Recipe: Homemade Garaeddeok & Tteokbokki

10:25:00 PM

Malem sendirian di rumah gini biasanya gw nonton atau ngerjain kerjaan. Udah niat banget mau menyelesaikan kerjaan (yang tiada deadline ini), namun tiba-tiba gw khilaf nonton video tutorial masak makanan Korea. Hati kecil ini pun terketuk untuk segera ke dapur dan berdansa di dalamnya. Azeq.

Jadi ogut nonton dia nih.


Sungguh pemirsa yang suka nonton Daehan Minguk Manse pasti sudah hafal dengan makanan ini! Hiyak! Rice cake a.ka Garaeddeok. Maka gw memulai tutorial tadi dengan harusnya bahan berikut:

Garaeddeok
Bahan
Tepung beras (Rosebraaaaand~~)
Air panas
Garam
Minyak wijen

Cara buatnya:
1. Campur tepung beras dengan garam. Lalu tuangkan air sedikit dan uleni. Tutup mangkok dengan plastic wrap sedikit terbuka
2. Masukkan microwave selama dua menit. Aduk lagi. Masukkan microwave lagi. Aduk lagi
3. Oles minyak wijen di atas talenan dan taruh adonan di atasnya. Tumbuk dengan apa saja yang bisa dipakai buat menumbuk.
4. Setelah kenyal, bentuk silinder dan potong sesuai selera

Gampang kan?

Kenyataannya gw nggak punya tepung beras. Alhasil gw blender itu beras dan masih jauh teksturnya dari tepung beras. Banyak grindilnya. Akhirnya dengan otak cerdas dan mumpuni, gw ambil nasi hangat dan gw tumbuk pake rolling pin plastik ukuran gede (biasa buat fondant). Ternyata lebih gampang kalo digiling. Dengan penuh kesabaran, gw giling dan tumbuk. Ini hasilnya:



Nah, si garaeddeok udah jadi, saatnya gw bikin tteokbokki. Masih dari mbak yang sama



Bahan yang sebenarnya ada di video itu. Nonton sendiri lah. Tapi karena keterbatasan bahan, gw pake yang ada aja di rumah. Seperti hot pepper paste (gochujang) gw ganti dengan saus sambal extra pedas. Ehe. Ini resep tteokbokki ala dapur gw:

Tteokbokki ala mamaDehay


Bahan:
Kaldu ikan (kebetulan ada sisa tulang ikan gurame bekas fillet. Cuci, garemin, rebus aja)
Bawang putih, geprek
Jahe, kerok kulitnya dan belah
Daun bawang, potong
Seledri, potong
Kecap ikan
Saus sambal
Bubuk paprika (biar warnanya merah aja sih)
Lada

Tofu, potong
Garaeddeok, potong

Cara Membuat:
1. Kaldu ikan dimasak, masukkan kecap ikan dan lada. Masak hingga mendidih
2. Masukkan bawang putih, jahe, daun bawang, dan seledri. Lalu masukkan saus sambal dan bubuk paprika. Aduk
3. Masukkan tofu dan garaeddeok. Masak hingga kuah kental dan mendidih
4. Angkat dan kelar

Gampang sih. Tapi karena pake saus sambal extra pedas, rasanya leher gw panas sampe sekarang. Lumayan sih biar besok pagi pencernaan lancar. Gimana kalo pake gochujang?

TIP!
- Dalam memasak, gw nggak pernah memberi takaran pasti. Karena yang terpenting dari masakan itu adalah feeling. Kalo feeling-nya ga main, ga bakal enak men. Oh, beda dengan bikin kue ya. Bikin kue itu beda 5 gram aja udah neraka urusannya.
- Tumbuk garaeddeok dengan baik dan benar. Bener-bener sampe kenyal banget. Karena kalo nggak, dia bakal pecah saat dimasak. Sebenernya bisa beli jadi, tapi ga seru ya kan
- Jahe digunakan supaya nggak bau amis ikan. Menolong banget sih itu
- Warnanya harusnya lebih merah nih. Yak, karena nggak pake gochujang. Yaudalah.
- Tulang ikan kalo masih ada sisa daging yang nempel, ambil aja. Enak kalo dicampur. Apalagi ikannya gurame. Mending makan gurame bakar daripada tteokbokki. Mana nulisnya susah kayak nulis masa depan...

Anyway, meskipun aur-auran, gw cukup senang sih sama coba-cobi resep hari ini. Karena gw berhasil keluar dari comfort zone memasak pasta! Yak, mulai tahun ini, gw akan rajin nyoba masak yang beda-beda. Mungkin suatu hari gw akan posting resep pepes ikan mas sebagai menu favorit gw dari kecil. Atau mungkin gw bakal masak papeda? Liat aja nanti ya pemirsa yang dirahmati Allah.

Baiklah sekian dulu main dapur-dapurannya. Cipok muwah!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe