Ngeluh Itu Boleh

8:11:00 PM

Hmm.

Gw lagi pengen serius. Serius. Ngeluh serius.

Jadi gini. Gw kadang suka bingung sama orang, kok ada aja ya masalah di hidupnya? I know, setiap orang pasti punya masalah. Dan banyak banget orang yang cerita sama gw tentang masalah hidupnya. Trus gw mikir "kayaknya gw nggak segitunya". Gw jadi bersyukur. Di sisi lain, gw mikir lagi, "Apa Allah nggak sayang sama gw ya sampe nggak dikasih masalah besar?"

Ya bukannya sombong atau takabur atau apalah ya, tapi serius deh, kayaknya masalah yang orang lain hadapin itu kok berat-berat banget? Gw jadi mikir, ini hidup gw yang beruntung, apa gwnya terlalu santai?

Ada temen gw yang suka ngeluh kerjaannya gila. Gila banget. Lembur mulu. Gw akuin, dulu gw kayak gitu. Nggak se-lembur-mulu sih, tapi pulang ke rumah selalu di atas jam 10 malem. Everyday. Dia juga ngeluh dimarahin klien? I've been there done that. Sekarang kerjaan gw bisa dibilang lebih bisa napas. Sampe rumah jam setengah tujuh malem? YEP! Di kantor gabut mulu? Yah kadang gitu, kadang super padet sampe lo nggak boleh sakit.

Ada temen yang cerita ke gw tentang orang tuanya kurang suka sama cowok yang lagi deket sama dia. Gw? So far, orang tua gw ternyata fine aja dan (sangat) bisa menerima dari dulu sampe sekarang orang-orang (iye, cowok maksud gw) yang deket (iya deket. Duduknya.) sama gw. Bahkan terlalu perhatian sampe anaknya sendiri dicuekin. Pernah.

Ada lagi temen gw yang cerita tentang masalah keluarganya. Nearly divorce. Gila. Gw langsung bersyukur orang tua gw sangat baik-baik saja begitupun keluarga besar gw.

Ada juga temen gw yang cerita kalo dia punya temen yang ternyata backstabber. Duh. Gw pernah punya temen kayak gitu. Entah gimana fine-fine aja, gw tidak terlalu mempermasalahkan. So, sekarang gw sama dia berteman akrab.

So, apa masalah di hidup gw kalo semua aspek lancar?

Gw lupa kalo gw punya masalah yang nggak semua orang punya. Bisa dibilang 1 :100. Apa itu? Kesehatan tulang punggung gw. Gw punya skoliosis yang sudah rada parah. Skoliosis itu adalah kelainan tulang punggung yang menyebabkan tulang punggung membentuk kurva C atau S. Biasanya penyebabnya adalah faktor kebiasaan (suka duduk bungkuk, nggak tegap) atau juga faktor keturunan. Nah, gw dua-duanya hahaha.

Biasanya dialami oleh perempuan. Seharusnya kalo masa pertumbuhan udah berhenti, skoliosis akan berhenti juga. Tapi ada beberapa kasus yang justru semakin parah.

ini bukan gw, tapi kurang lebih begini
Saat ini gw skoliosis berbentuk S dengan kurva kemiringan yang gw ga tau berapa. Seharusnya gw operasi tulang punggung. Tapi ternyata ada banyak faktor:
1. Biayanya ratusan yuta. Itu bayarnya pake duit, bukan pake debu tayamum
2. Pasca operasi: tidur tengkurep berbulan-bulan, ada titanium yang ditanam di punggung, pake kursi roda berbulan-bulan, latihan jalan, dll
3. Ngeliat nomer dua aja gw udah kenyang

Melihat faktor itu, jujur gw pernah depresi. Ini serius. Gw nggak punya semangat hidup. Oke, gw mungkin lebay. Mungkin itu yang seharusnya penderita HIV atau kanker pikirkan. Tapi, hati lo hancur nggak sih kalo mikir ini:

1. Tentu saja bentuk tubuh lo tidak akan normal. Ibarat porselen pecah, susah lagi dibikin perfek
2. Semakin miring kurva tubuh gw, semakin susah melakukan apapun. And hey, skoliosis gw semakin miring, lho! :)
3. Gw kasian sama calon jodoh gw. Kenapa? Kasian, dia pasti malu.
4. Jika ternyata si jodoh menerima kekurangan gw (ya emang nasibnya dia sih haha), otomatis gw ingin (harus) punya anak. Hamil. Wanita dengan tulang punggung normal aja ngerasa berat bawa beban. Lah apalagi penderita skoliosis?
5. Melahirkan. Wajib hukumnya untuk operasi caesar. Kenapa? Karena panggulnya miring, jadi bayi nggak bisa keluar dengan cara normal.
6. Gw nggak mau bayangin lebih jauh. Takut.

