Movie Review: American Sniper

7:17:00 AM

Hoa!

Udah lama yes, nggak review-review film dengan kata-kata kurang penting dan spoiler dimana-mana. Kenapa gw nggak ngereview sekian lama? Karena gw udah sangat jarang nonton di bioskop. Dimana jika gw review film, haruslah yang gw tonton di bioskop. Kenapa gw sangat jarang? Karena gw udah jarang diajak nonton. Movie partner gw udah punya pacar, jadinya (ya tentu saja) dia lebih milih nonton sama pacarnya dong daripada sama wanita pilihan (mamang-mamang) macam gw...
*pura-pura sedih*

Pada suatu kemarin, gw nonton film yang dikasih sama temen kantor gw, Ivan. Film itu gw minta karena ada si Aa Bradley. Film itu berjudul...

AMERICAN SNIPER



Woooorgh! Sebelum nonton, gw mandi dulu. Biar wangi. Lalu kemudian begini ceritanya...

Jadi ada seorang pria tampan, gagah, pemberani, dan lapang dada bernama Chris Kyle (Bradley Cooper). Dia tuh anak Texas gitu. Antex. Pengen banget jadi seorang koboi. Nah, pada suatu hari, dia mikir, "kok aing ngarasa belom berguna yeuh. Padahal teh umur udah kapala tilu." Lalu dia nonton berita di tipi tentang tentara Amerika di Iraq. Di situ dia mikir, "kayaknya lamun aing ikutan tentara gitu keren visund, euy!"

Kemudian si ganteng kekar bermartabat ini mendaftar jadi anggota SEALS. Apa itu SEALS? Ini gambarnya:


Oh maap. Ini SEALS. Keren ya. Anjingnya.


Di SEALS itu dia disuruh sit up sambil disemprot air, tiduran di bibir pantai minum air laut, angkat beban (beban idup), dan lain-lain. Mirip lah sama wajib militer di Korea. Wamil. Wajib hamil. Oke lanjut. Di situ gw ngerasa, kalo jadi tentara itu dahsyat banget yak fisiknya. Kudu kuat dan tabah gitu. Gw mah kalo ikutan kayak gituan, yang ada malemnya badan gw udah kayak gorengan alot

Suatu hari, dia ke bar. Modusin ceweque. Cewek itu bernama Taya (Sienna Miller). Sebelumnya, si Taya ini dimodusin juga sama cowok lain, tapi nggak berhasil. Nah, si ganteng-berisi-membuat-iman-goyah ini berhasil modusin Taya. Yah, kalo gw jadi Taya, gw modusin duluan itu si Chris. Nggak usah ditunggu dia mah. Wong ganteng gitu. Siapa yang ga mau coba!
*napsu*

Lalu cerita berlanjut ke hubungan mereka berdua yang berakhir di pelaminan. Oh, si Chris juga ternyata udah selesai pelatihan tentaranya. Jadilah mereka meniqa. Mak, disitu Chris ganteng! Jenggotnya licin bikin gemeuz hati teteh pengen perosotan di dagunya.
*brb ambil wudhu*
*ini mulai nggak beres*


Pas mereka lagi dansa-dansa ala penganten, tiba-tiba rekan-rekan sesama geng SEALSnya "kode"in si Chris kalau mereka bakalan ada misi ke Iraq. JENGJET! Insekyur lah si Taya. Ya nurut ngana baru sah jadi suami istri terus belom sempet nyicil KPR pula, eh si suami udah kudu perang di negeri orang! Kan gila. Belom-belom udah ditinggal aja. Ini belanja bulanan duitnya dari siapa hah? Tagihan listrik gimana? Jadwal siskamling bareng RT sebelah gimanaaa! Argh! Untung situ ganteng.
*sewot*
*sewot sayang*

Scene berlanjut ke area perang di Iraq. Wah ini mah isinya tembak-tembakan doang ceu. Si Chris ini tuh sniper. Dia jago banget nembak dengan jitu. Persis lah kayak nembak hati cewek. Sori. Chris saking jagonya, dia udah membunuh tepat sasaran banyak banget. Dari mulai ibu-ibu bawa granat, anak bawa granat, sampe orang yang lari iseng......tapi bawa granat. Intinya, dia jago banget lah. 

Di sana, tim SEALS kudu ngejar dan membunuh antek Al Qaeda. Namanya Sheik Al-Obodi. Dia ini juga penembak jitu. Tapi menurut geng Amrik, doi kudu dibunuh nih biar aman. Berbagai cara dilakukan sama si tim ini. Sampe pada akhirnya mereka ketemu orang yang tau letaknya si Sheik ini. Dese mau ngasih tau asal dibayar. Ih dasar. 

Si orang ini akhirnya menolong si tim SEALS buat membekap Sheik. Orang tadi pun ngajak tim SEALS buat makan-makan Idul Adha di rumahnya. Saik ye kan, makan enak, gratisan pula. Tipis lah sama anak kostan. Pas makan, si Chris ngeliat sikut orang ini kayak memar dalam warna pink-merah gitu. Curigation lah dese. Chris akhirnya mencari tahu siapa orang ini sebenarnya. 

Dia masuk ke ruang tidur, dan memeriksa tiap bagian kamar itu pelan-pelan. Tiba-tiba dia ngerasa lantainya aneh. Digetok-getoklah pake sepatunya. Ih asa aneh kitu, pikirnya. Terus dia menyingkap (bukan tabir misteri atau tabir surya) karpet yang dia curigai itu. Ternyata, gan, itu ada tempat penyimpanan senjata! UWOCH! Langsunglah si orang itu dihabeg~

Long story short, si Taya hamil besar. Dia kasian deh, sendirian check up ke rumah sakit gitu. Gw gak kebayang kalo naik angkot kan lumayan susah. Tapi yaudah lah derita dia. Taya dan Chris telfon-telfonan di tengah perang. Pas lagi unyu-unyu-tayang, tiba-tiba musuh menyerang. Chris segera ngumpet dong. Telepon jatoh. Taya panik. Nangis di tengah-tengah rumah sakit. 

Istri a.ka Taya melahirkan. Nggak lama, Chris pulang ke rumah, karena tour (misi) nya selesai. Masih lanjut lagi sih nanti. Di situ, Taya minta Chris buat berhenti jadi SEALS karena bahaya banget. Dia pengen si Chris buat mementingkan keluarga. Tapi Chris nggak mau. Alesannya karena melindungi negara. Tapi dalem hati dia mikir juga sih...

argh!

Misi selanjutnya, masih memburu Sheik. Sulit banget. Tapi sekalinya bisa, DHUAR! Matik ketembak ama Chris. Gara-gara itu, dia jadi diburu sama anak buahnya Sheik. Bukan cuma dia deng, tim SEALS yang diburu. Sampe helikopter dikirim buat ngelempar granat dan menjemput tim SEALS yang lagi diujung tanduk. Ya ibarat bangunin singa lapar lah. 

Akhirnya Chris kembali ke rumah. Dia memutuskan untuk go home dan tidak kembali lagi jadi pasukan tentara. Sayangnya, dia berubah jadi orang yang kasar. Stres gitu. Trauma sama perang. Kasian deh minta gw peluk. Oh, btw anaknya udah dua. Yang pertama cowok, yang kedua ceweque. Pas ada BBQ party di rumahnya, anaknya lagi main sama anjing sampe guling-gulingan. Si anjing kayak becanda ngegigit-gigit leher anaknya. Eh, si Chris marah dan langsung mau ngehajar si anjing. Taya langsung teriak, "LEBOK SIAH!"

...


......plis

Ya enggak lah! Taya teriaknya, "CHRIS!". Chris langsung freeze. Diliatin orang-orang. Akhirnya dia ke psikolog. Di sana, dia dikenalin ke orang-orang disable veteran perang. Disable-nya kehilangan kaki, tangan, gitu pokoknya kasian. Cerita-cerita lah mereka. Nongkrong bareng layaknya anak komplek. Lama-lama, Chris juga ngelatih salah satu dari mereka buat menembak.

Suatu hari, Chris berhasil jadi koboi. Seneng banget dese. Bawa-bawa pistol Sheriff gitu. Nggak berapa lama, seorang temen ngejemput dia. Mereka mau ke ranch untuk membantu ibunya yang kena Post Traumatic Syndrome gitu. Pamit lah si ganteng-kekar-mengagumkan itu ke istri dan dua anaknya. Dia keluar, ketemu dan ngajak makan si temennya itu. Istrinya enggak tau kenapa, kepo. Dia liatin dari pintu sambil curiga. Lalu tiba-tiba, scene berganti...



SUMPAH GUA KAGET VISUND! Ini bikin shock banget nggak sih. Dese matinya justru bukan pas perang, tapi setelah perang berakhir. OMG. Lebih OMG lagi, this is a real story about Chris Kyle. Sedih nyong. Credit title-nya juga bikin sedih. Uhuck.


Enihaw, iyap ini emang diambil dari kisah hidupnya Chris Kyle. Karena orang ini jago banget (membunuh 160 orang!) (dari humanity sih nggak jago ya hehe), di Iraq dia punya nama yaitu Legend & Shaitan Al-Ramadi. Dia juga dapet banyak penghargaan dari negara Amerika karena telah melindungi negara begitu. Tahun 2012, Chris Kyle bikin autobiografi yang berjudul American Sniper. Eh, sayang, tahun 2013, dia dibunuh dengan cara ditembak oleh veteran perang yang bernama Eddie Ray Routh. Gila ya. Gila lu, Dhe, tau semua!

Makanya buka Google! Oh ini ada potongan dari wikipedia tentang kematian Chris Kyle.


Komen serius:
Kalo gw liat, ini film emang menunjukkan patriotisme buat Amerika. Orang-orang di dunia juga pada tau kalo Amerika emang nyebelin banget saat perang di Iraq. Sadis. Ya namanya juga film, kita enggak tau fakta sebenarnya itu gimana. Apakah Amerika memang diteror sebegitunya sampe mereka mau ngancurin Iraq? Atau Iraq-nya sendiri (who knows) memang seperti meneror? Atau Amerika yang lebay dan Iraq yang kena mulu? (ehm iya sih kayaknya) Ya gw sih sejujurnya nggak tau. Karena buanyak banget media yang melebihkan dan kadang memutarbalikkan fakta. 

Kayak ada loh yang bilang kalo ternyata yang disebut Jalur Gaza itu woles aja. Ga ada perang ato apalah kayak berita di tivi. Nah loh. Percaya yang mana? Terserah, bebas. Intinya balik lagi ke film, film ini memang dari sisi Amerika dan sebenernya lebih nunjukkin gimana kehidupan seorang Chris Kyle. Tentang kekejaman atau lainnya dari sisi humanis maupun agama, itu pendapat lain lagi :)

Satu lagi, ini tuh diproduseri oleh BRADLEY COOPER dan Clint Eastwood. Apa? BRADLEY COOPER? Ya!

Komen Bejat:
HOMAYGAAAAAT BRADLEY COOPER NGAPA NGANA BESAR SEKALE! Sumpah badannya doi gede banget ciyn. Gede as a GUEDE! Badannya bisa dipake buat senderan kalo lagi capek nunggu angkot. Mungkin doi sengaja gedein badan gitu biar mirip sama Chris Kyle aslinya kali ya. Dan satu lagi, KUMIS DAN JENGGOT dese lebat banget macem hutan tropis! Ibarat Sherina nyari Sadam di jenggot dia juga ga bakalan ketemu. Beneran deh.

Overall dari penampilan dia sebagai SEALS, gw kurang suka. Karena badannya GEDE BANGET, plus pake kumis jenggot itu. Nggak ganteng kayak dia di The Words atau He's Just Not That Into You sih. Ya secara di situ dese masih muda belia sih yak. Tapi giliran abis cukur, yakampun. YA-K-AM-PUN. Kalo kata orang bule, kasep pisan si aa!
*bule Cimahi*


Udah ah. Jumpa lagi dengan review tsampah dan spoiler dimana-mana ini!

Salam kumis lebat!

*all photos by Google, navyseals.com, americansnipermovie.com, & screen capture* 

You Might Also Like

0 komens

Subscribe