Minang Maimbau Trip

5:57:00 PM

.

Oh well, udah April aja ternyata. Gw terakhir nulis pas abis ulang tahun. Gils udah 4 bulan ku meninggalkanmu wahai thesapigila :'(

Padahal selama empat bulan ini, gw udah banyak banget cerita yang blog-able. Siapa yang mau baca? Banyak. Pasti banyak. Gw kan famous. Famous Amos.
*ngunyah 3 cookies sekaligus*

Kali ini gw mau berbagi cerita tentang trip ke...

RIAU dan SUMATRA BARAT!

Mantap. Mari kita mulai!

Jadi tanggal 25 Januari gw dan 1/8 The Sanjaya (bokap gw ngga ikut) bersama om dan andung (adeknya nenek gw) ke Pekanbaru, Riau. Di sana kita landing jam 7 pagi dengan bahagia dan sentosa namun bingung. Bingung mau makan apaan.

Setelah dijemput driver mobil rental, kita ke rumah sodara dan makan. Lalala ke rumah sodara lainnya. Lalala sampe jam 11an, kita lanjut perjalanan ke Dumai. Aslinya sih, emang mau ke Dumai karena ada nikahan tante. Jadilah dengan menempuh perjalanan sekian jam, sampai juga di kota minyak itu. Respon gw, WAAAAK PANAS AMAT!

Well, memang panas. Kota deket pelabuhan dan isinya kelapa sawit di mana-mana. Wajar. Setelah kita mampir ke rumah yang punya hajat buat tegur salam sapa senyum, cus ke hotel dekat situ buat istirohat dan lainnya. Oke fast forward aja ke besoknya nikahan, ke hotel lagi, besoknya cabs. Cabs ke mana? Ke SUMATRA BARAT!

Kenapa ga banyak cerita di Riau? Karena emang ngga kemana-mana. Kecuali yang gw sangat ingat adalah makan di Restoran Minang Pak Datuk. ASLI INI ENAK BANGET DAN WOW MURAH SEKALI PEMIRSA! Bayangin, makan besar berdelapan dengan masing-masing satu orang makan dua lauk (gw dendeng dan ayam plus nyomot ikan), cuma berapaaa? TIGA RATUS RIBUAN AJA DONG! Ya Nabi salam... Kalo di Jakarta udah 900rb itu kayaknya. Beneran enak dan wow murah.

Lanjut. Jadi perjalanan dari Dumai ke Payakumbuh (Sumbar) itu cukup lama. Gw berangkat sekitar jam 10 malam dan sampai Payakumbuh jam 7 pagi. Tepuk tangan dong. Naik mobil rental APV. Wah, lebih enak dong dari mobil rental pertama yang Avanza. Tapiiii... ACnya rusak. Gw dan adek gw duduk di paling belakang bersama koper, itu serba salah banget. Jendela di kursi tengah kalo dibuka kita masuk angin, tapi kalo ditutup panas banget. Selain itu, drivernya nyetirnya kayak nggak takut meninggal. Selap selip sana sini. Kalo belom deket sama pantat truk sawit, belom mantep. Pokonya mending tidur aja lah daripada ngeliat dia nyetir. Oh, jalan yang kita lewatin itu emang lintas Sumatra. Dulu suka ada bajing lompat alias rampok. Tapi sekarang udah dibuat aman sama polisi-polisi sana. Tetep aja serem sih, soalnya kanan kiri hutan sawit yang manaaa gelap sekali dilewatin dini hari.

Sebelum sampai Payakumbuh, kita mampir dulu meluruskan pantat yang berkelok ini di Kelok Sembilan. Keren. Waktu itu tempat ini rawan kecelakaan karena belokannya patah. Tapi beberapa tahun terakhir direnovasi dan dibuat jadi kayak gini.





Lanjut ke Payakumbuh, tepatnya Nangkodok, ke rumah om gw untuk istirahat, mandi, makan, dan lainnya. Di Payakumbuh ada pasar namanya Pasar Ibuh. Pasar ini menjual segala rupa yang wow. Dari mulai kerupuk, belut asap, ikan salai (ikan asap), kebutuhan rumah tangga, sampe pembersih pantat panci pun ada. Harganya wow murah men!

Gw juga makan siang di daerah Situjuah. Di sana ada pangek yang terkenal endola. Tapi gw justru nggak nyobain pangek, tapi nyobain makanan langka yang bernama...

TALUA BARENDO!



Bagi penyuka telor goreng, telor ini luar biasa men. Krispi macam jokes bapak-bapak dan gurih macam ketawa ala abg. Parah ini.

Ada lagi teh kawa. Bukan anaknya Andien. Teh ini berasal dari daun kopi yang diseduh. Dituang di dalam batok kelapa. Minumnya bisa pake gula aren, gula putih, atau tanpa gula. Rasanya unik. Teh tapi bau kopi. Gw pake gula aren, itu rasanya jadi makin unik.




