Tentang Mamah Dehay

6:31:00 PM

.
Buat yang follow gw di Instagram dan sering liat IG stories, pasti udah tau tentang

Hiya betul! Mamah Dehay!


*bodo amat sama tagline-nya
*dan bagian abu-abunya

Mungkin masih ada yang belum tau Mamah Dehay itu apaan? Nah ini penjelasan singkatnya.


Kurang jelas? Jadi gini...

Gw sering banget nemuin temen-temen gw yang baru nikah itu baru terjun ke dapur buat masakin suami. Mereka pun jadi kayak berusaha banget buat "gw harus bisa masak! Duh kenapa sih gw baru sekarang belajarnya?" dan ya gitu berakhir pada penyesalan yang dimaafkan hahaha. Nah, ngeliat kayak gini, gw pun jadi terpacu buat harus bisa masak sebelum nikah. Jadi biar pas nanti nikah, udah nggak kaget-kaget amat sama dunia dapur. At least bisa bedain jahe sama lengkuas, tau kapulaga itu apaan, dan tentu saja tidak memalukan jika harus membantu mertua memasak. Bahahaha.

Intinya, dari gw sendiri pun lagi struggling belajar masak. Dari mulai masak menu harian kayak tumis sawi, kangkung, telor kecap, capcay, sampe ke menu ribet kayak pepes ikan mas dan rendang Padang. Surprisingly, gw udah bisa bikin pepes dan rendang, tapi nggak pernah sekalipun masak nasi goreng kecap. Bahaha.

Awalnya gw gara-gara suka eksperimen dari kecil. Dari kelas 3 SD, gw mulai masak scrambled egg. Masakan pertama anak-anak ya telor lah ya. Trus karena bosen telor gitu aja, gw pun iseng masukin campuran minuman seperti Coca Cola dan Sunkist di telor tersebut. Alhasil, YA MANIS BANGET DONG PEMIRSA RASANYA AMBURADUL! Gw buang karena ga enak. Takut mati. Anak mati makan telor Coca Cola. Ga lucu.

Lama-lama makin ke sini, gw suka masak pasta. Segala rupa pasta sampe ke sup ala Itali udah pernah gw coba. Bosen lagi. Akhirnya gw pun beralih ke makanan yang dijual kemasan tapi sebenarnya bisa bikin sendiri. Apa itu? Gw coba bikin udon dan tteok. Hasilnya? Ya aneh hahaha. Tapi ya namanya juga nyoba ya kan...

Nah, setelah catering harian ditiadakan, asupan makanan rumah gw pun ikutan tiada. Biasanya emang kalo catering harian, rumah gw tentu kebagian jatah. YAEYALAH PUNYA CATERING MASA KAGAK DIKASIH JATAH? Oke maap. Kalo nggak ada catering harian, otomatis kudu masak sendiri demi memenuhi kebutuhan lambung. Mau ga mau, gw sering terjun ke dapur. Sekedar bikin telor doang, atau sampe ke mengolah ayam dan rekan-rekannya.

Pas masak, kadang mikir, "Gila kalo gw udah niqa begini dong ya? Kudu kreatif masak apa dengan bahan apa..."

Itu juga mendasari gw ngepost Mamah Dehay. Buat ngasih ide masak apaan yang beda, bukan sekedar tumis kangkung pake cabe doang, atau spageti Bolognese aja. Ya kadang bosen kan kalo itu-itu aja. Maka resep-resep yang gw post itu kebanyakan resep "beda" untuk variasi makanan atau camilan harian. Kadang gw suka bikin yang gluten free untuk mengimbangi asupan GI per hari dan buat mereka yang punya anak autis, gluten free ini wajib hukumnya hehe.

So, ini ada beberapa post Mamah Dehay yang pernah gw upload di IG story. Oh iya, banyak yang nanya kenapa sih nggak di blog atau di-post IG biasa aja? Jawabannya...

1. Kalo di blog, tampilannya kudu bagus. Kasian kalo ada orang nyasar cari resep, pas liat fotonya, zonk!
2. Di IG story cepet uploadnya dan buat mereka yang ngga mau liat, bisa langsung di tap biar ilang. Kalo di IG post, mau ga mau harus ngeliat kan?
3. Di IG post udah saaaangat banyak orang ngepost resep dan buat gw, clutter banget. Cepet bosen. Oh, akun gw pun bukan akun masak hahaha

Kira-kira begitu. Ini ada beberapa resep Mamah Dehay yang masih gw simpen. Sisanya keapus hahaha. Kalo ada yang pernah screen capture, minta dong ehehe...




*





*



*




Seqian dan terimaqasy.

Sharing resep kayak gini ternyata tanpa dinyana cukup banyak responnya dari netyzen. Ada yang nanya detail resepnya, screen capture buat koleksi, langsung nyoba, sampe ke request minta resep lain. Asli seru sih ternyata. TERNYATA AKU MENGINSPIRASI HAHAHAHA!

*dilempar penggorengan*

Iya loh bener ini rasanya menyenangkan. Kayak lo udah bikin orang lain jadi bisa masak atau dapet ide atau niat beli bahan gitu. Ada yang bilang, ladang pahala. Aamiin. Doakan gw konsisten belajar masak sampe jago dan terus sharing resepnya yhaaa. Maapkeun kalo IG story gw kayak ibu-ibu banget. Ya, salah situ ngefollow orang catering. HAHAHAA.

Udah ah. ZMNGT masaque, people!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe