ya?


Bali dulu kayaknya sabi nih :')

You Might Also Like

0 komens

Subscribe