Setelah itu makan dan lalala, kita ke rumah gadang keluarga besar gw di daerah emm... Bilangnya sih, belakang gereja. Di Payakumbuh itu gereja cuma satu, di depan pasar. Di sana keluarga besar gw ada rumah gadang yang bisa kita inapkan. Ada adeknya nenek gw dan anak cucunya yang masih tinggal di sana.



Hari-hari selanjutnya adalah jalan-jalan dan wisata kuliner. Biar cepet, per destinasi aja ya...

Lembah Harau



Ini tempat oke banget. Bagus banget, bay. Isinya lembah gede banget. Pokoknya berasa lagi di Grand Canyon lah. Emang udah pernah, Dhe? Belom sih...

Istano Pagaruyuang




Letaknya di Batusangkar, istana ini wajib dikunjungi kalo ke Sumbar. Kayak kalo ke Jakarta, wajib ke PIM deh (lah). Istana ini dulu terbakar dan barang-barangnya (pusaka) banyak yang ngga bisa terselamatkan. Sayang banget. Jadi koleksi yang ada di sana cuma berapa persen doang. Nah di lantai 2, ada kamar anak pengantin Minang.

Gini, di rumah gadang, ada satu kamar yang dipersiapkan buat anak perempuan yang nikah. Kamar itu dihias sedemikian rupa jadi super cantek. Anak pertama perempuan nikah. Setelah dia pindah ke rumah sendiri, pindahlah itu hak milik kamar ke adeknya yang perempuan. Adeknya akan menggunakan kamar ini sampe dia nikah dan pindah rumah. Gitu terus.

Balik lagi. Istana ini meski udah kebakar dan direnovasi, tetep keren dan Minang-nya terasa. Oh iya, banyak yang mikir, "apa sih bedanya Padang sama Minang? Toh sama aja". Jadi, katanya nih, Minang itu hanya lingkup daerah Payakumbuh, Batusangkar, Bukittinggi, dan apa gitu. Minang ini katanya sih kayak "orang kerajaan/orang terhormat"nya. Beda dengan Padang yang di pesisir. Orang Minang yang rumahnya pake gonjong (rumah gadang), itu tandanya dia orang beradat. Menggunakan gonjong itu juga ga sembarangan, ada aturan tertentu. Jadi bakal beda ketika rumah-rumah di Minang pada bergonjong, sementara pas sampe Padang, cuma sedikiiit aja yang ada gonjongnya. Aslinya sih, nggak ada. Pake gonjong di Padang itu hanya buat penanda bahwa sudah sampai Sumbar aja. Katanya gitu.

Bukittinggi



Di sini udah pasti tau lah ada Jam Gadang yang sungguh terkenal. Di Jam Gadang itu ada Pasar Bukittinggi yang menjual segala macem oleh-oleh murah. Di sana juga ada pasar yang menjual nasi kapau, tapi gw ngga ke sana sih.

Ngarai Sianok
Ya kayak gini. Ngarai.
*bingung hahaha

Sate Danguang-danguang



THE BEST SATE PADANG EVER! EVER! THE BEST OF THE BEST IN MY HEART AND MY CHEST SO YOU CAN SEE IT TOO *lah lagu Panic!* Intinya enak banget Ya Allah. Satenya dagingnya gede-gede dan kuahnya subhanallah. Gw tidak berhenti mengucap nama Allah pokoknya pas makan. Kita berenam kalo ngga salah, itu si uda-nya menyajikan sekian tusuk sate dengan kuah terpisah tanpa tedeng aling-aling. Gw habis 11 tusuk dengan ukuran daging yang wow. Wah parah ini mau nangis. Letaknya di Pasar Payakumbuh.


Martabak Kubang



Sebelahan sama Sate Danguang-danguang letaknya. Ini juga enak isinya padet kayak jalanan Jakarta di Jumat sore pas abis ujan.


Rumah Makan Ni Ir

Letaknya di Bukittinggi. Waduh ini enak bener. Cuma rumah makan kecil doang, tapi rame terus. Hidangan spesialnya talua barendo. Semua makannanya enak. Makan berlima, CUMA SERATUS REBU AJA CHOY!

Itu favorit hamba. Sisa tempat makan lain enak-enak tapi lupa ahaha. Intinya, makan makanan Padang di Sumbar beda dengan makan makanan Padang di Jakarta. Beda jauh. Dari segi rasa, beda. Dari segi harga, APALAGI. Kenapa bisa murah? Karena orang sana punya sawah sendiri, ladang buat tanam sayuran, sampe daging (ikan dan ayam) pun kadang emang punya sendiri. Jadi wajar kan, kalo murah?

Yak, itu sekelumit warta gw dari Sumbar kemarin. Seru, makan mulu, terbaik.

"Pabilo ado wakatu lai, ambo harus mambaok sate danguang-danguang tu pulang ka Jakarta!"

Wassalam!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe