Recipe: Spaghetti Carbonara Hampir Original

9:20:00 PM

Howa!

Pada suatu ketika, gw gabut di kantor. Terus iseng gw nonton Food Tube-nya Jamie Oliver. Di situ gw ngeliat cara bikin Spaghetti Carbonara yang orijinal dari Antonio Carluccio. Ternyata oh ternyata, bukan pake krim atau susu bikinnya bok. Melainkan...


KUNING TELOR SETENGAH MATENG!


Gw terhenyak lalu terhempas. Bikinnya gampang banget tapi ya geli aja gitu pake kuning telor setengah mateng. Gw anaknya kan sumpah-mati-aku-jadi-penasaran, jadilah praktekin di rumah. Dengan bahan seadanya dan ada yang gw ganti (aslinya pake pork soalnya), jadilah

Spaghetti Carbonara Hampir Orijinal!


Bahan:
Segenggam spaghetti
1 buah sosis ayam, potong agak tipis
2 buah telur
1 siung bawang putih, cincang
Bawang bombay, iris tipis
Segenggam keju cheddar parut
Garam
Minyak + mentega sedikit aja
Merica
Oregano
Magic Powder (paprika bubuk, rosemary, garlic powder, dll)

Cara Membuat:
1. Rebus spaghetti (pake garem sedikit) sampai al dente. Cara tau itu al dente atau nggak, ambil salah satu, trus potong pake sendok atau dimakan. Kalo dia kenyal, itu al dente. Usahakan jangan sampai lodoh. Meskipun kalau lodoh ya nggak kemana... *JODOH WOI!
2. Kocok telur bersama garam, merica, dan keju. Sisihkan
3. Panaskan minyak, goreng sosis sampai agak garing
4. Masukkan bawang-bawangan, tumis sampai harum tanggung
5. Masukkan spaghetti yang al dente ke dalam pan berisi sosis dan bawang. Aduk sebentar
6. Tambahkan kocokan telur, kecilkan api. Dimatiin juga nggak apa-apa
7. Aduk sampai tercampur rata. Angkat.
8. Taro di piring, tabur keju dan magic powder. Kelar!

Gampang banget sumvah! Rasanya juga ternyata enak dan nggak enek! Luar biasa! Tapi ada note-nya nih.

1. Kalo mau lebih creamy, tambahin kuning telur lagi (saran Antonio juga gitu)
2. Mau lebih asin, tambahin keju. Gw pake cheddar karena nggak punya parmesan kayak Antonio
3. Sosis ayam bisa diganti apa aja kok. Seadanya aja. Asal jangan ditambah nastar sisa lebaran aja.
4. Pas dituang telur, usahakan pan sudah tidak terlalu panas. Karena telur jadi mateng dan malah kayak orak-arik telur. I've done that on my 2nd trial hahaha.
5. Lidah orang Indonesia kan saos banget yah, nah saran gw, mending ganti pake bubuk paprika aja. Karena rasa aslinya akan mati kalo ditambah saos.

Sekian dan terima mas kawin. Mas, kawin mas.

You Might Also Like

0 komens

Subscribe