fruity thin bread-ly cooper and mini mango crepe suzanna

9:04:00 PM

helaw! kali ini gw akan mengepos hasil percobaan ilmiah gw di dapur. iyah, gw emang suka melakukan percobaan-percobaan di dapur. contohnya gw membuat dua dessert dibawah ini..

FRUITY THIN BREAD-LY COOPER





Bahan:
roti tawar gandum
butter cream
simple syrup (masak gula + air ajah kok)
kiwi
apel
jelly

Cara membuat:
1. potong kulit dari roti tawar dan potong jadi segitiga
2. giling roti sampe tipis banget
3. olesin sedikit simple syrup di salah satu bagian roti
4. panggang sampai crispy
5. olesin butter cream diatasnya
6. taro buah dan jelly diatas butter cream
7. taro di piring
8. foto pake aplikasi Fx Camera dari android lo
9. katakan "eaaaa" untuk nomer 8

ahiww. sebenernya kalo mau lebih tjakep, gini nih
1. bentuk rotinya dipotong lingkaran deh. jadi mirip canape
2. ganti butter cream dengan whipped cream. lebih cessss gitu. dan lebih light rasanya
3. panggang sampe warna agak gosong keren gitu. biar keren aja
4. perbanyak buah yang asem-asem. biar ga terlalu manis karena creamnya

selamat mentjoba! maaf namanya maksa.


resep kedua ini gara-gara gw nonton tivi, dan ngeliat cara pembuatan Crepe Suzette. oh ternyata begitu loh buatnya. gampang banget. nah mumpung gw kelaperan, gw iseng aja bikin. ala gw...

MINI MANGO CREPE SUZANNA




Bahan:
50 g terigu
80 ml susu cair
1 sdm mentega (lelehkan. dengan cinta)
1 sdm gula pasir
1 biji telor

saus:
50 ml pulpy mango
2 sdm gula pasir
2 potongan jeruk lemon

Cara membuat:
1. campur terigu dan gula pasir trus masukin telornya lalu diaduk pake ballon whisk
2. masukin susu sedikit demi sedikit (karena lama-lama menjadi bukit)
3. masukin mentega cairnya
4. panasin wajan anti lengket (yang ga ada lem nya), trus tuang adonan satu sendok sayur ke atas wajan
5. ratakan sampe jadi dadar. semakin tipis semakin... tipis.
6. angkat dan lipat jadi dua. bentuknya jadi segitiga gitu
*original recipe from Fatmah Bahalwan*

saus:
1. panaskan pulpy mango, jeruk lemon dan gula sampai mendidih seru. matikan. selesai.
2. loh kan udahan di nomer satu? buat apa ada nomer dua?

actually, Crepe Suzette itu bikinnya pake jeruk diperes. tapi ya tapi berhubung ga ada jeruk yang bisa diperes ato Sunquick jeruk, dan di kulkas adanya Pulpy Mango, jadilah doi yang dipake broh.

selamat mentjoba!

sis and bro, di dunia permasakan, kita harus kreatif, brosis. kalo ga ada bahan A, bisa diganti ke bahan Aa ato bahan Ab (cari bahan yang mirip-mirip juga lah ya cyin). dan gw sering bikin sesuatu dengan bahan yang-ada-ya-itu. gw inget kata-katanya Michael Smith:...

*hening*

oke gw lupa. intinya dia masak spontan, adanya bahan itu dan no measuring! top! top lady! semir rambut!

salam kuking!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe