Recipe: Homemade Udon & Pan-seared White Snapper

6:44:00 PM

Hai! Saya kembali! Saya lagi dan saya terus!

Hiyak sesuai judul di atas, maka gw akan ngepost tentang makanan Jepang ini! Hiyak dia adalah udon! Dalam rangka menyukseskan NoTakaranProject, gw akan memasak makanan baru dan posting resepnya di blog ini. Entah itu berhasil atau nggak, yang penting gw posting. Btw, kenapa namanya NoTakaranProject?

Seperti yang sudah disinggung sana sini, gw kalo masak emang ngga pernah pake takaran. Asal comot aja sesuai feeling dan lidah. Kalo masak, feeling main banget. Kayak liat gebetan di kejauhan lah. Iya tau ga nyambung. Bodo.

Untuk resep hari ini, gw membuat homemade udon. Akhir-akhir ini gw memang lebih tertarik bikin semuanya dari nol. Kayak resep pizza waktu itu, gw bikin saus pizza sendiri. Tadinya mau bikin mozarella sendiri, tapi ga ada cooking creamnya.

Balik ke udon atau dikenal dengan nama udong. Gw nemuin cara bikin udon yang ternyata gampang banget. Ini caranya

Homemade udon


Bahan:
Tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
Tepung terigu protein tinggi (yang buat bikin roti dan mie. Dikit aja)
Garam
Air

Cara membuat:
1. Campur semua bahan dan uleni. Lalu bentuk seperti bola.
2. Masukkan ke dalam plastik dan this is the fun part, injak-injak. Iya bener.
3. Setelah pipih melebar, keluarkan dan uleni dengan tangan.
4. Masukkan kembali ke plastik dan injak lagi. Ulangi 3-4 kali.
5. Taburkan tepung di atas chopping board dan giling adonan sesuai ketebalan yang diinginkan. Lebih baik jangan terlalu tebel sih.
6. Potong adonan dan rebus sampai matang

Gitu doang.  Oh ini cara injeknya.




Nah, untuk kuahnya, gw tadinya mengharapkan ada sisa tulang ikan gurame lagi. Eh ternyata udah lenyap. Yaudah adanya ikan kakap fillet. Gw pake lah untuk dijadikan kaldu dan ikannya gw pan-seared.

Fish Broth and Pan-seared White Snapper



Bahan:
Kakap fillet
Air
Tahu putih, potong kecil
Nori (sisakan untuk garnish)
Daun bawang, potong kecil
Jahe, geprek
Bawang putih, geprek
Kecap ikan
Minyak wijen
Kecap manis (di bibir memutar kata)
Garam
Gula pasir
Lada putih
Lada hitam
Lemon

Cara Membuat:
1. Cuci bersih kakap, baluri garam. Diamkan 15 menit
2. Rebus air di dalam panci, masukkan kakap. Masak hingga mendidih dan air sedikit menyusut. Buang busa yang menggenang
3. Masukkan bawang putih, jahe, daun bawang, dan nori. Masak sekitar hmmm 10 menitan deh
4. Ambil ikan, sisihkan
5. Masukkan kecap ikan, minyak wijen, kecap manis, tahu, garam, gula, dan lada putih. Masak sesuai keyakinan bumbunya sudah enak apa belum. Eits, jangan protes. Namanya juga main feeling
6. Ikan kakap tadi masih ingat disimpan dimana? Sekarang keringkan sedikit dan lumuri garam & lada hitam.
7. Panaskan pan dengan sedikit minyak dan masak ikannya. Beri kecrotan lemon juice di atasnya. Awas jangan kucek mata.
8. Bolak balik ikannya. Jika sudah ada efek-efek coklat keren, angkat.

Penyajian:
1. Taruh udon dan tahu, lalu siram dengan fish broth. Letakkan ikan di atasnya dan beri guntingan nori kecil seperti pada gambar. Hidangkan
2.  Loh kenapa ada nomernya kalo langkahnya cuma satu?

Komentar gw:
Udonnya kenyal! Enak uwuwuw. Broth-nya ada yang kurang karena nggak ada kecap asin dan dashi (katsobushi's stock). Tapi ketolong ada nori yang gw cemplungin sih. Jadi ikan banget. Oh iya, si pan-seared white snapper itu sendiri enak banget! Ga boong. Asinnya dapet, asemnya juga. Cakep. Jadi kesimpulannya, enakan ikannya. Hahahaha

What's next?
Pengen coba gyoza dari sisa udon deh. Bisa ga ya? Simak esok hari saya khilaf bikin apa!

You Might Also Like

0 komens

Subscribe