Jujur, gw nggak pede. Mau chiropractic, kok ya mahal banget. Gw udah menekuni pilates. Tapi ternyata ada beberapa gerakan yang tidak dianjurkan. Udah minum susu kalsium, tapi nggak enak ya rasanya hah. Sesungguhnya gw nyerah.

Kalo gw nggak inget sama almarhumah Ica Irhamna, yang perjuangan ngelawan penyakit GBS itu, mungkin gw udah sedih di pojokan. Kalo gw nggak inget sama Ginan Koesmayadi, yang divonis kena HIV positif tapi dia justru semangat bikin Rumah Cemara, mungkin gw udah meratapi nasib.

Well, tiap orang punya masalahnya sendiri ya ternyata. Masalah terberat gw ini. Menyangkut masa depan. Tapi gw yakin, pasti Allah punya maksud sendiri. Gw nggak tau apa rencana-Nya, tapi gw yakin, pasti yang terbaik lah ya.

So, maaf buat orang-orang yang suka gw repotin seperti bawa barang berat (karena sebenarnya gw nggak boleh bawa benda berat), suka cepet capek, suka ngeluh pegel, kalo PMS suka uring-uringan saking pegelnya itu badan. Oh kalo yang ini, beneran deh. Pegel pas PMS itu buat orang skoliosis bertambah 2x lipat. Harap maklum.

Udah ah, semoga sekarang orang-orang ngerti kenapa gw kadang keliatan manja, kadang keliatan males, kadang keliatan childish, kadang keliatan lemah banget. Semua itu udah gw lawan sebisa gw, kok. Cuma ya mau gimana lagi, ini semua bukan gw yang mau kok.

Lewat post ini, gw nggak minta dikasihani. Sumpah. Gw cuma minta pengertiannya sebagai sesama manusia yang sama-sama punya masalah.

Makasih banyak. Cupwaw. Lega juga ngeluh satu post.

You Might Also Like

4 komens

  1. Istri saya juga skeliosis.
    Dan saya juga baru tahu setelah nikah, tapi karena saya sudah ridho dari awal, menikah dg segala kekurangan dan kelebihan. Saya menerima kok.

    Yakin bahwa Allah gak ngasih sesuatu yang jelek. Allah ingin kemudahan, mungkin sulit hidup ini jadi kemudahan di akhirat..

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah hallo! What a relieve :)

      Iya, pada akhirnya saya juga ikhlas dan justru menjadikan ini kelebihan tersendiri. Karena ketika orang2 dgn tubuh normal pasti mampu angkat berat atau backpacking dgn santai, kami si skolioser kalau melakukan itu jadi wow banget hehehe. Jadi akan ada quotes, "jangan ngeluh punggung pegel di depan orang skoliosis. Malu."

      Terima kasih ya semangatnya! Salam untuk istrinya juga :)

      Delete
  2. Hi Dheya.

    kenalin aku tasya, also a scoliosis survivor!
    wah telat sekali kalo mau kommen skrg yaa, heheh but nice to visit this blog.
    aku penderita skoliosis, alhamdulillah sudah operasi, dan akan menikah dalam waktu dekat.
    insyaallah.
    semua ga semengerikan itu, i already passed it a long time ago.
    semangat ya! kita semua pasti strong enough for this.
    aku berfikir, mgkin memang hanya orang2 'terpilih' yang dikasih 'anugerah ini'
    kalau ada yang ingin ditanyakan boleh bgt email aku di mitasyasusilo96@gmail.com

    salam semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Tasya, salam kenal!
      Wah asli ini post udah lama banget dan yang komen ke sini para survivor & istri survivor hihi. Post ini kayaknya sebelum aku chiropractic deh sama suaminya Sarah Sechan hehe. Tapi sekarang udah nggak karena beliau pindah ke Singapore.
      Wah serius udah operasi? Kira2 berapa derajat waktu itu?
      Iyes betul! Terima kasih semangatnya! Semangat juga sama persiapan pernikahannya (secara aku WO, jadi tau banget se-hectic apa persiapannya hehe)
      Will contact you later :)

      Delete

Subscribe